Open Journal Systems

Efektifitas Perkuliahan dengan Zoom Cloud Meeting Masa Pandemi Covid-19 pada Pemahaman Konsep Termodinamika

Syahrial Ayub, Muhammad Taufik, Aris Doyan, Sutrio Sutrio

Abstract

Termodinamika adalah salah satu matakuliah yang mengharuskan penjelasan oleh dosen, karena tingkat kesulitannya. Pandemi Covid-19 memaksa perkuliahan dilaksanakan secara daring dan tidak memungkinkan dilakukan tatap muka di kelas. Salah satu alternatifnya adalah dengan menggunakan aplikasi zoom cloud meeting. Tujuan penelitian adalah menentukan keefektifan penggunaan aplikasi zoom cloud meeting pada perkuliahan termodinamika di program studi pendidikan fisika Universitas Mataram. Kegiatan ini dilakukan pada 29 mahasiswa semester IV kelas A semester genap tahun 2019/2020 dengan menggunakan desain one group pretest-posttest. Kemampuan pemahaman konsep termodinamika diukur menggunakan instrumen tes objektif sebanyak 25 item. Instrumen tes yang digunakan telah teruji validitas dan reliabilitasnya. Data pemahaman konsep termodinamika dianalisis secara statistik dengan melakukan uji normalitas, uji homogenitas, dan uji-t paired (paired t-test). Hasil penelitian menunjukkan penggunaan zoom cloud meeting pada perkuliahan termodinamika efektif dalam menanamkan konsep termodinamika. Berdasarkan hasil penelitian ini, direkomendasikan sebaiknya perkuliahan selama pandemi Covid-19 dilaksanakan secara tatap muka dengan zoom cloud meeting, terutama untuk materi-materi yang mempunyai tingkat kesulitan yang tinggi dan butuh penjelasan.

Keywords

Efektifitas perkuliahan, Penggunaan zoom cloud meeting, pemahaman konsep termodinamika.

Full Text:

PDF

References

Arikunto, S., (2006). Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

Ayub, S., (2020). Termodinamika untuk Guru. Mataram: Duta Pustaka Ilmu

Ayub, S., (2020). Termodinamika untuk Saintis. Mataram: Penerbit Einstein College

Arizona, K., Abidin, Z., & Rumansyah. (2020). Pembelajaran Online Berbasis Proyek Salah Satu Solusi Kegiatan Belajar Mengajar di Tengah Pandemi Covid-19: Jurnal JIPP, 5(1), 64-70, from https://doi.org/10.29303/jipp.v5i1.111

Fraenkel, J.R., Wallen, N.E., & Hyun, H.H. (2012). How To Design And Evaluate Research In Education (8th ed.). New York: McGraw-Hill

Hake, R.R., (1999). Analyzing change/gain scores.Retrieved from http://lists.asu.edu/cgi-bin/wa?A2=ind9903&L=aera-d&P=R6855>

Klinger, Walter (1997). Survei Metode Pengajaran dalam Ilmu Pengetahuan Alam. Erziehungswiss, Fakultat der Universtat, Erlangen-Nurnbe

Ismawati, D. & Prasetyo, I. (2020). Efektivitas Pembelajaran Menggunakan Video Zoom Cloud Meeting pada Anak Usia Dini Era Pandemi Covid-19: Jurnal Obsesi. 5(1). 665-675. from https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i1.671

Monica, J. & Fitriawati, D. (2020). Efektivitas Penggunaan Aplikasi Zoom Sebagai Media Pembelajaran Online Pada Mahasiswa Saat Pandemi Covid-19: Jurnal Communio. 9(2). 1630-1640. From https://doi.org/10.35508/jikom.v9i2.2416

Mulya, R. (2020). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Model Reasoning and Problem Solving untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Fisika Peserta Didik. S1 Skripsi. Universitas Mataram.

Robandi, D., Darmansyah, & Yeni, F. J. (2020). Efektifitas Penggunaan Aplikasi Zoom sebagai Media Pembelajaran Masa Pandemi Covid-19 di Kampus IPDN Sumatera Barat: Jurnal E-Tech, 8(2), 1-4, from https://doi.org/10.24036/et.v8i2.110957

Rizaldi, R., D. & Fatimah, Z. (2020). Penggunaan Aplikasi Zoom Clouds Meeting pada Matakuliah Mekanika dan Termostatika saat Pandemi Covid-19: Jurnal Kappa, 4(2), 225-232, from https://e-journal.hamzanwadi.ac.id/index.php/kpj/article/view/2237

Slameto. (2010). Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.

Tekno & Sains (2020). Bekerja di Rumah via Zoom Clouds Meeting. https://kumparan.com/berita-hari-ini/bekerja-di-rumah-via-zoom-cloud-meetings-berikut-cara-penggunaannya-1t32UTTaqfP/full

Refbacks

  • There are currently no refbacks.