Pengembangan Perangkat Perkuliahan Berbasis Pendekatan Saintifik di Program Studi Magister Pendidikan IPA

Jamaluddin Jamaluddin, A Wahab Jufri, Muhlis Muhlis

Abstract


Penerapan Pendekatan saintifik dalam kegiatan pembelajaran bertujuan untuk memberikan pemahaman kepada mahasiswa dalam mengenal, memahami  materi kuliah menggunakan pendekatan ilmiah. Perangkat perkuliahan yang berbasis pendekatan saintifik dapat melatih dan memberikan pengalaman belajar yang menunjukkan bahwa ilmu pengetahuan tentang IPA dan pendidikan IPA dapat diperoleh dari mana saja, kapan saja, dan tidak bergantung pada informasi searah dari dosen. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk  mengembangkan perangkat perkuliahan berbasis pendekatan saintifik dalam bentuk RPS dan RTM, dan untuk meningkatkan kompetensi paedagogik dosen khususnya dalam merancang, melaksanakan, dan mengevaluasi program pembelajaran yang berbasis pada pendekatan saintifik di PSMPIPA Pascasarjana Universitas Mataram. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian  pengembangan (Research and Development) yang diadaptasi dari Soegiono (2009) & Putra (2011). Analisis data menggunakan teknik analiasis deskriptif interpretative.. Untuk meningkatkan kemampuan pedagogik dosen dilakukan pembahasan RPS dan RTM melalui kegiatan Fokus Group Discussion (FGD). Hasil penelitian dan pengembangan berupa RPS dan RTM berbasis pendekatan saintifik yang dalam pengembangannya merujuk pada Standar Proses dalam Standar Nasional Pendidikan Tinggi.

Full Text:

PDF

References


Anjarsari, P., 2014. Pembelajaran IPA Melalui Inquiry-Based Life-Cycle Thinking Project Dalam Mengembangkan Literasi Sains disampaikan dalam Seminar Nasional IPA V tahun 2014.

Depdiknas, RI. 2005. Peraturan Pemerintah Republik Indonesia; Nomor 19 Tahun 2005 Tentang Standar Nasional Pendidikan. Jakarta: Depdiknas RI.

Dyah Jekti, D,S., Andayani, Y., & Jamaluddin. 2011. Pengembangan Model Kebijakan Mutu Sistem Tata Kelola perangkat Studi Pendidikan IPA Pascasarjana Universitas Mataram. Laporan penelitian. Mataram: Lemlit Unram.

Hasugian, J., 2008. Urgensi Literasi Informasi dalam Kurikulum Berbasis Kompetensi di Perguruan Tinggi. Jurnal Studi Perpustakaan dan Informasi, Vol. 4, No. 2, Desember 2008. perangkat Studi Ilmu Perpustakaan Universitas Sumatera Utara.

Jufri, A.W., Dyah Jekti, D,S & Jamaluddin. Pengembangan Instrumen Proses Akademik perangkat Studi Magister Pendidikan IPA Pascasarjana Unram. Laporan Penelitian. Mataram Lemlit Unram.

Kemendikbud, 2013. Diklat Guru Dalam Rangka Implementasi Kurikulum 2013. Bahan Ajar Konsep Pendekatan Saintifik . Jakarta: Tanpa Penerbit.

Kemendikbud, 2014. Buku Kurikulum Pendidikan Tinggi. Jakarta: Direktorat Pembelajaran dan Kemahasiswaan, Dirjen Dikti

Kemendikbud, 2014. Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 49 Tahun 2014. Jakarta: Tanpa Penerbit.

Marjan, J., Arnyana, P., & Setiawan, N. (2014). Pengaruh Pembelajaran Pendekatan Saintifik Terhadap Hasil Belajar Biologi dan Keterampilan Proses Sains Siswa MA Mu’allimat NW Pancor Selong Kabupaten Lombok Timur Nusa Tenggara Barat. e-Journal perangkat Pascasarjana Universitas Pendidikan Ganesha perangkat Studi IPA Volume 4: 2014

Putra, N., 2011. Research & Development. Penelitian dan Pengembangan Suatu Pengantar. Jakarta: PT Rajagrapinfindo Persada.

Soegiono. (2009). Metode Penelitian Pendidikan; Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sudarisman, S., (2010). Membangun Karakter Peserta Didik Melalui Pembelajaran Biologi Berbasis Keterampilan Proses. Makalah, Disampaikan pada Seminar Nasional Pendidikan Biologi UNS. Solo.

Sugiyanto, R., 2009. Penerapan Metode Bertanya Dalam Kegiatan Praktek Lapangan Untuk Meningkatkan Kemampuan Mengemukakan Pendapat Mahasiswa. Jurnal Geografi Vol. 6 (2) 2009. Unnes. Semarang.

Untari, MFA, 2014. Implementasi Pendekatan Saintifik (ScientificApproach) Dalam Pembelajaran Di Sekolah Dasar. Makalah: Semarang: IKIP PGRI.




DOI: https://doi.org/10.29303/jipp.v3i1.51

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Indexing

JIPP's Visitors

Flag Counter

Statistik

Editor's Office

Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan

FKIP Universitas Mataram, Jln. Majapahit no. 62 Mataram 83125, Lombok, NTB Indonesia

 

Creative Commons Licence
This work is licensed under a
Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.