PENGARUH METODE PERMAINAN KATA BERBANTUAN MEDIA PASS PICTUREDAN KEBIASAAN BERBAHASA TERHADAP PENGUASAAN KOSAKATA BAHASA INDONESIA SISWA PENDIDIKAN ANAK USIA DINI (PAUD) DI KECAMATAN KERUAK KABUPATEN LOMBOK TIMUR

Hasbi Sidqi

Abstract


Tujuan penelitian ini untuk mengetahui Pengaruh Metode Permainan Kata Berbantuan Media Pass Picture Dan Kebiasaan Berbahasa Terhadap Penguasaan Kosakata Bahasa Indonesia Siswa jenjang PAUD di Kecamatan Keruak. Sampel penelitian sebanyak 100 orang ditentukan melalui teknik Stratifikcation random sampling. Variabel bebas dalam penelitian ini adalah metode permaianan kata berbantuan media Pass Picture (X1) dan kebiasaan berbahasa (X2), penguasaan kosakata bahasa Indonesia siswa jenjang PAUD (Y), pengumpulan data dengan cara memberikan uji kemampuan pada kelompok eksperimen dengan menggunakan media Pass Picturedalam pembelajaran bahasa Indonesia dengan berpanduan RKH, pada jenjang PAUD dan yang terakhir memberikan postest dan pretest pada kelompok eksperimen maupun kelompok kontrol. Hasil analisis menunjukkan bahwa terdapat hubungan yang positif dan signifikan dari pembuktian kemampuan siswa yang terbiasa berbahasa rendah (daerah) dengan metode permainan kata berbantuan media Pass Picture sebesar 76,29 lebih tinggi daripada skor siswa yang terbiasa berbahasa Indonesia tanpa penerapan  metode permainan  kata dengan skor 71,07 ( µA1B2 > µA2B1) dengan beda rerata 5,22. Sementara siswa yang kebiasaan berbahasa  tinggi  dan kebiasaan berbahasa rendah dengan penerapan metode permainan kata berbantuan media Pass Picture sebesar 80,23 dan tanpa penerapan metode permainan kata sebesar 68,75 dengan beda rerata 11,48. (µA1B1 A1B2 > A2B1 A2B2). Untuk siswa yang berbahasa tinggi dengan penerapan metode permainan kata berbantuan media Pass Picture sebesar 84,35 lebih baik daripada tanpa penerapan  metode permainan kata yaitu 71,07 (µA1B1 > µA2B1) dengan beda rerata 13,28. Sedangkan sisiwa yang berbahasa rendah dengan penerapan metode permainan kata berbantuan media Pass Picture dengan skor sebesar 76,29 lebih tinggi dengan  tanpa penerapan  metode permainan  katadengan skorsebesar 66,16(µA1B2 > µA2B2) dengan beda rerata 10,13


Full Text:

PDF

References


Amalia, F. 2009. Perkembangan Bahasa Anak Usia Pra Sekolah. (online) (http//amaliafitri,wordpress.co m/2009/04/29) diunduh 19 april 2016.

Arikunto, S. 2002. Prosedur Penelitian (Suatu Pendekatan Praktik). Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Arsyad, A. 2003. Media Pembelajaran. Jakarta: PT RajaGrafindo Persada.

Berky. 1995. Game, Studying for Child.(Online)(http://blog.unil a.ac.id/santimarlia/files/2009 /08/makinova-im-.pdf/) Diunduh 21 April 2016.

Budiman. 1997. Jenis-jenis Permainan Bahasa.(Online)(http:/budima n.worpress.com/2010/ budiman-permainan-bahasa/) Diunduh21 April 2016.

Brown, H. D. 2002. Prinsip Pembelajaran dan Pengajaran Bahasa.USA: California

Chaer, A. 1994. Linguistik Umum. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Chaer, A. 2015. Psikolinguistik: Kajian Teoritik. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Corey, G. 2009. Teori dan Praktek Konseling dan Psikoterapi. Bandung: PT Refika Aditama

Dardjowidjojo,S. 2000. Echa Kisah Pemerolehan Bahasa Anak Indonesia. Jakarta: PT Gramedia Widiasarana Indonesia.

Darningsih. 2005. “Peningkatan Penguasaan Kosakata untuk Memahami Wacana Inggris melalui Penggunaan Media Permainan Scrabble pada Siswa Kelas I-A SMP Negeri 2 Semarang” Skripsi: Universitas Negeri Semarang.

Hamalik, O. 1994. Media Pendidikan. Bandung: Alumni.

Hilgard, E. R., & Bower, G. H. 1975. Theory Of Learning. Englewood Cliffs Prentice hall. Inc.

Hoskisson, K. & Tompkins, G. 1987. Language Arts Content and Teaching Strategies. Melbourne: Merill Publishing Company.

Hujair, A. Sanaky. 2009. Media Pembelajaran. Yogyakarta: Safira Insania Press

Imelda. 2005. “Pengembangan Media Pelajaran Berbasis Komputer Pada Pembelajaran Kosakata Bahasa Inggris di Sekolah Dasar Negeri 023 Meskom Bengkalis”. Tesis Magister: Universitas Negeri Yogyakarta: Yogyakarta.

Iskandarwassid & Dadang S. 2008. Strategi Pengajaran Bahasa. Bandung: Rosdakarya.

Keraf, G. 2008. Diksi dan Gaya Bahasa. Jakarta: Gramedia.

Kirk, R. E. 1995. Experimental Design: Procedures For The Behavioral Sciences. USA: Brooks/Cole Publishing Company.

Mardapi, D. 2008. Teknik Penyusunan Instrumen Tes dan Nontes. Yogyakarta: Mitra Cendikia Press.

Mardika, I N. 2008. ”Pengembangan Multimedia Dalan Pembelajaran Kosakata Bahasa Inggris SD”. Tesis Magister. Universitas Negeri Yogyakarta: Yogyakarta

Martiyono. 2012. Perencanaan Pembelajaran, Suatu Pendekatan Praktis Berdasarkan KTSP Termasuk Model Tematik. Yogyakarta: Aswaja Pressindo.

Mundir, H. 2014. Statistik Pendidikan (Pengantar Analisis Data Untuk Penulisan Skripsi dan Tesis). Yogyakarta : Pustaka Pelajar

Nation. P. 2005. Children In Second Language Acquisition. Modern Language Journal 48: 213215. for-children/ (Diunduh pada19April2016).

Nation I. S. P. 2002. Managing Vocabulary Learning. Singapore: SEAMO Regional Language Centre.

Nugroho. 2003. “Peningkatan Penguasaan Kosakata melalui Media Boneka dan Gambar pada Siswa Kelas Kosakata I SD Kaligentong I Ampel Boyolali” Skripsi: Universitas

Negeri Semarang.

Nurhadi. 1995. Tata Bahasa Pendidikan, Landasan Penyusunan Buku Bahasa. Semarang: IKIP Semarang.

Pateda, M. 1998. Aspek-aspek Psikolinguistik. Ende: Nusa Indah

Pidarta, M .2009. Landasan Kependidikan: Stimulus Ilmu Pendidikan Bercorak Indonesia. Jakarta : PT Rineka Cipta.

Pramono, S. 2014. Panduan Evalusi Kegiatan Belajar Mengajar (Tehnik Membuat Evaluasi Berbagai Model Soal. Jogjakarta : DIVA Press

Richards, JC & Willy, AR 2002. Methodology In Language Teaching: An anthology of Current practice. Cambridge: University Press

Robert, H . 1996. Instructional Media and Technologies for Learning. Englewood Cliffs, New Jersey: Prentice Hall, Inc.

Rod, E. 1998. Second language acquisition.New York: Oxford University Press.

Rohani, A. 1997. Media Instruksional Edukatif. Jakarta : Rineka Cipta.

Sadiman, A. 2009. Media pendidikan. Jakarta:Rajawali Pers

Sapri. 2008. Metode Pembelajaran Bahasa. (online).(2008/08/29/metode




DOI: https://doi.org/10.29303/jipp.v2i1.43

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Indexing

JIPP's Visitors

Flag Counter

Statistik

Editor's Office

Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan

FKIP Universitas Mataram, Jln. Majapahit no. 62 Mataram 83125, Lombok, NTB Indonesia

 

Creative Commons Licence
This work is licensed under a
Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.