Kompleknya Writing Dibandingkan Speaking

Sribagus Sribagus

Abstract

Writing masih merupakan momok bagi kebanyakan orang termasuk mahasiswa.  Content courses yang diberikan di kelas tidak dianggap sebagai jambatan penting untuk mengantar mereka sampai kepada keterampilan berbahasa seperti writing.  Selama ini perhatian lebih ditekankan kepada pembenaran mechanics seperti tanda baca maupun tata bahasa atau grammar.  Sangat sedikit perhatian diberikan pada pengorganisasian idea, style dan seni menulis.  Saran yang diperkirakan cocok untuk solusi masalah adalah tidak perlu mengubah ubah pengampu mata kuliah writing.  Juga writing harus diampu oleh dosen yang berkompeten dalam bidangnya dan  memiliki jiwa seni dengan memberikan lebih banyak peraktik dibandingkan dengan menjejali mahasiswa dengan berbagai rumus bahasa yang cenderung lepas antara satu dengan lainnya. Sesungguhnya writing tidak sesulit apa yang dikeluhkan,  Permasalahan ter;etak pada tingkat kompleksitas tuntutannya.

 

Full Text:

PDF

References

Amin, M., ( 2018), Bahasa Inggris II, Sebuah Kompilasi), Mataram, Universitas Mataram

Aronoff, M., and Jannie Reeds,M., (2001), The Handbooks of linguistics, Hongkong, Blackwell Publishers

Barnet.S., Belanca, P., Marcia, S., (2005), A short Guide to College Writing, London, Penguin Academics

Febriazda, S., (2017), Indonesia English Code Swithing by Face Brokers: A case Study at Student Association of Englis Program (SAE2P) Members of FKIP, University of Mataram 2017/2018, unpublished Thesis

Jendra, M. Iwan Indrawan, (2010), Sociolingustics, Yogyakarta, Graha Ilmu

Jozsef, H. (2001), Advanced Writing in English as a Foreign Language, France, Lingua Franca Csoport

Kane. Tomas, S. ( 1988) Oxford Essential Guide to writing, New York, Berkley Books

Nunan, David, (1989), Designing Task for The Communicative Classroom, Cambridge University press

Nunan, David, (2003), Pratical English Language Teaching, Singapore, Mc Graw Hill Company

Pearl, (2012), Cohesive Devices- Transition words/phrase for essay writing, http://

yourieltstutor.com/cohesive-devices-transitions wordsphrases-for-eassay- writng/.

Raimes, Ann, 1983), Techniques in Teaching Writing, New Yark, Oxford University Press

Richards, Jack C. , J.Platt, H. Platt (1992), Dictionary of Language Teaching & Applied Linguistics, England, Longman

Swan, Michael, (2005), Practice English Usage, New York, Oxford University Press

Thornbury, Scott ,(2000) How to Teach Grammar, England, Longman

Ur, F., (2007), Grammar Practice Activities: A Practiced Guide For Teacher,(2nd) printing, United Kingdom, Cambridge University Press

Watkins, P., (2005), Lerning to Teach English, England, DELTA publishing

Wilkes and Krebs (1991), Collins English Dictionary, Sydney, Harper Collins Publisher

......, (2016), Buku Pedoman FKIP Universitas Mataram, Mataram, Universitas Mataram.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.