PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PARTNER SWITCH DENGAN MEDIA MICROSOFT POWERPOINT PADA MATERI SISTEM SARAF MANUSIA DI KELAS XI SMAN 7 MATARAM

Nursal Marleni

Abstract

Abstrak: Proses pembelajaran di SMAN 7 Mataram khususnya pembelajaran biologi belum mampu memanfaatkan fasilitas sekolah seperti LCD dan dalam proses belajar masih berpusat pada guru. Materi yang disampaikan belum sepenuhnya dipahami oleh siswa sehingga tidak mencapai nilai KKM, Hal ini terjadi karena penggunaan media dan model yang belum bervariasi, sehingga siswa merasa bosan dan berdampak pada hasil belajar. Adapun tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui perbedaan aktivitas dan hasil belajar siswa yang dibelajarkan dengan model pembelajaran partner swicth dengan media microsoft powerpoint dengan siswa yang dibelajarkan secara konvensional (ceramah, diskusi kelompok dan guru menjelaskan materi menggunakan buku cetak) pada materi sistem saraf manusia. Rancangan penelitian ini adalah true-eksperimen. Penelitian ini dilaksanakan di SMAN 7 Mataram dengan sampel penelitian adalah siswa kelas IPA.

Kata kunci: Partner Swicth, media, microsoft powerpoint, aktivitas, hasil belajar.

Abstract: The learning process at SMAN 7 Mataram in particular biology learning has not been able to utilize school facilities such as LCD and in the learning process is still teacher-centered. The material presented is not fully understood by students so it does not reach the KKM value. This occurs because the use of media and models that have not varied, so students feel bored and have an impact on learning outcomes. The purpose of this study was to determine the differences in student activity and learning outcomes that were taught with the swithth partner learning model with Microsoft PowerPoint media with students who were taught conventionally (lectures, group discussions and teachers explained the material using printed books) on the material of the human nervous system. The design of this study is true-experiment. This research was conducted at SMAN 7 Mataram with the sample of the study were students of science classes.

Keywords: Swiss partners, media, Microsoft PowerPoint, activities, learning outcomes

Full Text:

PDF

References

Ahmad Rohani (2004). Pengelolaan Pembelajaran. Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Ainul Taufiq Uyuni. (2015). Peningkatan Aktivitas dan Hasil Belajar Kognitif Siswa Melalui Penggunaan Media Power Point Pada Materi Sistem Pernapasan Di Kelas XI IPA 2 SMAN 14 Makassar, Jurnal Biotek, 3 (1), 2015.

Anas Sudijono (2008). Pengantar Statistik Pendidikan. Jakarta: Raja Grafindo Perdata.

Azhar Arsyad (2005). Media Pembelajaran. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada. Budi Setyawan, Pengaruh Media Power Point Terhadap Peningkatan Prestasi Belajar Biologi Siswa Kelas IX-G SMP Negeri 39 Surabaya. E-jurnal Dinas pendidikan Kota Surabaya. Vol. 4.

Campbell, Neil. A. (2004). Biologi. Jilid 3. Jakarta: Erlanggga.

Diah Aryulina. Crorul Muslim dan Mufina Manaf. (2007). Biologi 2. Jakarta: Exsis.

Dimyati & Mudjiono. (2006). Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.

Hamka. (1985). Tafsir Al-Azhar. Jakarta: Pustaka Panjimas.

Iqbal Hasan. (2003). Pokok-pokok Materi Statistik I. Jakarta: Bumi Aksara.

Indah Komsiyah. (2012). Belajar dan Pembelajaran. Yogyakarta: Teras. 2012. Istarani. 2011. 58 Model Pembelajaran inovatif. Medan: Media Persada.

Isnaniah (2017). Meningkatkan hasil belajar siswa melakukan perwatan badan secara teknologi melalui Model pembelajaran bertukar pasangan. Jurnal Penelitian dan pendidikan, 3 (1).

Refbacks

  • There are currently no refbacks.