Pengaruh Pendekatan Konflik Kognitif Terhadap Hasil Belajar Gelombang Mekanik Peserta Didik MAN 2 Mataram

Zul Hidayatullah, Muh. Makhrus, I Wayan Gunada

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pendekatan konflik kognitif terhadap hasil belajargelombang mekanikpeserta didik MAN 2 Mataram tahun ajaran 2017/2018. Penelitian ini adalah penelitian pre-experimental dengan menggunakan One Group Pretest-Posttest Design. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI MIA MAN 2 Mataram. Pengambilan sampel penelitian menggunakan teknik purposive sampling, sehingga terpilih kelas XI MIA 1, XI MIA 2, dan XI MIA 4 sebagai kelas eksperimen yang diberikan perlakuan berupa pendekatan konflik kognitif. Pengumpulan data hasil belajar dilakukan dengan teknik tes pilihan ganda sebanyak 15 soal soal.Hasil analisis uji hipotesis menggunakan uji statistik paired sample t test dan menunjukkan bahwa  ditolak dan  diterima. Hal ini menunjukkan bahwa pendekatan konflik kognitif memberikan pengaruh positif terhadap hasil belajar gelombang mekanik.

Full Text:

PDF

References

Baser, M. 2006. Fostering conceptual change by cognitive conflict based instruction on students’ understanding of heat and temperature concepts. Eurasia Journal of Mathematics, Science and Technology Education, 2(2), 96-114.

Gunada, I. W., Sahidu, H., dan Sutrio. 2015. Pengembangan Perangkat Pembelajaran Fisika Berbasis Masalah untuk Meningkatkan Hasil Belajar dan Sikap Ilmiah Mahasiswa.

Gunawan., Harjono, A., dan Sutrio. 2015. Multimedia Interaktif Dalam Pembelajaran Konsep Listrik Bagi Guru. Journal Pendidikan Fisika dan Teknologi 1(1), 9-14.

Hake, R.R. 1999. “Analyzing Change/Gain Scores” dalam www.physics.indiani.edu/-sdi/AnalyzingChange-Gain.pdf, diakses pada tanggal 14 Oktober 2017.

Lee, G., Kwon, J., Park, S. S., Kim, J. W., Kwon, H. G., dan Park, H. K. 2003. Development of an instrument for measuring cognitive conflict in secondary level science classes. Journal of research in science teaching40(6), 585-603.

Madu, B. C., dan Orji, E. 2011. Effect of Cognitive Conflict Instructional Strategy on Students’ Conceptual Change in Temperature and Heat. SAGE Open: 1-9.

Makhrus M., Nur M., dan Widodo W. 2014. Model Perubahan Konseptual dengan Pendekatan Konflik Kognitif. Jurnal PIJAR MIPA 9(1), 20-25.

Maulida, E.L., dan Abdullah, A.A. 2013. Pengaruh Pendekatan Konflik Kognitif dengan Metode Demonstrasi terhadap Miskonsepsi Siswa ditinjau dari Hasil Belajar dalam Bahasan Pemantulan Cahaya pada Cermin di Kelas VIII SMP Negeri 2 Buduran Sidoarjo. Jurnal Inovasi Pendidikan Fisika 2(3), 126-130.

Schunk, D.H. 2012. Learning Theories An Educational Perspective. Yogyakarta: Pustaka

Setyowati, A., Subali, B., dan Mosik. 2011. Implementasi pendekatan konflik kognitif dalam pembelajaran fisika untuk menumbuhkan kemampuan berpikir kritis siswa SMP kelas VIII. Jurnal Pendidikan Fisika Indonesia, 7(2), 89-96.

Sirait, J. 2012. Pendekatan Pembelajaran Konflik Kognitif Untuk Meningkatkan Penguasaan Konsep Siswa SMA pada Topik Suhu dan Kalor. Jurnal Pendidikan Matematika dan IPA, 1(2).

Sugiyono. 2017. Metode Penelitian Pendidikan: Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, Dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Tuqalby, R., Sutrio., dan Gunawan. 2017. Pengaruh Strategi Konflik Kognitif terhadap Penguasaan Konsep pada Materi Fluida Siswa SMAN 3 Mataram tahun ajaran 2016/2017. Jurnal Pendidikan Fisika dan Teknologi 3(1), 8-13.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.