Peningkatan Hasil Belajar Biologi Melalui Pembelajaran Kooperatif Model Turnamen Kelompok Perorangan (TKP) Peserta Didik Kelas XI IPA1 SMA Negeri 1 Narmada

Hedi Hatadi

Abstract


Penelitian bertujuan untuk mempelajari pengaruh pembelajaran kooperatif model Turnamen Kelompok Perorangan (TKP) dalam meningkatkan kerjasama dan hasil belajar peserta didik  kelas XI IIS1 SMA Negeri 1 Narmada. Sampel penelitian ini adalah 34 peserta didik peserta Lintas Minat Biologi Kelas XI IIS1 SMA Negeri 1 Narmada. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini berupa analisis deskriptif kualitatif yang berhubungan dengan keberhasilan proses maupun hasil belajar. Sementara data yang bersifat kuantitatif seperti nilai tes dianalisis dengan teknik kuantitatif sederhana, yakni dengan membandingkan nilai rata-rata. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, pembelajaran kooperatif model TKP dapat meningkatkan kerja sama peserta didik dalam berdiskusi maupun turnamen kelompok. Hal ini terlihat dari kategori kerja sama yang masih rendah pada siklus I, terjadi peningkatan menjadi kategori tinggi pada siklus II dan III. Peningkatan tersebut meliputi (a) pemecahan persoalan dari LKPD yang diberikan guru; (b) transfer pengetahuan dari peserta didik yang memahami materi kepada peserta didik lain yang belum memahami materi. Secara umum, peningkatan kualitas proses belajar peserta didik tampak pada munculnya kegairahan peserta didik dalam mengikuti pembelajaran khususnya dalam menghadapi turnamen. Implementasi pembelajaran kooperatif model TKP dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik pada aspek kognitif.  Hal  ini  ditunjukkan  dengan meningkatnya  nilai  rata-rata  postest  hasil  belajar  peserta didik dari  rata-rata 67,35 dengan prosentase ketuntasan secara klasikal 58,82 % pada siklus I,  menjadi rata-rata 75,29 dengan ketuntasan klasikal 79,41 % pada siklus II, menjadi  sebesar 80,59 dengan prosentase ketuntasan secara klasikal 88,23 % pada siklus III.

Full Text:

PDF

References


Aini, Z., Ramdani, A., & Raksun, A. 2018. Perbedaan Penguasaan Konsep Biologi Dan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Kelas X Pada Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Group Investigation Dan Guided Inquiry di MAN 1 Praya. Jurnal Pijar Mipa, 13(1), 19-23.

Angkowo, Rubertus dan A. Kosasih. 2007. Optimalisasi Media Pembelajaran, Jakarta: Grasindo.

Aqib, Zainal. 2007. Penelitian Tindakan Kelas untuk Guru. Bandung: Yrama Widya.

Azizah, N. (2016). Pengembangan Lks Dan Penerapannya Dalam Pembelajaran Kooperatif Tipe Stad Untuk Meningkatkan Aktivitas Dan Hasil Belajar Kimia Siswa. Jurnal Pijar Mipa, 11(1).

Bayuaji, P., Hikmawati, H., & Rahayu, S. (2017). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Facilitator And Explaining (Sfae) Dengan Pendekatan Saintifik Terhadap Hasil Belajar Fisika. Jurnal Pijar Mipa, 12(1).

Ibrahim, Nurdin. 2003. Pemanfaatan Tutorial Audio Interaktif Untuk Perataan Kualitas Hasil Belajar, Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan No. 04 Tahun ke-9, September 2003.

Magel, Rhonda C. 2006. Using Cooperative Learning in a Large Introductory Statistics Class. Journal of Statistcs Education. Volume 6, number 3. http://www.amstat.org/ publications/jse/v6n3/magel.html. Diakses 25 Juni 2016.

Ningrum, A. S., Lestari, N., & Kusmiyati, K. (2018). Perbedaan Hasil Belajar Ipa Biologi Menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Team Assisted Individualization Dengan Tipe Mind Mapping Pada Siswa Kelas Vii Smp Negeri 19 Mataram. Jurnal Pijar Mipa, 13(1), 37-44.

Siberman, M. 2007. Active Learning: 101 Strategi Pembelajaran Aktif. Yogyakarta: Pustaka Insan Madani.

Slavin, Robert E. 2008. Cooperative Learning Teori, Riset dan Praktik. Bandung: Nusa Media.

Solihatin, Etin. 2007. Coopertive Learning: analisis model pembelajaran IPS. Jakarta: Bumi Aksara

Sopyan, Ahmadi. 2003. Prilaku Belajar Siswa MAN. Didaktika Islamika Jurnal Kependidikan, Keislaman, dan Kebudyaan. Vol. IV No. 1, Juni 2003.

Trianto, 2007. Model-Model Pembelajaran Inovatif Berorientasi Konstruktivistik Konsep, Landasan Teoritis-Praktis dan Implementasinya. Jakarta : Prestasi Pustaka Publisher.




DOI: https://doi.org/10.29303/jipp.v3i1.49

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Indexing

JIPP's Visitors

Flag Counter

Statistik

Editor's Office

Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan

FKIP Universitas Mataram, Jln. Majapahit no. 62 Mataram 83125, Lombok, NTB Indonesia

 

Creative Commons Licence
This work is licensed under a
Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.