Manfaatan Media Internet dalam Pembelajaran PAI pada Masa Pandemi Covid-19 di SDN Linggarsari 1 Kecamatan Telagasari Kabupaten Karawang
Authors
Nur Fitria Reza , Acep Nurlaili , Sayan SuryanaDOI:
10.29303/jipp.v6i2.199Published:
2021-07-29Issue:
Vol. 6 No. 2 (2021): JuliKeywords:
Media Internet, Pembelajaran PAI, Pandemi Covid-19Articles
Downloads
How to Cite
Abstract
Saat ini adanya Covid-19 membuat proses pembelajaran mengalami perubahan dengan mengganti tatap muka menjadi pembelajaran daring terutama pada pembelajaran PAI. Penelitian ini bertujuan mengetahui manfaat media internet dalam pembelajaran PAI di Sekolah Dasar pada masa pandemi dan mengetahui faktor pendukung dan penghambat dalam proses pembelajaran PAI pada masa pandemi Covid-19. Pendekatan yang digunakan merupakan pendekatan kualitataif dengan jenis penelitian studi kasus dan menggunakan teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara, dan dokumentasi. Adapun hasil penelitian yang didapat menunjukkan : (1) Dalam proses pembelajaran PAI di SDN Linggarsari 1 dengan adanya media internet sangat membantu dan mempermudah guru dan siswa dalam melaksanakan pembelajaran secara daring, adapun manfaat media internet dalam pembelajaran PAI antara lain (a) Mencari materi yang menarik seperti di Youtube, Al-Qur;an digital, dan google; (b) Media tempat berdiskusi dan bertukar informasi melalui media sosial ; (c) Membantu jalannya belajar mengajar; (d) Internet dapat dijangkau oleh siapapun. Walaupun dalam proses pembelajaran di masa pandemi Covid-19 dinilai kurang efektif. (2) Adapun faktor pendukung dan penghambat dalam proses pembelajaran PAI menggunakan media Internet di masa pandemi Covid-19 yaitu : Faktor pendukung antara lain : (a) Kegiatan pembelajaran daring ini dilaksanakan oleh seluruh sekolah; (b) Tersedia akses internet pada setiap sekolah; (c) Dukungan pemerintah pemberian kuota dan pulsa; (d) media internet dapat dijangkau oleh siapapun. Sedangkan faktor penghambat antara lain: (a) Lemahnya kekuatan signal; (b) Masyarakat kurang menguasai dalam mengoprasikan Handphone atau internet; (c) Bnayak siswa yang bolos (main game online); (d) Sulitnya mengevaluasi materi hafalan dan praktek dalam pembelajaran PAI.
References
Aqib, Z. (2010). Profesionalisme Guru Dalam Pembelajaran (R. ND (ed.)). Percetakan Insan Cendekia.
Arsyad, A. (2019). Media Pembalajaran (A. Rahman (ed.); Revisi). PT RajaGrafindo Persada.
Barni, M. (2020). Pemanfaatan Internet Sebagai Bahan Pengayaan Bagi Mahasiswa Dalam Perkuliahan. Proceeding Antasari International Conference, 1(1).
J. Moleong, L. (2017). Metodologi Penelitian Kualitatif (Edisi Revi). PT Remaja Rosdakarya.
Ramayulis. (2018). Ilmu Pendidikan Islam (Cetakan ke). Penerbit KALAM MULIA.
Rasyidin, Waini, Sadulloh, Uya, Suyitno, Kesuma, Dharma, Somarya, Dede, Kurniasih, Robandi Babang, setiasih, Ochi, hendriani, Ani, Nuryani, Pupun, … Syarifudin, T. (2017). Landasan Pendidikan (D. Haryadi (ed.)). UPI Press.
Risalah, A., Ibad, W., Maghfiroh, L., Azza, M. I., Cahyani, S. A., & Z A, U. (2020). Dampak Pandemi Covid-19 Terhadap Kegiatan Belajar Mengajar Di MI/SD (Studi KBM Berbasis Daring Bagi Guru dan Siswa). JIEES : Journal of Islamic Education at Elementary School, 1(1), 10–16. https://doi.org/10.47400/jiees.v1i1.5
Riyanto, G. P. (2021). Jumlah Pengguna Internet Indonesia 2021 Tembus 202 Juta. www.kompas.com. https://tekno.kompas.com/read/2021/02/23/16100057/jumlah-pengguna-internet-indonesia-2021-tembus-202-juta
Rohman, F. (2019). Buku Ajaran Strategi Pembelajaran PAI (Darnoto (ed.)). Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Unisnu.
Sanjaya, W. (2016). Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. PRENADAMEDIA GROUP.
Sasmita, R. S. (2020). Pemanfaatan Internet Sebagai Sumber Belajar. Jurnal Pendidikan Dan Konseling, 1, 1–5.
Sugiyono (2020). Metode Penelitian Kualitatif (S. Yustiyani Suryandari (ed.); Edisi Ke-3).
Sunandar, B. (2019). Penggunaan Media Video Animasi Dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Kelas Viii Di Smp Qur’an Nurul Huda Pesawaran. Chmk Nursing Scientific Journal Volume 3 Nomor 2, September 2019, 3(september), 1689–1699.
Walidaini, B., & Muhammad Arifin, A. M. (2018). Pemanfaatan Internet Untuk Belajar Pada Mahasiswa. Jurnal Penelitian Bimbingan dan Konseling, 3(1). https://doi.org/10.30870/jpbk.v3i1.3200