PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN GUIDED DISCOVERY TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH DAN HASIL BELAJAR FISIKA PESERTA DIDIK

Lalu Zulkifli, Sutrio Sutrio, Jannatin ‘Ardhuha

Abstract

Abstrak: Salah satu model yang dapat digunakan untuk melatih kemampuan pemecahan masalah dan meningkatkan hasil belajar peserta didik adalah model pembelajaran guided discovery. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran guided discovery terhadap kemampuan pemecahan masalah dan hasil belajar fisika peserta didik pada tahun  2019 bertempat di SMA 6 Mataram. Jenis penelitian yang digunakan kuasi eksperimen dengan desain penelitian non-equivalent control group design with pre-testand post-test. Teknik pengambilan sampel digunakanpurposive sampling, sehingga terpilih XI MIPA 4 sebagai kelas eksperimen dan XI MIPA 5 sebagai kelas kontrol. Kelas eksperimen diberi perlakuan berupa model  pembelajaranguided discovery sedangkan kelas kontrol diberi perlakuan berupa model pembelajaran konvensional. Instrumen penelitian terdiri atas tes kemampuan pemecahan masalah (KPM) berupa tes uraian dan tes hasil belajar berupa tes pilihan ganda untuk pre-tes digunakan materi gerak harmonis sederhana, untuk post-tes digunakan materi elastisitas zat padat,  dengan mempertimbangkan validitas, reliabilitas, taraf kesukaran soal dan daya beda soal. Uji analisis hipotestis  menggunakan uji manova bantuan IBM SPSS 23. Hasil uji hipotesis didapatakan nilai signifikan 0,004 pada taraf nilai signifikan 0,05 yang artinya H0 ditolak. Berdasarkan hasil analisis tersebut dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran guided discovery terhadap kemampuan pemecahan masalah dan hasil belajar fisika peserta didik.

Kata kunci: Guided discoveri, Kemampuan pemecahan masalah, Hasil belajar

Abstract: One model that can be used to practice problem solving skills and improve student learning outcomes is the guided discovery learning model. This study aims to determine the effect of guided discovery learning models on problem solving abilities and physics learning outcomes of students in 2019 at SMA 6 Mataram. This type of research used quasi-experimental research design with non-equivalent control group design with pre-test and post-test. The sampling technique used was purposive sampling, so XI MIPA 4 was chosen as the experimental class and XI MIPA 5 was chosen as the control class. The experimental class was treated as a guided discovery learning model while the control class was treated as a conventional learning model. The research instrument consisted of a problem solving ability test in the form of a breakdown test and a test of learning outcomes in the form of a multiple choice test for pre-tests using simple harmonic motion material, for post-tests the material used was solidity elasticity, taking into account validity, reliability, level of difficulty problems and different power problems. Hypothesis analysis test using IBM SPSS 23 manova test. Hypothesis test results obtained a significant value of 0.004 at a significant value of 0.05 which means that H0 is rejected. Based on the results of the analysis it can be concluded that there is an influence of guided discovery learning models on the ability of problem solving and student physics Learning result

Keywords: Guided discovery, Problem solving abolities,Learning result

Full Text:

PDF

References

Eggen, P. & Kauchak, D. (2016). Strategi dan Model Pembelajaran Mengajarkan Konten dan Keterampilan Berpikir Edisi Keenam. Jakarta: PT Indeks.

Jalil, H., Danial, M. & Pratiwi, D. E. (2015). Pengaruh Metode Demonstrasi dalam Model Pembelajaran Guided Discovery terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Kelas X MIA SMAN 2 Galesong Selatan (Studi pada Materi Pokok Larutan Elektrolit dan Nonelektrolit).CHEMICA, 16(1), 110-118.

Misbah (2017). Identifikasi Kemampuan Pemecahan Masalah Mahasiswa pada Materi Dinamika Partikel. Jurnal Inovasi dan Pembelajaran Fisika. Hal: 1-5.

Murtadlo, A. & Aqib, Z. (2016). Kumpulan Metode Pembelajaran Kreatif dan Inovatif. Bandung. Satu Nusa.

Purnomo, H. Y., Mujasam, M. & Yusuf, I. (2016). Penerapan Model Guided Discovery Learning Pada Materi Kalor Terhadap Hasil Belajar Kognitif Peserta Didik Kelas VII SMPN 13 Prafi Manokowari Papua Barat. Pancaran Pendidikan, 5(2), 1-14.

Rahmat, M., Muhardjito. & Zulaikah, S. (2014). Kemampuan Pemecahan Masalah Melalui Strategi Pembelajaran Thinking Aloud Pair Problem Solving Siswa Kelas X SMA. Jurnal Fisika Indonesia. 18 (54): 108-112.

Saidatunnisa, H, A. & Wahyuni, A. (2017). Penerapan Model Pembelajaran Discovery Tipe Guided Discovery dalam Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Fisika Siswa Kelas XI Mipa 2 di Sman 16 Banda Aceh.Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Fisika, 2(1), 20-29.

Setyosari, P. (2013). Metode Penelitian Pendidikan Dan Pengembangan. Jakarta: Kencana.

Sujarwanto, E., Hidayat, A. & Wartono, W. (2014). Kemampuan Pemecahan Masalah Fisika pada Modeling Instruction pada siswa SMA kelas XI. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia. 3 (1): 65-78.

Suprihatiningrum, J. (2013). Strategi Pembelajaran dan Aplikasinya. Arruzz Media. Yogyakarta.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.