Pengembangan Media Pembelajaran Kereta Kata pada Kemampuan Membaca Siswa Kelas 1 SDN Merang Baru 2021/2022
Authors
Muh Fahrizal Rosidi , Safruddin Safruddin , Muhammad TahirDOI:
10.29303/jipp.v7i1.446Published:
2022-03-06Issue:
Vol. 7 No. 1 (2022): MaretKeywords:
ADDIE, Pengembangan Media Pembelajaran Kereta Kata kemampuan membacaArticles
Downloads
How to Cite
Abstract
Berdasarkan observasi yang telah di lakukan di Lombok Tengah SDN Merang Baru Kelurahan panjisari telah diajarkan berbagai materi khususnya kelas I atau kelas rendah masih terdapat siswa yang belum bisa membaca atau mengenal kata-kata, sehingga siswa di SDN Merang Baru harus diajarkan mulai dari mengeja, mengenal  huruf dan mengajarkan bahasa Indonesia yang baik dan benar.Untuk meningkatkan minat membaca, guru harus mengajar dengan menggunakan media. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan produk Media Pembelajaran Kereta Kata yang mudah digunakan dan layak digunakan dalam proses pembelajaran. Media pembelajaran kereta kata pada mata pelajaran Bahasa Indonesia Benda, Hewan dan Tanaman di Sekitarku mengetahui kelayakan media pembelajaran kereta kata, dan dapat meningkatkan minat membaca peserta didik siswa kelas 1 SDN Merang Baru.  Jenis penelitian ini adalah Research and Devlopment (R&D) menggunakan model pengembanga ADDIE. Penelitian ini menggunakan 5 tahap penelitian, yaitu Analysis (Analisis), Design (Desain), Development (Pengembangan), Implementation (Implementasi), dan Evaluation (Evaluasi). Penelitian ini dilakukan di SDN Merang Baru, Kecamatan Praya, Kabupaten Lombok Tengah. Metode pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan pedoman observasi, wawancara dan angket, kelayakan produk didasari pada hasil penilaian ahli media, ahli materi dan guru. Hasil penelitian dan pengembangan ini adalah Media Pembelajaran Kereta kata pada materi Benda, Hewan dan Tanaman di Sekitarku mata pelajaran Bahasa Indonesia kelas 1 SD. kelayakan Media Pembelajaran Kereta Kata pada materi Benda, Hewan dan Tanman di Sekitarku berdasarkan penilaian dari validator ahli media mendapatkan kriteria sangat layak dengan rata-rata persentase 97%, penelitian dari ahli materi mendapatkan kriteria sangat layak dengan rata-rata persentase 97,50%. Hasil uji coba guru yang diwakilkan oleh guru mendapatkan kriteria sangat baik dengan rata-rata persentase 100%. Berdasarkan kesimpulan penelitian dan pengembangan yang telah dipaparkan sebelumnya dapat disimpulkan proses pengembangan dan hasil uji coba terhadap media pembelajaran kereta kata layak digunakan dengan memenuhi keriteria kelayakan dari hasil validasi ahli media dan ahli materi serta validasi guru.
References
Arsyad, Azhar (2011). Media pembelajaran. Jakarta: PT. Rajagrafindo. Persada.
Ardini, Pupung Puspa, & Lestariningrum, Anik. (2018), Bermain dan Permainan. Pranbon Nganjuk: CV. Adije Media Nusantara.
Ermiana, Ida., Witomo, H. A. Hari., & Khair, Baiq Niswatul. (2019). Pengembangan Media Berdasarkan Komputer (CBI) untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA Siswa Kelas III di SDN 12 Ampenan. Prosiding Seminar Nasional Pagalaran Pendidikan Dasar Nasional (PPDN) 2019, 1(1), 297-303.
Fani, Septiani., Puspitawati (2019) Penggunaan Media Gambar Dalam Peningkatan Hasil Belajar Siswa Kelas IV Mata Pelajaran IPS Madrasah Ibtidakyah Ma Arif Darurrahman Marga Tiga Lampung Timur.
Hanafi, Halid., Adu, La., & Muzakkir, H. (2019). Profesionalisme Guru dalam Pengelolaan Kegiatan Pembelajaran di Sekolah. Penerbit Deepublish.
Herlina Shinta, & Anugraheni Indri (2020). Pengembangan Kereta Membaca Berbasis Kontekstual Learning Siswa Sekolah Dasar.
Mulyatiningsih, Endang (2019). Metode penelitian Terapan Bidang Pendidikan. Bandung: ALFABETA
Panjahitan, D. J. (2016) Meningkatkan Hasil Belajar Siswa dengan Metode Pembalajaran Langsung. Matchematics Pedagogik, 1, 83.
Rayanto, Yudi Hari (2020). Penelitian pengembangan Model ADDIE Dan R2D2 TEORI Dan praktek. Pasuruan: Academic & Research Institute.
Rumidjan, sumanto,. & A. Badawi (2020). Pengembangan Media Kartu Kata Untuk Melatih Keterampilan Membaca Permulaan Pada Siswa Kelas 1 SD. Program Studi PGSD Jurusan KSDP Universitas Negri Malang.
Sanjaya, Wina (2008). Perencanaan dan Desain Sistem Pembelajaran. Jakarta Kencana.
Sugiyono (2008). Metode penelitian pendidikan pendekatan kuantitatif kualitatif, Dan R&D. Bandung: CV. ALFABETA
Umami Kuratul (2020). Pengembangan Media Gambar Berbasis Word Square Pada Mata Pelajaran Ips Kelas Iv Sdn 1 Penedagandor Kecamatan Labuhan Haji Kabupaten Lombok Timur.