Open Journal Systems

Penerapan Model PBL dalam Pembelajaran Daring untuk Meningkatkan Kreativitas Belajar Siswa Kelas IV Tema 7

Muhamad Bisri, Henny Dewi Koeswanti, Tri Sadono

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi rendahnya kreativitas belajar siswa di kelas IV SDN Karang Blora. Dimana berdasarkan hasil observasi awal sebanyak 68% siswa memiliki kreativitas belajar rendah. Tujuan penelitian ini yaitu untuk meningkatan kreativitas belajar siswa melalui pembelajaran dengan model PBL, dan bagaimana cara pelaksanaan pembelajaran model PBL dalam meningkatkan kreativitas belajar siswa. Model pembelajaran PBL adalah model pembelajaran konstruktivisme yang menuntut peran aktif siswa dalam memahami pengetahuan dan mengembangkan penalaran mereka. Jenis penelitian ini yaitu Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan model dari Kemmis dan Mc.Taggart yang setiap siklusnya terdiri dari (1) perencanaan, (2) pelaksanaan tindakan dan observasi, dan (3) refleksi”. Penelitian ini terdiri dari dua siklus yang setiap siklusnya terdiri dari dua pertemuan. Subjek penelitian yaitu siswa kelas IV SDN Karang Kabupaten Blora, dengan jumlah 16 orang, 8 orang laki-laki dan 8 orang perempuan. “Teknik pengumpulan data dilaksanakan dengan observasi dan tes melalui LKPD, sedangkan teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif. Dari hasil penelitian diperoleh, kreativitas belajar siswa kelas IV tema 7 subtema 1 pembelajaran 2 dan 3 SDN Karang meningkat dengan menggunakan model PBL terlihat dari aspek psikomotoriknya yaitu: pada tes awal 32%, hasil siklus I meningkat menjadi 50%, dan mengalami.peningkatan pada tes siklus II menjadi 87%”. Jadi berdasakan tindakan pada siklus 1 dan siklus 2 terjadi peningkatan presentase pencapaian kreativitas belajar siswa melalui penerapan model PBL. Dengan demikian model PBL ini cocok digunakan dalam pembelajaran untuk meningkatkan kreativitas belajar siswa.

 

Keywords

Kreativitas, PBL, PTK

Full Text:

PDF

References

Arikunto, S. (2013). Metodologi Penelitian. Rineka Cipta.

Damanik, D. J. (2016). Upaya Peningkatan Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa yang Diajarkan dengan Model Problem Based Learning (PBL) di kelas VII SMP Negeri 10 Medan. 66, 37–39.

"Esema, D., Susari, E., & Kurniawan, D. (2012). Problem Based Learning. Satya Widya, 28, 167–173".

Indarwati, D., Wahyudi, W., & Ratu, N. (2014). Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Melalui Penerapan Problem Based Learning Untuk Siswa Kelas V Sd. Satya Widya, 30(1), 17. https://doi.org/10.24246/j.sw.2014.v30.i1.p17-27

"Juharyanto, J., Arifin, I., Bafadal, I., Sobri, A. Y., & Nurabadi, A. (2018). Dominant Leadership of School Principals in the Implementation of Curriculum 2013 in Religious Based School Indonesia. Asia Proceedings of Social Sciences, 2(4), 47–51. https://doi.org/10.31580/apss.v2i4.280"

Kemmis, S. & Mc.Taggart, R. (1988). The Action Research Planner. Deakin University Press.

Koeswanti, H. D. (2018). Eksperimen Model "Kooperatif Learning dalam Pembelajaran Keterampilan Menulis Karya Ilmiah Mahasiswa Ditinjau Dari Kemampuan Berpikir Logis. Satya Wacana Press".

Munandar, U. (2017). Pengembangan kreativitas anak berbakat. Rineka Cipta.

"Rahmadani, N., & Anugraheni, I. (2017). Peningkatan Aktivitas Belajar Matematika Melalui Pendekatan Problem Based Learning Bagi Siswa Kelas 4 Sd". Scholaria: Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, 7(3), 241.https://doi.org/10.24246/j.scholaria.2017.v7.i3.p241-250

Rahmawati, R. K. (2017). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Dengan Model Contextual Teaching Learning Untuk Meningkatkan Keterampilan Berfikir Kreatif Siswa Kelas V Di Sekolah Dasar. Jurnal Review Pendidikan Dasar : Jurnal Kajian Pendidikan dan Hasil Penelitian, 3(3),534.https://doi.org/10.26740/jrpd.v3n3.p534-546

"Rudyanto, H. E. (2016). Pengembangan Kreativitas Siswa Sekolah Dasar Melalui Pembelajaran Matematika Open-Ended. Premiere Educandum : Jurnal Pendidikan Dasar dan Pembelajaran, 3(02), 184–192". https://doi.org/10.25273/pe.v3i02.275

Wahyuni, S. (2014). Peningkatan Keaktifan dan Hasil Belajar IPS Melalui Model Group Investigation (GI) Pada Siswa Kelas VI SDN Bandung, Wonosegoro. Scholaria, 4, 97–106.

Waluyo, A. (2019). Upaya Peningkatan Kreativitas Belajar Dalam Pembelajaran Tematik Terpadu Melalui PBL-GI Kelas IV SD. Jurnal basicedu, 3(1), 208–213.

"Wardani, N. S. (2011). Upaya Meningkatkan Kreativitas Siswa dalam Pembelajaran IPS SD Melalui Diskusi Kelompok. Widya Sari, 13(1), 1–20".

Refbacks

  • There are currently no refbacks.