Trend Penelitian Skripsi Mahasiswa PGSD Universitas Mataram di Masa Pandemi Covid-19
Authors
Anindita SHM Kusuma , Khairun Nisa , Zulhan Widya BaskaraDOI:
10.29303/jipp.v6i3.196Published:
2021-11-02Issue:
Vol. 6 No. 3 (2021): NovemberKeywords:
Pandemi, Covid-19, Trend Penelitian.Articles
Downloads
How to Cite
Abstract
Pelaksanaan pembelajaran pada satuan pendidikan dasar yang berubah, juga mempengaruhi penelitian yang dilakukan oleh mahasiswa PGSD pada tingkat akhir yang sedang mengambil program skripsi. Adanya kebijakan pembelajaran berdasarkan zona daerah di masa pandemi covid-19, maka kemungkinan besar mahasiswa akan menyesuaikan jenis penelitian yang akan dilakukan dengan kondisi pembelajaran di sekolah yang menjadi tempat penelitian. Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui trend penelitian mahasiswa PGSD di masa pandemi covid-19. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian surveyi (cross-sectional survey). Hasil penelitian menunjukkan 20% mahasiswa melakukan penelitian pengembangan dan menjadi yang terbanyak dilakukan oleh mahasiswa di masa pandemic covid-19. 13.3% memilih penelitian kualitatif studi kasus (case study). Selanjutnya 12.4% mahasiswa memilih melakukan penelitian quasi-experiment design. 12.4% memilih penelitian ex-post facto. 11.4% memilih penelitian survei. 8.6% memilih penelitian korelasional. 8.6% memilih penelitian kualitatif content analysis. 6.7% memilih penelitian kualitatif etnografi. 5.7% memilih penelitian kualitatif fenomenologi. 1.0% memilih penelitian true-experimental design. Untuk penelitian pre-experimental design, penelitian kualitatif grounded theory, penelitian kualitatif historical, penelitian tindakan kelas dan pilihan penelitian lainnya adalah 0%. Saran diperuntukkan bagi penelitian lebih lanjutyakni sebaiknya penelitian tidak hanya melihat jenis penelitian saja tetapi juga dilakukan terhadap desain penelitian dan analisis data yang digunakan.
References
Ary, D., Jacobs, L. C and Sorensen, C. (2010). Introduction to Research in Education. Eight Edition. Canada: Nelson Education Ltd.
Cohen, L., Manion, L., & Morrison, K. (2018). Methods in Educational Research: From Theory to Practice. California: Jossey-Bass.
Cresswel, J. W. (2012). Educational Research: Planning, Conducting and Evaluating Quantitative and Qualitative Research, 4th edition. Boston: Pearson Education, Inc.
Cresswel, J. W. (2014). Research Design: Qualitative, Quantitative, and Mixed Methods Approaches. California: SAGE Publication, Inc.
Campbell, D. T & Stanley, J. C. (1963). Experimental and Non-Quasi Experimental Designs for Research. Chicago: Rand McNally College Publishing Company.
Dick, W., Carey, L & Carey, J. O. (2015). The Systematic Design of Instruction. New Jersey: Pearson Education, Inc.
Fraenkel, J. R and Wallen, N. E. (2009). How to Design and Evaluate Research in Education. New York: Mc. Graw-Hill Companies, Inc.
Gall, M. D., Gall, J. P., Borg, W. R. (2003). Educational Research (An Introduction) Seventh Edition. New York: Pearson Education, Inc.
Gay, I. R., Mills, G. E., Airasian, P. W. (2012). Educational Reseach: Competencies for Analysis and Applications, Tenth Edition. Boston: Pearson Education Inc.
Kemendikbud (2020). Panduan Penyelenggaraan Pembelajaran Pada Tahun Ajaran 2020/2021 dan Tahun Akademik 2020/2021 di Masa Pandemi Coronavirus Disease 2019 (Covid-19). Keputusan Bersama 4 Menteri; Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, Menteri Agama, Menteri Kesehatan, dan Menteri Dalam Negeri. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
Leavy, P. (2017). Research Design: Quantitative, Qualitative, Mixed Methods, Arts-Based, and Community-Based Participatory Research Approaches. New York: The Guilford Press.
Leedy, P. D & Ormrod, J. E. (2016). Practical Research: Planning and Design. New York: Pearson Education, Inc.
Lodico, M. G., Spaulding, D. T., Voegtle, K. H. (2006) Methods in Educational Research: from Theory to Practice. California: Jossey-Bass.
Mertens, D. M. (2010). Research and Evaluation in Education and Psychology: Integrating Diversity with Quantitative, Qualitative, and Mixed Methods.California: SAGE Publications, Inc.
Reigeluth, C. M & An, Y. (2021). Merging The Instructionan Design Process with Learner-Centered Theory. New York: Routledge, Taylor and Francis Group.
Shadish, W. R., Cook, T. D., Thomas, D. (2002). Experimental and Quasi-Experimental Designs for Generalized Causal Inference. Boston: Houghton Mifflin Company.
Tracey, M. W. (2009). Design and Development Research: A Model Validation Case. Educational Technology Research and Development, 57(4), 553-571.
Widodo, A. P. A. (2018). Penulisan Karya Tulis Ilmiah. Sidoarjo: Nizamia Learning Center.