Tantangan Guru Sekolah Dasar dalam Menghadapi Era Society 5.0
Authors
Abidah Abidah , Aklima Aklima , Abdul RazakDOI:
10.29303/jipp.v7i2c.498Published:
2022-06-01Issue:
Vol. 7 No. 2c (2022): JuniKeywords:
Era Society 5.0, Sekolah Dasar, Tantangn Guru.Articles
Downloads
How to Cite
Abstract
Guru merupakan salah satu komponen penting dalam pendidikan. Dalam proses belajar mengajar, guru tidak hanya berperan sebagai penyampai ilmu, tetapi juga bertanggung jawab terhadap perkembangan kepribadian siswa. Guru harus menciptakan proses pembelajaran sedemikian rupa, sehingga dapat merangsang siswa untuk belajar secara efektif dan dinamis dalam memenuhi dan mencapai tujuan yang diharapkan. Guru saat ini dihadapkan pada tantangan yang sangat besar karena belum usai dengan masuknya era industri 4.0, mereka dikejutkan dengan munculnya era society 5.0 yang harus dihadapi dan menjadi tantangan bagi guru sekolah dasar. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengkaji tantangan guru pendidikan sekolah dasar dalam menghadapi era masyarakat 5.0. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kepustakaan. Dalam teknik pengumpulan data, peneliti menggali data sesuai dengan pembahasan tentang tantangan guru sekolah dasar dalam menghadapi era masyarakat 5.0. Hasil pembahasan menunjukkan bahwa dalam menghadapi era Socity 5.0, guru SD harus memiliki kemampuan memecahkan suatu masalah, kemampuan berpikir kritis, dan kemampuan berkreasi. Selain itu, guru harus memenuhi kualifikasi khusus dan meningkatkan kompetensi serta keterampilannya dalam mendidik siswa agar mampu menghadapi tantangan di era society 5.0.
References
Ahmadi, A. (1977). Ilmu Pendidikan I. Semarang: Toha Putera.
Ahmadi, F., & Ibda, H. (2019). Konsep dan aplikasi literasi baru di era revolusi industri 4.0 dan society 5.0. books.google.com.
Ambarawati, A. (2021). Urgensi Keterampilan Komunikasi Nonverbal Guru Pada Era Society 5.0. Jurnal Darussalam: Jurnal Pendidikan, Komunikasi dan Pemikiran Hukum Islam, 12(2).
Arti, M. (2020). Tantangan Sekolah Dan Peran Guru Dalam Mewujudkan Pembelajaran Bahasa Yang Efektif Di Era 4.0 Menuju Masyarakat 5.0. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Program Pascasarjana Universitas PGRI Palembang
Ashadi, N. R. & Suhaeb, S. (2020). Hubungan pemanfaatan Google Classroom dan kemandirian Terhadap hasil belajar mahasiswa PTIK pada masa pandemi. Jurnal Media Elektrik, 17(2).
Binus. (2021). Mengenal Lebih Jauh Tentang Society 5.0. Diperoleh dari https://onlinelearning.binus.ac.id/2021/04/19/mengenal-lebih-jauh-tentang-society-5-0/
Dziuban, C., et al. (2018). Blended learning: the new normal and emerging technologies. International Journal of Educational Technology in Higher Education, 15(1), 3. https://doi.org/10.1186/s41239-017-0087-5
Fukuyama, M. (2018). Society 5.0: Aiming for a New Human-centered Society. JapanSPOTLIGHT, 27, 47–50
Gunawan, I. G. D., et al. (2020). Peningkatan Mutu Kompetensi Guru Sekolah Dasar Dalam Menyongsong Era Society 5.0. Prosiding Webinar Nasional IAHN-TP Palangka Raya https:// prosiding.iahntp.ac.id.
Handayani, N. K. E. M. (2020). Pembelajaran Era Disruptif Menuju Era Society 5.0 (Telaah Perspektif Pendidikan Dasar). International Seminar Proceeding, 3(2252), 58–66.
Handayani, N. N. L., et al. (2020). Pembelajaran Era Disruptif Menuju Era Society 5.0 (Telaah Perspektif Pendidikan Dasar). Prosiding Webinar, Prosiding Webinar Nasional IAHN-TP Palangka Raya. https://prosiding.iahntp.ac.id
Hasanah, U. (2019). Strategi Pembelajaran Aktif Anak Usia Dini. INSANIA Jurnal Pemikiran Alternatif Kependidikan 23(2):204-222. DOI:10.24090/insania.v23i2.2291
Houtman (2020). Merdeka Belajar Dalam Masyarakat 5.0. Prosiding Seminar Nasional.
Husain, R. (2021). Kemampuan Guru Sebagai Penggerak Pembelajaran Era Society 5.0 di Kabupaten Bone Bolango. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Dasar. “Merdeka Belajar dalam Menyambut Era Masyarakat 5.0â€. Pascasarjana Universitas Negeri Gorontalo.
Mas, S. R. (2008). Profesionalitas Guru dalam Peningkatan Kualitas Pembelajaran. Jurnal Inovasi, 5(2).
Nastiti, F. E., & Abdu, A. R. N. (2020). Kajian: Kesiapan pendidikan Indonesia menghadapi era society 5.0. Edcomtech, 5(1), 61-66. https://www.neliti.com/publications/334820/kajian-kesiapan- pendidikan-indonesia-menghadapi-era-society-50
Nasution (2011). Teknologi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.
Nurani, D. (2021). Menyiapkan Pendidik Professional di Era Society 5.0. Diperoleh dari http://ditpsd.kemdikbud.go.id/artikel/detail/menyiapkan-pendidik-profesional-di-era-society-50.
Onday, O. (2019). Japan’s Society 5.0: Going Beyond Industry 4.0. https://doi.org/10.4172/2151-6219.1000389
Oviyanti, F. (2016). Tantangan Pengembangan Pendidikan Keguruan di Era Global. Nadwa, 7(2), 267-282.
Prasetyo, R. I., Hidayat, N., & Dimas, A. (2019). Studi Literature Model Pembelajaran POE (Predict, Observe, and Explain. Prosiding Semdikjar (Seminar Nasional Pendidikan Dan Pembelajaran) (Vol. 3, pp. 704-710).
Pujiono, A. (2021). Profesionalitas Guru Pendidikan Agama Kristen di Era Society 5.0. Skenoo: Jurnal Teologi Dan Pendidikan Agama https://journal.sttia.ac.id/skenoo/article/view/15
Ristekdikti. (2018). http://sumberdaya.ristekdikti.go.id/index.php/2018/01/30/era-revolusi-industri-4-0-saatnya-generasi-millennial-menjadi-dosen-masa-depan/
Siswoyo (2007). Ilmu Pendidikan. Yogyakarta: UNY Press
Sumarno, S. (2019). Pembelajaran Kompetensi Abad 21 Menghadapi Era Society 5.0. Prosiding SEMDIKJAR (Seminar Nasional Pendidikan dan Pembelajaran) (Vol. 3, pp. 272-287).
Vania Sasikirana, Y. T. H. (2017). Urgensi Merdeka Belajar Di Era Revolusi Industri 4.0 Dan Tantangan Society 5.0. Seminar Nasional: Jambore Konseling 3, 00(00), XX–XX. https://doi.org/10.1007/XXXXXX-XX-0000-00
Zed, M. (2004). Metode penelitian kepustakaan (cet.3). Jakarta: Yayasan Pustaka Obor Indonesia.
License
Copyright (c) 2022 Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.