PENGARUH SUPERVISI YANG DILAKSANAKAN OLEH PENGAWAS SEKOLAH DAN KEPALA SEKOLAH TERHADAP KINERJA GURU SDN DI KECAMATAN JONGGAT

Siti Aisyah, Rusdiawan Rusdiawan, Sudirman Sudirman

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh supervisi yang dilaksanakan oleh pengawas sekolah dan kepala sekolah terhadap kinerja guru SDN di Kecamatan Jonggat. Dari 458 orang guru ditentukan smapel penelitian sebanyak 82 orang dari 61 SDN di Kecamatan Jonggat. Pendekatan penelitian yang digunakan yaitu kuantitatif dengan angket sebagai instrumennya. Analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linier sederhana dan analisis regresi linier ganda dengan uji F. Berdasarkan hasil analisis tersebut diperoleh hasil uji hipotesisi (1) hasil pengujian hipotesis tentang supervisi yang dilaksanakan oleh pengawas sekolah terhadap kinerja guru ditemukan koefisien korelasi determinasi (R2) = 0,988 signifikansi dengan 0,00. Besarnya kontribusi supervisi yang dilaksanakan pengawas sekolah terhadap kinerja guru sebesar 96,0 % dan model hubungannya ditunjukkan dengan persamaan regresi :Ŷ=30,47+ 1,96X1.(2) hasil pengujian hipotesis tentang pengaruh supervisi yang dilaksanakan oleh kepala sekolah terhadap kinerja guru ditemukan koefisien korelasi determinasi (R2)= 0,985 signifiikansi dengan 0,03. Besarnya kontribusi supervisi yang dilaksanakan  kepala sekolah terhadap kinerja guru sebesar 97,0% dan model hubungannya ditunjukkan dengan persamaan regresi : Ŷ= 2,84+ 1,14X2. (3) hasil pengujian hipotesisi tentang supervisi yang dialaksanakan oleh pengawas sekolah dan kepala sekolah secara bersama-sama terhadap kinerja guru ditemukan koefisien korelasi determinasi (R2) = 0,992 signifikan dengan 0,00. Besarnya kontribusi supervisi yang dilaksanakan pengawas sekolah dan kepala sekolah terhadap kinerja guru sebesar 98,4% dan model persamaan regresi Ỹ = 17,50 + 1,14X1 + 0,49X2.

Full Text:

PDF

References


Arikunto, S. 2015. Prosedur Penelitian Pendidikan. Rineka Cipta. Jakarta.

Baedhowi. (2008). Peningkatan Kualitas Pendidikan Melalui Peningkatan Profesionalisme Guru.Jakarta : Khazanah Pendidikan.

Brotosejati. 2012. Pengaruh Supervisi Kunjungan Kelas oleh Kepala Sekolah dan Kompensasi terhadap Kinerja Guru SD Negeri di Kecamatan Sukoharjo.

Handoko, H.T.2014. Manajemen. Fakultas Ekonomi dan Bisnis. UGM.Yogyakarta.

Kurniawan, H. &Yamin, S. 2013. SPSS Complete: Teknik Analisis Statistik Terlengkap dengan Sofware SPSS. Salemba Ifotek. Jakarta.

Mulyasa, 2013. Manajemen dan Kepemimpinan Kepala sekolah. Bumi Aksara.Jakarta.

Nurjaya. 2014. Pengaruh Supervisi Pengawas Sekolah terhadap Kinerja Guru Sekolah Dasar Negeri. Assets. Volume 4(2). Desember 2014: 188-205.

Pranoto. 2013. Pengaruh Pembinaan Berkelanjutan, Supervisi Pengawas dan Motivasi Kerja terhadap Kinerja Guru di UPT Disdikpora Kecamatan Mayong Kabupaten Jepara. Jurnal Manajemen Pendidikan. Volume 2 Nomor 1, April 2013.

Rebore, R.W. 1994. Educational Administration, A Management Approach. New Jersey: Prentice Hall, Inc.

Sahertian, P.A. 2010. Konsep Dasar dan Teknik Supervisi Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta.

Sugiyono. 2016. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan kuantitatif, Kualitatif, dan R & D. CV Alpfabeta.Bandung.

Suharsaputra. U. 2013. Administrasi Pendidikan. PT Refika Aditama. Bandung.

Supardi. 2014. Kinerja Guru. Rajagrafindo Persada. Jakarta.

Usman. 2011. Buku Kerja Pengawas Sekolah.Kemdiknas. Jakarta.

Wiyono. 2011. Merancang Penelitian Bisnis dengan Alat Analisis SPSS 17& SmartPLS 2.0. UPP STIM YKPN. Yogyakarta.




DOI: https://doi.org/10.29303/jipp.v2i2.60

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Indexing

JIPP's Visitors

Flag Counter

Statistik

Editor's Office

Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan

FKIP Universitas Mataram, Jln. Majapahit no. 62 Mataram 83125, Lombok, NTB Indonesia

 

Creative Commons Licence
This work is licensed under a
Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.