Model Pembelajaran Discovery Learning Untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa Kelas 5 SD
Authors
Rizky Aprilia Rakhmawati , Mawardi MawardiDOI:
10.29303/jipp.v6i1.177Published:
2021-05-31Issue:
Vol. 6 No. 1 (2021): MayKeywords:
Discovery Learning, Keterampilan Berpikir Kritis.Articles
Downloads
How to Cite
Abstract
Latar belakang penelitian ini adalah proses pembelajaran siswa kelas 5 SDN Sidorejo Lor 06 memperlihatkan bahwa kemampuan siswa untuk berpikir kritis saat aktivitas belajar mengajar masih rendah dan juga cenderung pasif. Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research) yang mempunyai tujuan memperbaiki kapabilitas berpikir kritis murid kelas 5 SD N Sidorejo Lor 06 Salatiga dengan memanfaatkan metode belajar Discovery Learning. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas 5 dengan jumlah 19 orang. Teknik perolehan data memanfaatkan lembar observasi, catatan kaki, serta pengukuran kemampuan pemikiran kritis siswa. Teknik analisis data yang dimanfaatkan pada riset ini yakni analisa data kuantatif yang dianalisis memanfaatkan analisis deskriptif. Hasil observasi pra siklus menunjukkan bahwa terdapat 15,79% siswa termasuk kategori berpikir kritis tinggi, 26,32% siswa tergolong dalam kelompok siswa berpikir kritis sedang, 31,58% siswa tergolong dalam kelompok siswa berpikir kritis rendah dan 26,32% siswa tergolong dalam kelompok berpikir kritis sangat rendah. Setelah dilakukan tindakan menggunakan metode pembelajaran Discovery Learning terjadi peningkatan pada keterampilan berpikir kritis siswa pada siklus I menjadi 26,32% pada kategori sangat tinggi, 31,58% pada kategori tinggi, 15,79% kategori sedang, dan 26,32% pada kategori rendah. Kemudian pada siklus II terjadi peningkatan menjadi 42,10% kategori sangat tinggi, 36,84% kategori tinggi, dan 21,05% kategori sedang. Kesimpulan dari penelitian ini adalah model pengajaran Discovery Learning dapat mengasah keterampilan berpikir kritisi siswa kelas 5 di SD Negeri Sidorejo Lor 06 Salatiga yang ditunjukkan dengan meningkatnya hasil penelitian dari pra siklus, siklus I dan siklus II. Â
References
Anyafulude, Joy Chinelo (2013). Effects of Problem-Based and Discovery-Based Instructional on Students’ Academic Achievement in Chemistry. Asia-Pacific Forum on Science Learning and Teaching Journal of Science and Technology. 3: 151-156.
Faiz, Fahrudin (2012). Thinking Skill (Pengantar Menuju Berpikir Kritis). Yogyakarta: SUKA-Press UIN Sunan Kalijaga.
Hidayat, T., Mawardi, M., & Astuti, S. (2019). Peningkatan Kemampuan Berpikir Kritis dan Hasil Belajar Siswa Kelas IV Melalui Model Pembelajaran Discovery Learning pada Tema Indahnya Keberagangan Negeriku. Judika: Jurnal Pendidikan Unsika, 7(1), 1-9.
Kemendikbud (2013). Modul Pelatihan Implementasi Kurikulum 2013. Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Pendidikan dan Kebudayaan dan Penjaminan Mutu Pendidikan, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. Jakarta.
Mawardi, M. (2014). Pemberlakuan Kurikulum SD/MI Tahun 2013 dan Implikasinya Terhadap Upaya Memperbaiki Proses Pembelajaran Melalui PTK. Scholaria: Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 4(3), 107-121. https://doi.org/10.24246/j.scholaria.2014.v4.i3.p107-121
Nurhayati, Eti (2011). Psikologi Pendidikan Inovatif. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Rahayu, R.D.Y., Mawardi, M., & Astuti, S. (2019). Peningkatan Keterampilan Berpikir Kritis dan Hasil Belajar Siswa Kelas 4 SD melalui Model Pembelajaran Discovery Learning. JPDI: Jurnal pendidikan Dasar Indonesia, 4(1), 8-13.
Rifa’i, Ahmad & Catharina Anni (2011). Psikologi Pendidikan. Semarang: Universitas Negeri Semarang.
Trianto (2010). Model Pembelajaran Terpadu. Jakarta: Bumi Aksara.
______ (2011). Desain Pengembangan Pembelajaran Tematik Bagi Anak Usia Dini TK/RA & Anak Usia Kelas Awal SD/MI. Jakarta: Kencana.