Profil Proses Kognitif Siswa SMP Dalam Investigasi Matematik

Sri Subarinah, I Ketut Budayasa, Agung Lukito

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan profil proses kognitif siswa SMP dalam investigasi matematik. Penelitian ini merupakan penelitian eksploratif dengan pendekatan kualitatif. Subjek adalah enam orang siswa SMP kelas VIII yang berbeda kemampuan matematika dan gendernya.Tahapan pengumpulan data meliputi pemberian tugas dilanjutkan wawancara mendalam berkaitan dengan jawaban tertulis siswa. Kredibilitas data diperoleh melalui triangulasi waktu. Analisis data dilakukan dalam tiga tahap, yaitu reduksi data, paparan data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa laki-laki dan perempuan dengan kemampuan tinggi dan sedang melakukan seluruh tahapan investigasi matematik, yaitu spesialisasi, pendugaan, generalisasi, dan justifikasi. Sedangkan siswa laki-laki dan perempuan dengan kemampuan rendah hanya melakukan tiga tahapan investigasi matematik, tanpa melakukan generalisasi. 


Full Text:

PDF

References


Astin, H. S. (1975). Sex differences in mathematical and scientific precocity. The Journal of Special Education, 9(1), 79-91.

Bastow, B. H., Kissane, J., & Randall, R. 1984. Another 20 mathematical investigational work. Pert: The Mathematical Association of Western Australia (MAWA).

Benbow, C. P., & Stanley, J. C. (1980). Sex differences in mathematical ability: Fact or artifact?. Science, 210(4475), 1262-1264.

Calleja, J. A. M. E. S. (2011). Integrating Investigations in Secondary School Mathematics. Unpublished MEd dissertation, Faculty of Education, University of Malta.

Cockcroft, W. H. 1982. Mathematics counts: Report of the commite to inquiry to the teaching of mathematics in schools. London: Her Majesty’s Stationery Office.

Dagun, M. S. 1992. Maskulin dan feminim: Perbedaan pria-wanita dalam fisiologi, psikologi, seksual, karier dan masa depan. Jakarta: Rineka Cipta.

Diezmann, C. M., Watters, J. J., & English, L. D. 2001. Implementing mathematical investigations with young children. Proceedings 24th Annual Conference of the Mathematics Education Research Group of Australasia at Sydney, 170-177.

Grimison, L., & Dawe, L. 2000. Literature Review: Report on investigational tasks in mathematics in years 9-10 for advanced and intermediate students. New South Wales: University of New South Wales.

Japa, I. G. N., & Ngurah, G. (2008). Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Terbuka Melalui Investigasi Bagi Siswa Kelas V SD 4 Kaliuntu. Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pendidikan, 2(1), 60-73.

Jensen, E. 2008. Brain-based learning: Pembelajaran berbasis kemam-puan otak Cara baru dalam gengajaran dan pelatihan. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Kartono, K. 1994. Psikologi wanita: Mengenal gadis remaja dan wanita dewasa. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Keitel, C. 1998. Social justice and mathematics: Gender, class, ethnicity and the politics of schooling. Berlin: Freie Universitat Berlin.

Liu, C. Y., & Chin, E. T. 2016. Developing eleventh graders’ conjecturing and justifying power on generalization of binary number patterns. Taiwan Journal of Mathematics Education, 3(2), 31-53.

Maccoby, E. E., & Jaclin, C. C. 1974. The psychology of sex difference. California: Stanford Universty Press.

Marpaung, Y. 1987. Struktur kognitif dalam pembentukan konsep algoritma matematis. Yogyakarta: Pusat Penelitian Pendidikan Matematika/Informatika se-DIY dan Jateng, IKIP Sanata Dharma Yogyakarta.

Meyers-Levy. 1989. Gender differences in information processing: A selectivity interpretation. In Cafferata, P. & Tybout, A. (Eds). Cognitive and Affective Responses to Advertising, Lexington Books, 219-260.

Miles, M. B., & Huberman, M.A. 1994. Qualitative data analysis: An expanded sourcebook. 2nd Edition. New Delhi: Sage Publications.

Mullis, I. V. S., Martin, M. O., Foy, P., & Arora, A. 2012. TIMSS 2011 International result in mathe-matics.Chestnut Hill, MA: TIMSS & PIRLS International Study Center, Boston College.

Nabie, M. J., Akayuure, P., & Sofo, S. (2013). Integrating probem solving and investigations in mathematics: Ghanaian teachers' assessment practices. International Journal of Humanities and Social Science, 3(15), 46-56.

Nivera, G. C. (2012). Mathematical Investigation and Its Assessment: Implications for Mathematics Teaching and Learning. The Normal Lights, 7(1), 1-11.

OECD. 2013. PISA 2012 Results in focus: what 15-year-olds know and what they can do with what they know.

Ponte, J. P., Ferreira, C., Brunheira, L., Oliveira, H., & Varandas, J. M. 1998. Investigating mathematical investigations. Setúbal: ESE de Setúbal.

Rahmawati. 2016. Hasil TIMSS 2015: Diagnosa hasil untuk perbaikan mutu dan peningkatan capaian. Makalah dipresentasikan dalam seminar hasil penilaian pendidikan untuk kebijakan tanggal 14 Desember 2016 di Pusat Penilaian Pendidikan, Badan Penelitian dan Pengembangan, Kemdikbud, Jakarta.

Rizal, M. (2011). Proses berpikir siswa sekolah dasar melakukan estimasi dalam pemecahan masalah berhitung ditinjau dari kemampuan matematika dan jenis kelamin. Surabaya: Disertasi PPS Unesa.

Sarnapi. 2016. Peringkat pendidikan Indonesia masih rendah.Pikiran Rakyat tanggal 18 Juni 2016.

Subarinah, S. 2013. Profil berpikir kreatif siswa dalam memecahkan masalah tipe investigasi matematik ditinjau dari perbedaan gender. Proceding Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika FMIPA UNY Yogyakarta, 9 November 2013

Subarinah, S. 2014. Cognitive processes of elementary school students in mathematical investigation based on gender difference. Proceeding International Conference on Research, Implementation and Education of Mathematics and Sciences 2014, 18 – 20 May 2014.

Sukayasa. 2012. Karakteristik penalaran siswa SMP dalam memecahkan masalah geometri ditinjau dari perbedaan gender dan tingkat kemampuan matematika. Surabaya: Disertasi PPS UniversitasNegeri Surabaya.

Syaban, M. 2009. Menumbuh kembangkan daya dan disposisi matematis siswa Sekolah Menengah Atas melalui pembelajaran investigasi. Educationist, 3(2), 129-136.

Turmudi. 2008. Landasan filsafat dan teori pembelajaran matematika: Paradigma eksploratif dan investigatif. Jakarta: Leuser Cita Pustaka.

Yeo, J. B. W., & Yeap, B. H. 2009. Mathematical investigation: Task, process and activity. Technical Report ME2009-01 January 2009 Mathematics and Mathematics Education National Institute of Education Singapore.

Yeo, J. B. W. & Yeap, B. H. 2010. Characterising the cognitive processes in mathematical investigation. Journal for Mathematics Teaching and Learning ISSN 1473-0111.

Yeo, J. B. W. 2014. Mathematical investigation proficiency among Singapore secondary school students: An exploratory study. Southeast Asian Mathematics Education Journal, 4(1), 3-21.

Zhu, Z. 2007. Gender differences in mathematical problem solving pattern: A review of literature. International Education Journal, 8(2), 187-203.




DOI: https://doi.org/10.29303/jipp.v3i1.57

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Indexing

JIPP's Visitors

Flag Counter

Statistik

Editor's Office

Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan

FKIP Universitas Mataram, Jln. Majapahit no. 62 Mataram 83125, Lombok, NTB Indonesia

 

Creative Commons Licence
This work is licensed under a
Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.