Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Masalah Dengan Metode Eksperimen Terhadap Hasil Belajar Fisika Siswa Kelas XI MIPA SMA Negeri 1 Gerung

Sherly Anjar Pratiwi, Joni Rokhmat, Sutrio Sutrio

Abstract


Penelitian bertujuan menyelidiki pengaruh model pembelajaran berbasis masalah (PBM) dengan metode ekspperimental terhadap hasil belajar siswa kelas XI MIPA SMAN 1 Gerung, Mataram, Nusa Tenggara Barat. Penelitian ini berjenis kuasi eksperiment dengan menggunakan desain kelas kontrol - pretest dan posttest. Sebagai populasi adalah seluruh siswa kelas XI MIPA SMAN 1Gerung dengan sampel siswa kelas XI MIPA-6 sebagai kelas eksperimen dan kelas XI MIPA-7 sebagai kelas kontrol. Siswa di kelas eksperimen belajar dengan PBM dengan metode eksperimen sedangkan di kelas kontrol belajar secara konvensional. Instrumen penelitian terdiri atas lembar observasi (pendeteksi sikap dan kinerja psikomotor siswa), rencana pelaksanaan pembelajaran (pemandu pelaksanaan pembelajaran), dan alat tes pilihan ganda (pengukur hasil belajar kognitif). Data sikap dan kinerja psikomotor dianalisis secara deskritif sedangkan data hasil belajar kognitif dianalisis menggunakan uji-t pada taraf signifikansi 5%. Hasil analisis menunjukkan bahwa PBM dengan metode eksperimen berengaruh terhada hasil belajar siswa. Selain itu, siswa juga menunjukkan respon positif terhadap model pembelajaran ini, seperti bertanggungjawab, sabar, secara serius memerhatikan penjelasan dan presentasi. Di sisi lain, dalam kegiatan praktik, siswa memperlihatkan kemampuannya dalam menyusun alat dan bahan, mengumpulkan data, dan dalam melakukan percoban sebagaimana yang diinstruksikan.

Full Text:

PDF

References


Apriani, N., Ayub, S., dan Hikmawati. 2016. Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Masalah Terhadap Hasil Belajar Fisika Siswa Kelas X SMAN 2 Praya Tahun Pelajaran 2015/2016. Jurnal Pijar MIPA. 11(3): 125-130.

Aziz, A., Rokhmat, J., & Kosim, K. (2017). Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Masalah dengan Metode Eksperimen Terhadap Hasil Belajar Fisika Siswa Kelas X SMAN 1 Gunungsari Kabupaten Lombok Barat Tahun Pelajaran 2014/2015. Jurnal Pendidikan Fisika dan Teknologi, 1(3), 200-204.

Firmansyah, A., Kosim, K., & Ayub, S. (2017). Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Masalah dengan Metode Eksperimen pada Materi Cahaya Terhadap Hasil Belajar Fisika Siswa Kelas VIII SMPN 2 Gunungsari Tahun Ajaran 2014/2015. Jurnal Pendidikan Fisika dan Teknologi, 1(3), 155-160.

Gunada, I. W., Sahidu, H., & Sutrio, S. Pengembangan Perangkat Pembelajaran Fisika Berbasis Masalah Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Dan Sikap Ilmiah Mahasiswa. Jurnal Pendidikan Fisika dan Teknologi, 1(1), 38-46.

Gunada, I.W., dan Hikmawati. 2013. Kajian Fisika SMA. Mataram: FKIP Press.

Hamdani, D., Prasetya, D.A., dan Connie. 2015. Penerapan Model Problem Based Learning (PBL) dengan Metode eksperimen untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Ipa-Fisika Peserta Didik kelas VIII A SMPN 12 Kota Bengkulu. Prosiding Seminar Nasional Fisika (E-Journal). Vol IV, hal 1-5.

Hastuti, A., Sahidu, H., & Gunawan, G. (2017). Pengaruh Model PBL Berbantuan Media Virtual Tehadap Kemampuan Pemecahan Masalah Fisika. Jurnal Pendidikan Fisika dan Teknologi, 2(3), 129-135.

Jauhari, T., Hikmawati, H., & Wahyudi, W. (2017). Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Masalah Berbantuan Media Phet Terhadap Hasil Belajar Fisika Siswa Kelas X SMAN 1 Gunungsari Tahun Pelajaran 2015/2016. Jurnal Pendidikan Fisika dan Teknologi, 2(1), 7-12.

Juraini, J., Taufik, M., & Gunada, I. W. (2017). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD (Student Team Achievement Division) dengan Metode Eksperimen Terhadap Keterampilan Proses Sains dan Hasil Belajar Fisika pada Siswa SMA Negeri 1 Labuapi Tahun Pelajaran 2015/2016. Jurnal Pendidikan Fisika dan Teknologi, 2(2), 80-85.

Nurqomariah, N., Gunawan, G., & Sutrio, S. (2017). Pengaruh Model Problem Based Learning dengan Metode Eksperimen Terhadap Hasil Belajar IPA Fisika Siswa Kelas VII SMP Negeri 19 Mataram Tahun Pelajaran 2014/2015. Jurnal Pendidikan Fisika dan Teknologi, 1(3), 173-179.

Siswati, H. A., & Sunarno, W. (2012). Pembelajaran Fisika Berbasis Masalah dengan Menggunakan Metode Demonstrasi Diskusi dan Eksperimen Ditinjau dari Kemampuan Verbal dan Gaya Belajar. Universitas Sebelas Maret, 1(2), 132-141.

Trianto. 2014. Mendesain Model Pembelajaran Inovatif-Progresif, dan Kontekstual. Jakarta: Prenada Media Group.




DOI: https://doi.org/10.29303/jipp.v3i1.56

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Indexing

JIPP's Visitors

Flag Counter

Statistik

Editor's Office

Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan

FKIP Universitas Mataram, Jln. Majapahit no. 62 Mataram 83125, Lombok, NTB Indonesia

 

Creative Commons Licence
This work is licensed under a
Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.