Hubungan Pelaksanaan Supervisi Akademik Pengawas Dan Kepemimpinan Kepala Madrasah Dengan Perencanaan Administrasi Guru MTs Negeri Di Kota Mataram Tahun 2017

Siti Rubianingsih, Wildan Wildan, Hamidssyukri Hamidssyukri

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan pelaksanaan supervisi akademik dan kepemimpinan kepala madrasah dengan manajemen administrasi guru MTs Negeri di Kota Mataram tahun 2017. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan metode survey. Populasi penelitian ini adalah seluruh guru MTs Negeri di Kota Mataram yang berjumlah 120 guru. Sampel penelitian berjumlah 92 guru yang diambil dengan teknik proportionate random sampling. Pembuktian hipotesis dilakukan dengan tiga tahap pengujian, berupa dua kali uji signifikansi parsial dengan uji t dan sekali uji simultan dengan uji F. Proses uji signifikansi tersebut sebagai bagian secara utuh dari penggunaan analisis regresi linear berganda. Sebelum dilakukan uji hipotesis, dilakukan uji asumsi klasik serta pemanfaatan parameter lainnya agar tidak menyesatkan dalam proses uji hipotesis dan pengambilan keputusan berdasarkan model yang terbentuk. Temuan dalam penelitian ini bahwa tiga hipotesis yang dirancang diterima, seluruh pengujiannya berada pada kriteria Ha diterima. Hasil penelitian adalah: 1) terdapat hubungan antara pelaksanaan supervisi akademik pengawas dengan perencanaan administrasi guru MTs Negeri di Kota Mataram dengan kontribusi sebesar 18,90%, artinya bahwa semakin baik kualitas pelaksanaan supervisi akademik pengawas, maka perencanaan administrasi guru MTs Negeri di Kota Mataram juga semakin baik, 2) terdapat hubungan antara kepemimpinan kepala Madrasah dengan dengan perencanaan administrasi guru MTs Negeri di Kota Mataram dengan kontribusi sebesar 10,56%, artinya bahwa semakin meningkat kepemimpinan kepala Madrasah, perencanaan administrasi guru MTs Negeri di Kota Mataram juga semakin baik, 3) terdapat hubungan antara pelaksanaan supervisi akademik pengawas dan kepemimpinan kepala Madrasah secara bersama-sama dengan perencanaan administrasi guru MTs Negeri di Kota Mataram dengan kontribusi sebesar 28,19%. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa semakin baik kualitas pelaksanaan supervisi akademik pengawas dan semakin baiknya kepemimpinan kepala Madrasah, maka perencanaan administrasi guru MTs Negeri di Kota Mataram juga semakin baik.

Full Text:

PDF

References

Arikunto, S. 2003. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: Rineka Cipta.

Basri, H. 2014. Kepemimpinan Kepala Sekolah, Bandung: Pustaka Setia

Fathurrohman, P. & Suryana. 2011. Supervisi Pendidikan dalam Pengembangan Proses Pengajaran. Bandung: Refika Aditama.

Imron, A. 2011. Supervisi Pembelajaran Tingkat Satuan Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

Mulyasa, E. 2011. Menjadi Kepala Sekolah Profesional. Bandung: Remaja Rosdakarya

Mulyasa. 2007. Menjadi Kepala Sekolah Profesional. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Musbikin, I. 2013. Menjadi Kepala Sekolah Yang Hebat. Riau: Zanafa Publishing.

Muzakkir, K. 2012. Perangkat Administrasi Pembelajaran Bagi Guru. [Tersedia]. Online. http://www.al-maududy.com/2012/02/perangkat-administrasi-pembelajaran.html . Diakses Tanggal 28 Maret 2017.

Nurdin, S. 2002. Guru Profesional & Implementasi Kurikulum. Jakarta: Ciputat Pers

Purwanto, N. 2012. Administrasi dan Supervisi Pendidikan (21thed). Bandung: Remaja Rosdakarya.

Sagala, S. 2010. Manajemen Startegik dalam Peningkatan Mutu Pendidikan. Bandung: Alfabeta.

Sagala, S. 2013. Manajemen Strategik dalam Peningkatan Mutu Pendidikan. Jakarta: Alfa Beta

Sugiyono. 2011. Statistika untuk penelitian. Bandung: Alfa Beta.

Sugiyono. 2014. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan Kombinasi (Mixed Methods). Bandung: Alfabeta.

Sukardi. 2008. Evaluasi Pendidikan Prinsip dan Operasionalnya. Jakarta Timur. PT. Bumi Aksara.

Thoha, M. C. 1998. PBM-PAI di Sekolah. Yogyakarta: Pustaka Pelajar

Wildawati. 2014. Pengaruh Supervisi Akademik Dan Kepemimpinan Kepala Sekolah Terhadap Kinerja Guru SMP Negeri di Kecamatan Sungkai Utara Kabupaten Lampung Utara. Indonesian Portal Indexs. 4(2).

Refbacks

  • There are currently no refbacks.