Disain Media Peraga Dan Bantu Pembelajaran Geometri Bagi Siswa Sekolah Dasar Kelas Tinggi

Ketut Sarjana, Nyoman Sridana, Muh. Turmuzi

Abstract

Tujuan penelitian ini menghasilkan set media peraga dan bantu geometri lengkap pedoman operasional penggunaannya. Media peraga yang dimaksud untuk membantu siswa SD yang masih berpikir kongkret dalam memahami konsep ukuran pada bangun datar dan bangun ruang  yang  abstrak. Konsep atau prinsip ukuran yang dimaksud adalah luas daerah poligon dan volume polyhedral dari bangun prisma, khususnya  prisma segiempat dan  prisma segitiga. Media peraga dengan  pedoman operasional dimanfaatkan secara simultan. Media yang  dikontruksi disesuaikan topik geometri di kelas tinggi. Media peraga berupa alat  peraga lengkap dengan petunjuk penggunaannya mengenai ukuran baik itu prinsip luas daerah maupun volume bangun ruang telah didisain 11 item alat peraga geometri untuk siswa sekolah dasar kelas tinggi. Alat tersebut meliputi alat untuk menentukan  rumus luas daerah  segitiga,  menentukan rumus luas daerah segiempatn (persegi panjang. jajaran genjang, trapesium, dan layang-layang),  menentukan rumus  luas daerah lingkaran, menentukan rumus volume prisma segitiga dan volume prisma segiempat ( balok, paralel epipedum), menentukan rumus luas permukaan balok dan untuk menentukan rumus luas permukaan kubus.   Dari hasil evaluasi 9 orang yang terdiri dari 3 ahli dan 6 praktisi disimpulkan bahwa alat peraga yang di desain lengkap dengan petunjuknya sangat layak. Dari hasil uji coba terbatas alat tersebut efektif  dan konsisten. Ini berati bahwa jika alat yang di desain dilengkapi dengan petunjuk penggunaan,  digunakan oleh dua guru untuk mengajar di kelas yang berbeda dengan dengan materi sama pada tingkatan sama, maka informasi yang disampaikan sama. Dari hasil penelitian ini disarankan bahwa 1) Bagi para guru SD yang menggunakan  alat peraga ini, sebaiknya memiliki pengetahuan yang mendalam tentang materi yang akan diajarkan 2) Para guru menggunakan bahasa yang mudah dipahami tetapi jangan sampai mengabaikan maknanya serta menggali prasyarat pengetahuan yang memadai.

Full Text:

PDF

References

Ali, Muhammad, 2007. Guru dalam Proses Belajar Mengajar. Sinar Baru Algesindo. Bandung.

Aisyah, N, dkk. 2007. Pengembangan Pembelajaran Matematika SD. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional.

Asra, Deni Darmawan, Cepi Riana. 2007. Komputer dan Media Pembelajaran di SD. Dirjen Dikti Departemen Pendidikan Nasioanal. Jakarta.

Djamarah, S.B. 2002. Psikologi Belajar. Jakarta: Rineka Cipta.

Hamalik, O. 2001. Perencanaan Pengajaran Berdasarkan Pendekatan Sistem. Jakarta: Bumi Aksara.

Hudoyo, H (2008). Pengembangan Kurikulum Matematika di depan Kelas, Usaha Nasional Surabaya.

Marie-Christine Opdenakker, Jan Van Damme. 2006. Teacher Characteristic and Teaching Style Effectiveness Enhancing Factors of Classroom Practice, Teaching and Teacher Education 22: www.Elsevier.com/locate/tate.

Prof. Soeparma Kardi, MM.Sc, Ph.d, Prof. Dr.Momad Nur. (2002). Pengajaran Langsung, Pusat Sains Matematika Sekolah Program Pasca Sarjana, Universitas Press.

Russefendi ET ( 1998). Pendidikan Matematika III Modul 1-9, Depdikbud, Proyek Tenaga Kependidikan, Jakarta.

Sarjana Ketut, Arjudin, Sudi Prayitno, Rusmiah, Ariawan, Suarti, Hamid (1998). Model Pembelajaran Aritmatika Bilangan bagi Siswa Kelas 5 SD No.3 Karang Jangkong Mataram. Laporan Hasil Penelitian Dibiayai Oleh Proyek Pendidikan Guru bersumber dari dana pinjaman Bank Dunia (IBRD : LOAN No. 3496 – IDN, tgl 26 Agustus 1992).

Sarjana Ketut, Nyoman Sridana, Arjuddin, Paramita, Sri Bonamati (2007). Model Penereapan Pembelajaran Kontekstual dengan Model Pengajaran Langsung dalam meningkatkan prestasi belajar pokok bahasan bilangan Bulat bagi Siswa Kelas V SD No.2 Mataram. Laporan hasil penelitian yang dibiayai oleh proyek hibah kompetensi S1 PGSD FKIP Unram.

Sarjana Ketut, Anggraeni, Sriwangi, Ayu Rintis (2008). Penerapan Model Van Heile berbasi CTL dalam meningkatkan prestasi belajar siswa pokok bahasan geometri bagi siswa kelas IV SD 40 Cakranegara. Laporan hasil penelitian yang dibiayai oleh proyek hibah kompetensi S1 PGSD FKIP Unram.

Slameto, (1995). Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta. Renika Cipta.

Sudjana, N.(2004). Dasar-Dasar Proses Belajar Mengajar. Bandung. Rosda Karya.

Sukayanti & Suharjana A. 2009. Pemanfaatan Alat peraga Matematika dalam pembelajaran di SD. Yogyakarta: P4TK Matematika.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.