Analisis Tingkat Ketercapaian Kurikulum 2013 bidang Matematika pada Siswa SMPN di Kota Mataram

Ketut Sarjana, I Nyoman Sridana, Nani Kurniati

Abstract

Tujuan khusus dari penelitian ini adalah : menentukan taraf  kemampuan  menye-lesaikan soal cerita  matematika serta mengidentifikasi faktor faktor yang menentukan keberhasilan menyelesaikan soal cerita matematika bagi siswa SMPN menggunakan K13 di Kota Mataram tahun ajaran 2017/2018. Populasi dari penelitian ini adalah siswa kelas III SMPN di Kota Mataram yang pelaksanaan pembelajarannya telah meng-gunakan K13 secara penuh. Ukuran sampel dari penelitian ini adalah 411 siswa dengan teknik stratified porposional random sampling. Pengumpulan data dalam penelitian ini dengan  tes yang telah bagus  menurut uji Cronbach’s Alpha. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa 1) Kemampuan siswa kelas III SMPN di Kota Mataram yang menggunakan K 13 masih tergolong sedang. 2) Tinggi rendahnya kemampuan menyelesaikan soal cerita matematika siswa secara  meyakinkan ditentukan oleh  a) kemampuan verbal dengan sumbangannya  sebesar 47,6 %, b) kemampuan numerik dengan sumbanyanya sebesar  52,5 %, c) kemampuan membuat model matematika dengan sumbangan sebesar 84,6 %, d) kemampuan verbal, numerik dan membuat model matematika menentukan secara meyakinkan simultan sebesar  88,8 %.

Full Text:

PDF

References

Clara Ika Sari Budhayanti,dkk (2008). Pemecahan Masalah Matematika, Jakarta: DITJEN DIKTI, DEPDIKNAS,.

Caldwell, J. H., & Goldin, G. A. (1979). Variables affecting word problem difficulty in elementary school mathematics. Journal for Research in Mathematics Education, 323-336.

Gagne RM ( 1988). Some issue in psycology in mathematics instruction, Journal for reseach in Mathematic, Reston, NCTM.

Hudoyo, H (2008). Pengembangan Kurikulum Matematika di depan Kelas, Usaha Nasional. Surabaya.

Kennedy LM (1970). Guiding Children to mathematics discovery, Belmots, California, Wads wort Publishing Company.

Kerr Jr. Donal & Maki, Daniel (1979). Mathematic models to provide application in the classroom, Sharron, Siney & Reys, Robert E ( editor), Application in school mathematics, Reston Virginia.

Krutetskii, Va(1976). The psycogy of Mathematics abilities in school children, The university of Chicago Press, Chicago.

Kemendikbud (2012) . Dokumen Kurikulum 13 Untuk SMP .

Kemendiknas (2016). Materi PLPG untuk Rayon 122.

Meyer,Walter J.(1985). Concept of mathematics abilities in School children, Mac Graw-Hill book Company. Singapore.

Mulyasa,Dr, M.Pd (2003). Kurikulum Berbasis Kompetensi, Konsep, Karak-teristik dan Implementasi, PT Remaja Rosda Karya, Bandung.

Russefendi ET ( 1996). Pendidikan Matematika III Modul 1-9, Depdikbud, Proyek Tenaga Kependidikan, Jakarta.

Sardjana ( 1986). Hubungan antar prestasi alih bahasa dan komputasi dengan prestasi belajar matematika di kelas VI SD di Kabupaten Bantul ( Tesis magister ), Malang.

Shepard J.L (1975). Verbal Analysis and concept operation, terdapat di The Australian Journal of education,19,26-37.

Sujana (2000). Metode Statistik, Tarsito Bandung.

Sujana (2000). Teknik Analisis Regresi dan Korelasi, Tarsito Bandung

Wormeli, R (2006). Fair Isn’t Always Equal : Assesing & Grading in the Diffrentiated Classroom, Ohio : NMSA

Wonosetya Budhi (2003). Langkah-langkah menujun ke Olimpiade Matematika,Penerbit CV. Ricaro. Jakarta Selatan.

Yunus Abidin Dr, M.Pd ( 2014) .Desain Sistem Pembelajaran Dalam Konteks Kurikulum 2013., PT Refika Aditama Jln. Mengger Girang No. 98. Bandung 40254

Refbacks

  • There are currently no refbacks.