Open Journal Systems

Analisis Peran Orang Tua Sebagai Pengganti Guru Sekolah di Masa Pandemi Covid-19 Siswa SMP Negeri 1 Panai Tengah Kabupaten Labuhanbatu

Puji Rahayu, Rohana Rohana, Eka Febriani

Abstract

Indonesia di kabarkan dengan adanya kemunculan virus covid-19 yang merupakan penyakit menular. Sehingga berimbas pada pembatasan aktivitas salah satunya sekolah. Muncul kebijakan yang memaksa guru dan murid tetap bekerja dan belajar di dalam rumah. Kebijakan ini tentunya tidak hanya berdampak pada relasi guru dan murid selama belajar di rumah. Namun juga pentingnya optimalisasi peran orang tua dalam pelaksanaan belajar di rumah. Penelitian ini  bertujuan untuk mendeskripsikan peran orang tua sebagai pengganti guru sekolah pada masa pandemi covid-19 siswa SMP Negeri 1 Panai Tengah Kabupaten Labuhanbatu. Metode penelitian menggunakan metode deskriptif kualitatif. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Desember – Januari 2020. Responden  penelitian ini yaitu orang tua siswa SMP Negeri 1 Panai Tengah sebanyak 64 orang. Instrumen penelitian yaitu melalui penyebaran angket. Analisis data nya menggunakan reduksi data penyajian data dan kesimpulan. Pembelajaran di rumah sangat efektif untuk diterapkan namun bukan berarti pembelajaran di sekolah tidak efektif dibandingkan kegiatan pembelajaran di rumah. Guru memberikan tugas karena terbatasnya waktu belajar dan sulitnya berinteraksi selama pembelajaran dirumah, oleh karena itu banyak sebagian guru yang mengganti hal tersebut menjadi pemberian tugas untuk memantapkan kemampuan anak mengenai materi yang dipelajari. Maka, sebagai orang tua wajib memberikan motivasi kepada anaknya belajar di rumah, baik dalam keadaan orang tua bekerja maupun orang tua yang hanya menjadi ibu rumah tangga. Orang tua berperan untuk membimbing anaknya dalam belajar, tugas orang tua juga di harapkan sebagai pembimbing, pendidik, penjaga dan pengawas. Dan  peran serta orang tua dalam melakukan pembelajaran dirumah sebagai pintu terdepan untuk meningkatkan hasil belajar dan prestasi anak.

Keywords

Peran orang tua, Pengganti Guru Sekolah, Pandemi Covid-19, Siswa SMP

Full Text:

PDF

References

Adityo, d. (2020). Peran Orang Tua Dalam Membimbing Anak Selama Pembrlajaran dirumah Sebagai Upaya Memutus Covid-19.

Anugrahana, A. (2020). Hambatan, Solusi dan Harapan: Pembelajaran Daring Selama Masa Pandemi Covid-19 Oleh Guru Sekolah Dasar. Scholaria: Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 10(3), 282–289.

Haerudin, Cahyani, A., Sitihanifah, N., Setiani, R. N., Nurhayati, S., Oktaviani, V., & Sitorus, Y. I. (2020). Pembelajaran Di Rumah Sebagai Upaya Memutus Covid-19. Pembelajaran Di Rumah Sebagai Upaya Memutus Covid-19, May, 1–12.

HANDAYANI, T. (2020). Peran Orang Tua Dalam Membimbing Anak Pada Pembelajaran Daring Di Desa Ngrapah Kecamatan Banyubiru Tahun Pelajaran 2019/2020. Skripsi, Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah. Institut Agama Islam Negeri Salatiga.

Iftitah, S. L., & Anawaty, M. F. (2020). Peran Orang Tua Dalam Mendampingi Anak Di Rumah Selama Pandemi Covid-19. JCE (Journal of Childhood Education), 4(2), 71. https://doi.org/10.30736/jce.v4i2.256

ISP, S. M. (2020). Peran Orang Tua Sebagai Guru Di Rumah Pada Pembelajaran Daring Di Sd Negeri Kebonromo 3 Sragen Selama Pandemi Covid-19 .

Kurniati, E., Nur Alfaeni, D. K., & Andriani, F. (2020). Analisis Peran Orang Tua dalam Mendampingi Anak di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 241. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i1.541

Mastoah, I., & MS, Z. (2020). Kendala Orang Tua Dalam Mendampingi Anak Belajar Pada Masa Covid 19 Di Kota Serang. As-Sibyan: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(2), 121–128. http://jurnal.uinbanten.ac.id/index.php/assibyan/article/view/3663

Mastura, R. S. (2020). Dampak Pandemi Covid-19 Terhadap Proses Pengajaran Bagi Guru dan Siswa. Jurnal Studi Guru dan Pembelajaran .

Munir, D. (2012). Pembelajaran Jarak Jauh Berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi. Bandung: Alfabeta.

Nika Cahyati1, R. K. (2020). Peran Orang Tua Dalam Menerapkan Pembelajaran Di Rumah Saat Pandemi Covid 19 . Jurnal Golden Age, Universitas Hamzanwadi .

Nofianti, R. (2020). Daring Anak Usia Dini Di Msa Pandemic Covid 19 Di Tk Islam Ibnu Qoyyim. 13(2), 19–30.

Rahmi, M. (2020). Penguatan Peran Keluarga Dalam Mendampingi Anak Belajar Di Masa Pandemi Covid-19 . Jurnal Ilmiah Pendidikan Islam .

Resti Mia Wijayanti, P. Y. (2020). Perspektif dan Peran Orangtua dalam Program PJJ Masa Pandemi Covid-19 di PAUD . Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini .

Sun’iyah, S. L. (2020). Sinergi Peran Guru Dan Orang Tua Dalam Mewujudkan Keberhasilan Pembelajaran Pai Tingkat Pendidikan Dasar Di Era Pandemi Covid-19. DAR EL-ILMI : Jurnal Studi Keagamaan, Pendidikan Dan Humaniora, 7(2), 1–16.

Tsaniya Zahra Yuthika Wardhani, H. K. (2020). Optimalisasi Peran Pengawasan Orang Tua Dalam Pelaksanaan Sekolah Online Di Masa Pandemi Covid-19 . Prosiding Penelitian & Pengabdian Kepada Masyarakat .

Umar, M. (2015). Peranan Orang Tua Dalam Peningkatan Prestasi Belajar Anak. JURNAL EDUKASI: Jurnal Bimbingan Konseling, 1(1), 20. https://doi.org/10.22373/je.v1i1.315

Wahyono, P., Husamah, H., & Budi, A. S. (2020). Guru profesional di masa pandemi COVID-19: Review implementasi, tantangan, dan solusi pembelajaran daring. In Jurnal Pendidikan Profesi Guru (Vol. 1, Issue http://ejournal.umm.ac.id/index.php/jppg/article/view/12462

Yulianingsih, W., Suhanadji, S., Nugroho, R., & Mustakim, M. (2020). Keterlibatan Orangtua dalam Pendampingan Belajar Anak selama Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(2), 1138–1150. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i2.740

Refbacks

  • There are currently no refbacks.