Tanggapan dan Kendala Mahasiswa dalam Pembelajaran Daring serta Harapannya Pada Pembelajaran dan Praktikum selama Pandemi Covid 19
Authors
Nur Rokhimah Hanik , Tri WihartiDOI:
10.29303/jipp.v6i4.238Published:
2021-12-11Issue:
Vol. 6 No. 4 (2021): DesemberKeywords:
Tanggapan, Pembelajaran Daring, Kendala Pembelajaran, HarapanArticles
Downloads
How to Cite
Abstract
Pada masa pandemi Covid-19 kegiatan pembelajaran online dilakukan untuk mengganti kegiatan pembelajaran secara langsung. Banyak kendala dalam pembelajaran onlinepun terjadi, antara lain gangguan sinyal, kurang focus dalam belajar, kurangnya tatap muka dengan dosen, quota internet mahal, dll. Oleh sebab itu perlu dilakukannya evaluasi terhadap sistem pembelajaran daring khususnya dilingkungan program studi pendidikan biologi di FKIP Universitas Veteran Bangun Nusantara Sukoharjo, yang hasilnya bisa menjadi dasar dan kebijakan pelaksanaan pembelajaran dan praktikum pada semester atau tahun akademik berikutnya selama masa Pandemi. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah: 1. untuk mengetahui tanggapan mahasiswa pendidikan Biologi terhadap pembelajaran daring selama kondisi pandemik Covid 19. 2. Untuk mengetahui macam-macam kendala yang dihadapi mahasiswa selama pembelajaran daring dan 3. Untuk mengetahui harapan mahasiswa terhadap pembelajaran dan praktikum selama pandemik Covid 19. Tempat penelitian di program studi pendidikan Biologi. Waktu penelitian dimulai pada bulan Mei sampai Agustus 2021. Subyek penelitian semua mahasiswa aktif pendidikan Biologi FKIP Universitas Veteran Bangun Nusantara Sukoharjo. Jenis penelitian diskriptif kwalitatif, tehnik pengumpulan data dengan dokumentasi dan angket, dan tehnik analisis data dengan diskriptif kwalitatif. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa: 1. Pembelajaran di prodi pendidikan Biologi selama pandemi Covid 19 dilaksanakan secara daring, dengan aplikasi yang sering digunakan adalah google meet. Pembelajaran daring dapat terlaksanakan dengan efektif karena Dosen bisa hadir dalam pembelajaran sebanyak 80-100% atau rata -rata 14 kali. 2. Kendala yang dihadapi mahasiswa selama pembelajaran daring paling sering adanya gangguan sinyal, yang akan mengganggu kejelasan gambar, suara, maupun putus nyambungnya dalam mengikuti pembelajaran daring 3. .Harapan mahasiswa selama pandemi untuk perkuliahan tetap dilaksanakan sesuai jadwal, dan praktikum harus dilaksanakan, dengan diawali asistensi. Praktikum bisa dilaksanakan di laboratorium maupun di rumah dengan modifikasi alat. Masih perlu dilaksanakan penelitian sejenis dengan menambah indikator kendala pembelajaran daring sehingga hasil penelitian lebih uptimal.References
Anugrahana, A. (2020) Hambatan, Solusi dan Harapan: Pembelajaran Daring Selama Masa Pandemi Covid-19 Oleh Guru Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, Vol. 10 No. 3, September 2020: 282-289 . PGSD Universitas Sanata Dharma. URL: https://ejournal.uksw.edu/ scholaria/article/view/4033
Arnesti, N., & Hamid, A. (2015). Penggunaan Media Pembelajaran Online – Offline Dan Komunikasi Interpersonal Terhadap Hasil Belajar Bahasa Inggris. Jurnal Teknologi Informasi & Komunikasi Dalam Pendidikan, 2(1). URL: https://jurnal.unimed.ac.id/2012/index.php/ teknologi/article/ view/3284 DOI: https://doi.org/10.24114/ jtikp.v2i1.3284
Darmawan, D. (2012). Inovasi Pendidikan. Bandung: Rosda.
Hartanto, W. (2016). Penggunaan E-Learning sebagai Media Pembelajaran. Jurnal Pendidikan Ekonomi, 10(1), 1–18 DOI: https://jurnal.unej.ac.id/index.php/ JPE/index.
Hartono, S. (2017). Apa Saja Kelebihan Dan Kelemahan Penggunaan E-Learning. Binus Univercity school of information sistyma DOI: https://sis.binus.ac.id/2017/01/18/apa-saja-kelebihan-dan-kelemahan-penggunaan-e-learning/
Jamaluddin, D, Ratnasih, T, Gunawan, H, dan Paujiah, P. (2020). Pembelajaran Daring Masa Pandemik Covid-19 Pada Calon Guru: Hambatan, Solusi Dan Proyeksi.DOI:http://digilib.uinsgd.ac.id/30518/1/Pembelajaran%20Daring%20Masa%20 Pandemik%20Covid-19%20Pada%20Calon%20Guru%20Hambatan%2C%20 Solusi %20 Dan%20Proyeksi.pdf
Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia (2020). Surat Edaran Surat Edaran No. 4 Tahun 2020 tentang Pelaksanaan Kebijakan Pendidikan dalam Masa Darurat Penyebaran Corona Virus Disease (Covid-19).
Layardi, H. (2020). Hambatan Dan Solusi Saat Belajar Daring Dari Rumah. Kompas Corner Universitas Multimedia Nusantara Tangerang DOI:https://muda.kompas.id/baca/ 2020/04/10/hambatan-dan-solusi-saat-belajar-daring-dari-rumah/
Maudiarti, S. (2018). Penerapan E-Learning di Perguruan Tinggi. Perspektif Ilmu Pendidikan, Hlm. 53-68.
Mustafa, A. (2020). Belajar Daring di Buleleng Masih Temui Kendala, Ini Daftar Penyebabnya. Radar Buleleng. DOI: https://radarbali.jawapos.com/ read/2020/05/12/193727/belajar-daring-di-buleleng-masih-temui-kendala-ini-daftar-penyebabnya#:~
Nur, M. (2011). Modul Keterampilan Proses Sains. Surabaya: Pusat Sains dan Matematika Sekolah, Universitas Negeri Surabaya.
Rustaman, NY. (2005). Strategi Belajar Mengajar Biologi. Malang : UM Press.
Pratiwi, E. W. (2020). Dampak Covid-19 Terhadap Kegiatan Pembelajaran Online Di Sebuah Perguruan Tinggi Kristen Di Indonesia. Perspektif Ilmu Pendidikan Volume 34 Issue 1 April 2020. DOI: http://doi.org/10.21009/ PIP.341.1
Rigianti, H. A. (2020). Kendala Pembelajaran Daring Guru Sekolah Dasar Di Kabupaten Banjarnegara. Elementary School 7 (2020) 297-302 e-ISSN 2502-4264 . Volume 7 nomor 2 Juli 2020 . Univeritas PGRI Yogyakarta Indonesia
Rusman, et al. (2011). Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada. Hlm. 36
Rustaman, NY. (2005). Strategi Belajar Mengajar Biologi. Malang : UM Press.
Sriwihajriyah, N, Ruskan, E. L & Ibrahim, A. (2012). Sistem Pembelajaran Dengan E-Learning Untuk Persiapan Ujian Nasional Pada Sma Pusri Pal embang Jurnal Sistem Informasi (JSI), VOL. 4, NO. 1, April 2012, Hlm. 450-467 DOI: http://ejournal.unsri.ac.id/index.php/jsi/index
Suhardi (2012). Pengembangan Sumber Belajar Biologi. Yogyakarta : Jurdik Biologi FMIPA UNY.
Sujanto, A. (2012). Psikologi Umum. Jakarta: Bumi Aksara. Hlm.31
Sudarisman, S. (2015). Memahami Hakikat Dan Karakteristik Pembelajaran Biologi Dalam Upaya Menjawab Tantangan Abad 21 Serta Optimalisasi Implementasi Kurikulum 2013. Jurnal Florea Volume 2 No. 1, April 2015 (Hlm. 29-35). DOI: http://e-journal.unipma.ac.id/index.php/JF
Surat Edaran Mendikbud No. 4 Tahun 2020 tentang Pelaksanaan Kebijakan Pendidikan dalam Masa Darurat Penyebaran Coronavirus Disease (Covid 2019).
Utami, E.W. (2020). Kendala dan Peran Orangtua dalam Pembelajaran Daring Pada Masa Pandemi Covid-19 . Makalah Seminar Nasional Pascasarjana 2020. ISSN: 2686 6404. Universitas Negri Semarang.
Waryanto, N. H. (2006). On-line Learning Sebagai Salah Satu Inovasi Pembelajaran. In Pythagoras (Vol. 2, Issue 1, 10–23). DOI: http://staff.uny.ac.id/ sites/default/files/132304807/Online Learning sebagai Salah Satu Inovasi Pembelajaran.pdf.
License
Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.