Diagnosa Rentang Kosakata Bahasa Inggris Mahasiswa Berdasarkan Analisa Teks Tulisan

Bonieta Zulandha Melani, Udin Udin, Rizky Kurniawan, Ahmad Junaidi

Abstract

Pengetahuan kosakata seorang pembelajar merupakan faktor penentu dalam penguasaan bahasa kedua. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui profil kosakata pembelajar EFL di tingkat universitas, dengan mengukur cakupan jumlah token, jenis kata, kelompok kata (Family) mahasiswa dalam komposisi tulisan bebas. 31 tulisan bebas mahasiswa semester 3 program studi Pendidikan Bahasa Inggris FKIP Unram pada tahun akademik 2017/2018 menunjukkan kisaran jumlah kata (Token) antara 121 sampai dengan 530 kata, dengan rata-rata penggunaan 247 token, 112 jenis kata (Type), dan 100 Family kata. Rasio jenis kata (Type) dan jumlah kata (Token) dalam tulisan bebas berkisar antara 0,33 sampai dengan 0,64 yang dipengaruhi oleh jumlah kosakata yang digunakan. Semua responden menggunakan kosakata K-1 dan K-2 yang merupakan kosakata dengan frekuensi kemunculan tinggi (High Frequency Words) dengan persentasi penggunaan tinggi, sedangkan kosakata K-3, K-4, K-5, dan kosakata diatas K-5 yang merupakan kosakata dengan frekuensi kemunculan rendah (Low Frequency Words) sangat sedikit digunakan dalam menulis. Berdasarkan temuan ini, pembelajar universitas diprediksi memiliki pengetahuan kosakata yang masih rendah. Akan tetapi, angka ini diperkirakan lebih tinggi pada mahasiswa semester atas dengan kemampuan berbahasa yang lebih berkembang

Full Text:

PDF

References

Arnaud, P. J. L. (1992). Objective lexical and grammatical characteristics of L2 written compositions and the validity of seperate-component tests, in P. J. L. Arnaud and H. Bejoint (eds.) Vocabulary and Applied Linguistics (133-145), London: Mcmillan

Cobb, T. Range for texts v.3 [computer program]. Accessed 15 Sept 2017 at http://www.lextutor.ca/cgi-bin/range/texts/index.pl.

Coxhead, A. (1998). An Academic Word List, Occasional Publication Number 18, LALS, Victoria University of Wellington, New Zealand.

Jacobs, H. L., Zingraf, S. A., Wormuth, D. R., Hartfiel, V. F. and Hughey, J. B. (1981). Testing ESL composition: a practical approach, Rowley, Massachussetts: Newburry House.

Laufer, B. (1994). The lexical profile of second language writing: does it change over time?, RELC Journal, 25, 21-23

Laufer, B. (1995). Beyond 2000: a measure of productive lexicon in a second language, in L. Eubank, L. Selinker and M. Sharwood-Smith (eds.), The Current State of Interlanguage (265-272), Amsteram: John Benjamins.

Laufer, B. (1998). The development of passive and active vocabulary; same or different?, Applied Linguistics, 19, 255-271.

Laufer, B. and Nation, P. (1995). Vocabulary size and use: lexical richness in L2 written production, Applied Linguistics, 16, 307-322.

Laufer, B. and Nation, P. (1999). A vocabulary size test of controlled productive ability, Language Testing, 16, 36-55.

Laufer, B. and Paribakht, T. S. (1998). The relationship between passive and active vocabularies: efffects of language learning context, Language Learning, 48, 365-391.

Nation, I. S. P. (1983). Testing and teaching vocabulary, Guidelines, 5, 12-25.

Nation, I. S. P. (1990). Teaching and Learning Vocabulary. Rowley, MA: Newbury House.

Richard, B. J. and Malvern, D. D. (1997). Quantifying lexical diversity in the study of language development, University of Reading: The New Bulmershe Papers.

West, M. (1953). A General Service List of English Words, London: Longman, Green & Co.

Xue Guoyi and Nation, I.S.P. (1984). A university word list, Language Learning and Communication, 3, 215-229.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.