Peningkatan Kemampuan Berbicara Guru SD di Padang Selatan dengan Teknik Peta Konsep

Hotmaida Hotmaida

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peran pelaksanaan kelompok kerja guru (KKG) dalam peningkatan kompetensi kemampuan berbicara guru dengan teknik concept mapping di Tingkat SD Padang Selatan.Jenis penelitian ini adalah kuantitatif dengan metode deskriptif. Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa kemampuan berbicara guru berada pada taraf kualifikasi Baik (B) dengan nilai rata-rata 75.75 dan berada pada rentangan 76 - 85%. Berdasarkan hasil yang diperoleh berdasarkan indikator, maka dapat diambil kesimpulan nilai rata-rata guru pada indikator 1 atau kemampuan dalam indikator aspek ketepatan ucapan diperoleh mean (M) 75.60 dan berada pada rentangan 76 - 85% berada pada Baik (B). Pada indikator 2 atau kemampuan guru dalam indikator aspek sikap wajar, tenang dan tidak kaku diperoleh mean (M) 75.50 berada pada rentangan 76 - 85% berada pada Baik (B). Pada indikator 3 atau kemampuan guru dalam indikator aspek pandangan diperoleh mean (M) 74.45 berada pada rentangan 66 - 75% berada pada Lebih dari Cukup (LDC). Pada indikator 4 atau kemampuan guru dalam indikator aspek gerak dan mimik diperoleh mean (M) 73.33 berada pada rentangan 66 - 75% berada pada Lebih dari Cukup (LDC).

Full Text:

PDF

References


Abdurrahman dan Ellya Ratna. (2003). Evaluasi Pembelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia (Buku Ajar). Padang: FBSS UNP.

Arief, Emawati dan Yarni Munaf. (2003). Pengajaran keterampilan Berbicara. (Buku Ajar). Padang: FBSS UNP.

Arikunto, Suharsimi. 2006. Prosedur Penulisan. Jakarta: Rineka Cipta.

Dedi Hermanto K. (2006). Optimalisasi Peran KKG/MGMP untuk Meningkatkan Kompetensi Guru dalam Merespon UU Guru dan Dosen. Lampung: LPMP Prop Lampung, HEPI.

Depdikbud. (1997). Pedoman Pelaksanaan Sistem Pembinaan Profesional Guru Sekolah melalui Gugus Sekolah. Jakarta: Depdikbud.

Hendri P. Dori Wuwur. (1991).Retorika. Yogyakarta. Kanisius.

Imam Suryadi. (2012). Peran Organisasi Pengembangan Profesi Guru (MGMP, KKG) Untuk Meningkatkan Kualitas Guru Sehubungan dengan Sertifiksi Guru, Makalah Worshop, Kanwil Kemenag Sum-Sel, Palembang.

Lana, Agusli. 1993. Keterampilan Berbicara (Bahan Ajar). FBSS. IKIP Padang.

Menteri Pendidikan Nasional Republik Indonesia. 2006. Kurikulum 2006 Bahasa Indonesia. Jakarta: Menteri Pendidikan Nasional.

Nasution Lindung. (2005). Kemampuan Berbicara Guru Kelas 1 SMK Negeri 8 Padang Melalui Kegiatan Pidato. Padang: FBSS UNP.

Ratna Julia, (2010). Peran KGG dalam Meningkatkan Kompetensi Profesional Guru. Pustaka Felika, Yogyakarta.

Sadiman, Arif. S. (2012). Media Pendidikan Pengertian Pengembangan dan Pemanfaatannya. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Sutarini Dwi Atmi. (2014). Pengelolaan Program Kelompok Kerja Guru (KKG) di Gugus Kecamatan Kraton Yogyakarta. Volume 7, Nomor 2. Jurnal. Diakses Agustus 2016.

Soedijarto, dkk. (2010). Sejarah Pusat Kurikulum. Jakarta: Kementerian Pendidikan Nasional.

Suhardi. (2009). “Kegiatan KKG dan MGMP Rintisan Program Bermutu Membabat Habis Penyakit Kronis Guru”. Buletin Bermutu. 4, (1), 7.

Sukardi. (2003). Metodologi Penulisan Pendidikan. Yogyakarta: PT Bumi Aksara.

Suprijono, Agus. (2012). Cooperative Learning. Yogyakarta. Pustaka Pelajar.

Syofiarni. (2006). “Hubungan Pelaksanaan Kelompok Kerja Guru (KKG) dengan Kinerja Guru Sekolah Dasar di Kecamatan Padang Panjang Barat”. Jurnal Guru. 3, (1), 1-12. Diakses Agustus 2016.

Tarigan, Hendry Guntur. (2008). Berbicara sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung: Angkasa.

Usman, Basyiruddin. (2002). Media Pembelajaran. Jakarta: Ciputat Pers.




DOI: https://doi.org/10.29303/jipp.v3i1.50

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Indexing

JIPP's Visitors

Flag Counter

Statistik

Editor's Office

Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan

FKIP Universitas Mataram, Jln. Majapahit no. 62 Mataram 83125, Lombok, NTB Indonesia

 

Creative Commons Licence
This work is licensed under a
Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.