PENGARUH KEPEMIMPINAN TRANSFORMASIONAL KEPALA SEKOLAH TERHADAP KINERJA GURU SEKOLAH MENENGAH ATAS DI KABUPATEN SUMBA BARAT DAYA NTT

Mikael Sene

Abstract


Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kepemimpinan kepala sekolah terhadap kinerja guru. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian korelasional yaitu menentukan adanya pengaruh dan besarnya kontribusi variabel kepemimpinan kepala sekolah terhadap variabel kinerja guru. Populasi penelitian adalah 279 yang terdiri dari kepala sekolah dan para guru SMA di Kabupaten Sumba Barat Daya NTT. Sampel sejumlah 120 orang dengan teknik proportional random sampling. Pengumpulan data menggunakan metode kuisioner. Uji reliabilitas dengan metode Alpha-Cronbach.Analisis data menggunakan teknik regresi linear sederhana. Hasil penelitian menunjukkan sebagai berikut. Hasil analisis regresi linear sederhana menunjukkan ada pengaruh positif yang signifikan antara kepemimpinan kepala sekolah terhadap kinerja guru (p<0,05; R_YX1^2=46,3%).

 

Kata Kunci: Kepemimpinan Transformasional Kepala Sekolah, Kinerja Guru.


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.29303/jipp.v1i2.11

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Indexing

JIPP's Visitors

Flag Counter

Statistik

Editor's Office

Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan

FKIP Universitas Mataram, Jln. Majapahit no. 62 Mataram 83125, Lombok, NTB Indonesia

 

Creative Commons Licence
This work is licensed under a
Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.