Hubungan Keterampilan Metakognitif Dengan Hasil Belajar Mahasiswa S1 PGSD Universitas Mataram Pada Pembelajaran Menggunakan Pendekatan Konstruktivisme

Anindita Suliya Hangesti Mandra Kusuma, Khairun Nisa

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui hubungan keterampilan metakognitif dan hasil belajar kognitif mahasiswa program studi S1 PGSD FKIP UNRAM pada perkuliahan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) menggunakan pendekatan konstruktivisme. Jenis penelitian adalah penelitian korelasional. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada hubungan yang signifikan antara keterampilan metakognitif dan hasil belajar kognitif mahasiswa program studi S1 PGSD pada perkuliahan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan koefisien korelasi sebesar 0.900 (sangat tinggi).

Full Text:

PDF

References

Anderson, O.W. & Krathwohl, D.R. 2001. A Taxonomy for Learning, Teaching, and Assessing (A Revision of Bloom’s Taxonomy of Educational Objectives). New York: Addision Wesley Longman, Inc.

Barrouillet, P. 2015. Theories of cognitive development: From Piaget to today. Developmental Review, 38, 1–12. https://doi. org/10.1016/j.dr.2015.07.004.

Coutinho, A.S. 2007. The Relationship Between Goals, Metacognition, And Academic Success. Educate~ Vol.7, No.1, 2007, pp. 39-47. (online). (http://www.educatejournal.org/), diakses 5 Februari 2018.

Corebima, A.D. 2009. Metacognitive Skill Measurment Integrated in Achievement Test. Makalah disajikan pada The Third CosMED di Penang, Malaysia.

Facione, P.A. 2013. Critical Thinking: What It Is and Why It Counts. California: Measured Reason and The California Academic Press.

Fauziyah. D. R. 2013. Hubungan Keterampilan Metakognitif Terhadap Hasil Belajar Biologi dan Retensi Siswa kelas X dengan penerapan strategi pembelajaran Think Pair Share di SMA Negeri 6 Malang. Skripsi tidak diterbitkan. Malang: FMIPA UM.

Herman, T. 2007. Pembelajaran Berbasis Masalah untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Matematis Tingkat Tinggi Siswa Sekolah Menengah Pertama. Jurnal Educationist. No. 1 Vol. 1.

Kusuma, A. S. H. M. 2014. Pengaruh Strategi Pembelajaran Reading Questioning and Answering (RQA), Think Pair Share (TPS), RQA dipadu TPS dan Perbedaan Perbedaan gender Terhadap Keterampilan Bertanya, Kesadaran Metakognitif, Keterampilan Metakognitif, Pembentukan Karakter dan Hasil Belajar Biologi Siswa Kelas VIII SMP Negeri Kota Malang. Tesis tidak diterbitkan. Malang: Pascarjana Universitas Negeri Malang.

Livingston, J. A. 1997. Metacognition: An overview. Retrieved Sept. 23, 2005. (online) (http://www.gse.buffalo.edu/fas/shuell/cep564/Metacog.htm, diakses 12 Maret 2018).

Mulyasa, E. 2008. Menjadi Guru Profesional, Menciptakan Pembelajaran Kreatif dan Menyenangkan. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Pierce, W. 2003. Metacognition: Study Strategies, Monitoring, and Motivation. A Greatly Expanded Text Version of a workshop Presented November 17, 2004, at Prince George’s Community College. (Online), S(http://academic.pg.cc.md.us/~wPierce/MCCCTR/metacognition.htm), diakses,12 Maret2018.

Schafersman, S. D. 1991. An Introduction to Critical Thinking. (online). http://www.freeinquiry.com/critical-thinking.html. diakses tanggal 15 Mei 2014.

Schraw, G., & Dennison, R.S. 1994. Assesing Metacognitive Awareness. Contemporary Educational Psychology 19, 460-475

Winn, W. & Snyder D. 1996. Cognitive Perspectives in Pyschology. In D.H. Jonassen, ed. Handbook of research for educational communications and technology, 112-142. New York: Simon & Schuster Macmillan.

Zimmerman, Barry J. 2000. Self Efficacy: An Essential Motive to Learn. New York: Journal Contemporary Educational Psychology, 25, 82-91.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.