KONTRIBUSI KINERJA KOMITE SEKOLAH DAN KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH TERHADAP MUTU PEMBELAJARAN DI SMAN 1 TANJUNG KABUPATEN LOMBOK UTARA

Fikriadi Fikriadi, Rusdiawan Rusdiawan, Sudirman Wilian

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kontribusi kinerja Komite Sekolah dan kepemimpinan kepala sekolah terhadap mutu pembelajaran di SMAN 1 Tanjung Kabupaten Lombok Utara. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif yang melibatkan dua variabel bebas yakni: kinerja Komite Sekolah dan kepemimpinan kepala sekolah. Dengan satu variabel terikat yakni mutu pembelajaran.Penelitian ini dilakukan di SMAN 1 Tanjung Kabupaten Lombok Utara dengan populasi penelitian yakni semua personil sekolah tersebut dan mengambil sampel sebanyak 90 orang.Data penelitian dikumpulkan dengan menggunakan kuesioner dan dianalisis menggunakan statistik regeri sederhana, regresi ganda. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) terdapat kontribusi signifikan kinerja Komite Sekolah terhadap mutu pembelajaran di SMAN 1 Tanjung Kabupaten Lombok Utara dengan nilai kontribusi sebesar 8,6%, (2) tidak terdapat kontribusi signifikan kepemimpinan kepala sekolah terhadap mutu pembelajaran di SMAN 1 Tanjung Kabupaten Lombok Utara, (3) terdapat kontribusi signifikan kinerja Komite Sekolah dan kepemimpinan kepala sekolah terhadap mutu pembelajaran di SMAN 1 Tanjung Kabupaten Lombok Utara dengan nilai kontribusi sebesar 13,1%.

Full Text:

PDF

References

Arikunto, S. 2010. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: Rineka

Cucu.2014. Kontribusi Perilaku Kepemimpinan Transformasional Kepala Sekolah dan Kinerja Komite Sekolah terhadap Efektifitas Implementasi Manajemen Berbasis Sekolah di Sekolah Dasar Negeri seKecamatan Ligung Kabupaten Majalengka. Jakarta. Tesis. Universitas Negeri Jakarta: tidak diterbitkan

Engkoswara. 2012. Administrasi Pendidikan. Bandung: Alfabeta.

Kemendiknas. 2002. Keputusan Menteri Pendidikan Nasional Republik Indonesia No.044/U/2002 tentang Dewan Pendidikan dan Komite Sekolah. Jakarta: Depdiknas.

Muljono, P. 2006. Standar Proses PembeLajaran. Jakarta. Buletin BSNP Volume 1/No. 2/ Mei 2006.

Mulyasa, E, 2010. Menjadi Kepala Sekolah Profesional, Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Republik Indonesia. (2003). Undang-Undang Nomor 20 tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan

Nasional. Jakarta: Kloang klede Putra Timur.

Riduwan. 2008. Metode Penelitian Kuantitatif, Bandung: Alfabeta

Rahman. 2006. Kepemimpinan Kepala Sekolah dalam Oraganisasi Pembelajar. Bandung: Alfabeta.

Riduwan. 2014. Pengantar Statistika untuk Penelitian Pendidikan, Sosial, Ekonomi, dan Bisnis. Bandung. Alfabeta.

Rochaety, E. dkk. 2005. Sistem Informamsi Manajemen Pendidikan. Jakarta: bumi Aksara Grafindo Persada.

Suhardi. 2012. Pengaruh Peran Aktif Komite Sekolah Dan Kinerja Kepala Sekolah Terhadap Mutu SMK di Kabupaten Pemalang. Jurnal Educational Management. 1(1).

Isnaini. 2014. Pendidikan. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Unnes. 3(1).

Anggun. 2015. Hubungan Kepemimpinan Kepala Sekolah, Budaya Sekolah, dan Sumber Belajar dengan Mutu Pembelajaran Guru SMK Di Kecamatan Natar Kabupaten Lampung Selatan. Jurnal Unlia. 2(2).

Wahjosumidjo, 2002. Kepemimpinan Kepala Sekolah, Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Wuradji & Susanto, P.R. 2015. Pengaruh Kepemimpinan Kepala Sekolah, Kinerja Guru, Komite Sekolah Terhadap Keefektifan SDN Se-Kecamatan Mlati. Jurnal Akutabilitas Manajemen Pendidikan, 3(2), 250-263.

Zamroni. 2007. Meningkatkan Mutu Sekolah .Jakarta : PSAP M.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.