Identifikasi Kesiapan LKPD Guru Terhadap Keterampilan Abad 21 Pada Pembelajaran IPA SMP

Muh. Makhrus, Ahmad Harjono, Abdul Syukur, Syamsul Bahri, Muntari Muntari

Abstract

Penelitian ini bertujuan mengidentifikasi kesiapan guru terhadap pembelajaran abad 21 yang menuntut keterampilan abad 21 (4C) dalam pembelajaran IPA se kota mataram yang dilihat berdasarkan LKPD yang dikembangkan guru. Subyek uji yang digunakan dalam penelitian yaitu guru-guru IPA se kota mataram yang mengajar di kelas VII dan VIII yang berjumlah 20 orang. Penelitian ini dilakukan dengan memberi penilaian terhadap perangkat pembelajaran (LKPD) yang telah disusun dan dikembangkan oleh guru mata pelajaran IPA. Penilaian perangkat pembelajaran ini mengacu pada kriteria dan indikator pengembangan LKPD yang tertera pada kurikulum 2013. Hasil penelitian memberikan fakta bahwa masih banyak guru yang menyusun LKPD tidak sesuai dengan pembelajaran abad 21 dan kurikulum 2013. Keterampilan abad 21 yang diharapkan tidak jelas terlihat dalam skema LKPD yang disusun. Hasil penilaian terhadap LKPD guru berkisar antara 33% sampai 66%, sehingga masih perlu adanya perbaikan terhadap LKPD tersebut.

Full Text:

PDF

References

Creswell, J. W. & Clark, V. L. P., (2007). Mixed Methods Research. USA: Sage Publications, Inc., 76–77.

Ernst, J. dan Monroe, M. (2004). The Effects of Environment-Based Education on Students’ Critical Thinking Skills and Disposition toward Critical Thinking. Environmental Education Research. 10(4), 507-522.

Gurney, P. (2007). Five Factors for Effective Teaching. New Zealand Journal of Teachers’ Work. Volume 4 (2). Hlm, 89-98.

Jones, D. (1996). Critical Thinking in an Online Word. [Online]. Tersedia: http://www.library.ucsb.edu/untangle/jones.html. [1 Desember 2012].

Makhrus, M. and Hadiprayitno, G. (2012). Penerapan Perangkat Pembelajaran Fisika Berorientasi Pembelajaran IPA Terpadu Tipe Connected. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran (JPP). Volume 19, No. 2, Oktober 2012, hal. 238-243.

Schafersman, S. D. 1991. Introduction to Critical Thinking. [Online]. Tersedia: http://www.freeinquiry.com/critical-thinking.html. [12 November 2012].

Sutherland, R. (2007). Teaching for learning mathematics. USA: Mc GrawHill.

Trilling, B. & P. Hood. (1999). Learning, Technology,and Education Reform in the Knowledge Ageor We’re Wired, Webbed, and Windowed, NowWhat? in Educational Technology, Issue of May-June, pp.5-18.

Wenno, I. H. (2008). Strategi Belajar Mengajar Sains Berbasis Kontekstual. Yogyakarta. Inti Media.

Witteck, T. Bettina Most, Stephan Kienast, and Ingo Eilks. (2007). A lesson Plan on ‘Methods of Separating Matter’ Based on the Learning Company Approach (A Motivating Frame for Self- Regulated and Open Lab-Work in Introductory Secondary Chemistry Lessons). Journal of Chemistry Education Research and Practice. 8(2). 108-119. [Online]. Tersedia:

http://www.rsc.org/images/issue%208/2/2tcm18/85055.pdf. [12 November 2012].

Zubaidah, S. (2016). Keterampilan Abad ke-21: Keterampilan yang Diajarkan melalui Pembelajaran. Seminar Nasional Pendidikan dengan tema “Isu-isu Strategis Pembelajaran MIPA Abad 21 di Program Studi Pendidikan Biologi STKIP Persada Khatulistiwa, Sintang – Kalimantan Barat, 10 Desember 2016.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.