Pengembangan Perangkat Asesmen Pembelajaran Proyek Pada Materi Perkembangbiakan Tumbuhan

Uslan Uslan, Ivo Basri K, Abdul Syahrir Muh

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui tahapan pengembangan perangkat asesmen pembelajaran proyek pada materi perkembangbiakan tumbuhan untuk peserta didik Kelas VIBdi SD Negeri Oeba 3 Kupang. Penelitian ini menggunakan model pengembangan perangkat pembelajaran 3-D, yang terdiri dari tiga tahapan yaitu pendefinisian, perancangan dan pengembangan. Teknik pengumpulan data yang digunakan pada penelitian ini, meliputi: teknik non tes, terdiri atas pengamatan dan penilaian langsung terhadap rancangan perangkat asesmen pembelajaran, pengamatan dan penilaian langsung terhadap keterlaksanaan dari instrumen penilaian yang diberikan dan pemberian angket respon guru untuk mengumpulkan data kelayakan asesmen pembelajaran dan teknik tes memberikan tes butir uraian kepada peserta didik untuk mengetahui pemahaman peserta didik terhadap kegiatan yang telah dilaksanakan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa perangkat asesmen pembelajaran yang dikembangkan, meliputi RPP, kisi-kisi, rubrik asesmen pembelajaran proyek dan tugas kelompok, lembar angket respon guru, tes butir uraian, lembar observasi keterlaksanaan asesmen pembelajaran proyek, dan lembar kelayakan asesmen pembelajaran proyek.

 


Full Text:

PDF

References


Anderson, W. L & Krathwohl, R. D. (Eds), (2010). Kerangka Pembelajaran, Pengajaran, dan Asesmen. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Badan Penelitian dan Pengembangan. 2006. Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan Jenjang pendidikan Dasar dan Menengah tentang Model Penilian Kelas. Jakarta: Pusat Kurikulum-Departemen Pendidikan Nasional.

Grant, M. M. (2011). Learning, beliefs, and products: Students' perspectives with project-based learning. Interdisciplinary Journal of Problem-based Learning, 5(2), 6.

Nurhayati, (2011) Psikologi Pendidikan Inovatif. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Pantiwati, Y. (2016). Hakekat Asesmen Autentik dan Penerapannya dalam Pembelajaran Biologi. Jurnal Edukasi Matematika Dan Sains, 1(1), 18-27.

Poerwanti, E. 2008. Asesmen Pembelajaran SD. Jakarta: Depdiknas.

Rusman, (2017). Belajar dan Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta : Kencana.

Suciati, R. M., Nurhaidah, N., & Vitoria, L. (2017). Pelaksanaan Penilaian Hasil Belajar Siswa pada Sub Tema Hidup Rukun dengan Teman Bermain di Kelas II Sdn 14 Banda Aceh. Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 2(1),59-72.




DOI: https://doi.org/10.29303/jipp.v3i1.58

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Indexing

JIPP's Visitors

Flag Counter

Statistik

Editor's Office

Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan

FKIP Universitas Mataram, Jln. Majapahit no. 62 Mataram 83125, Lombok, NTB Indonesia

 

Creative Commons Licence
This work is licensed under a
Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.