PENGARUH KOMPETENSI DAN KOMPENSASI KERJA TERHADAP KINERJA GURU PRODUKTIF SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN NEGERI DI KABUPATEN LOMBOK BARAT

Parhi Parhi, A Wahab Jufri, Muntari Muntari

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis signifikansi pengaruh kompetensi dan kompensasi kerja baik secara parsial maupun simultan terhadap kinerja guru bidang produktif Sekolah Menengah Kejuruan Negeri  di Kabupaten Lombok Barat.  Populasi dalam penelitian ini adalah semua guru yang mengajar mata pelajaran  Produktif pada SMKN di Kabupaten Lombok Barat yang berjumlah 160 orang. Sampel penelitian berjumlah 62 orang ditentukan dengan teknik Disproportionate Stratified Random Sampling. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif menggunakan  metode ex post facto dengan analisis regresi. Hasil penelitian menemukan bahwa : 1) Ada pengaruh secara signifikan kompetensi terhadap kinerja guru bidang produktif  Sekolah Menengah Kejuruan Negeri  di Kabupaten Lombok Barat dengan = 0,002 dan konstribusi 14,40 %; 2) Ada pengaruh secara signifikan kompensasi kerja terhadap kinerja guru bidang produktif Sekolah Menengah Kejuruan Negeri  di Kabupaten Lombok Barat dengan = 0,037 dan konstribusi 7,00 %; 3) Ada pengaruh signifikan kompetensi dan kompensasi kerja secara bersamasama terhadap kinerja guru bidang produktif  Sekolah Menengah Kejuruan Negeri  di Kabupaten Lombok Barat dengan = 0,005dan konstribusi 16,50 %.

Full Text:

PDF

References

Arifin, M. 2015. “The Influence of Competence, Motivation, and Organisational Culture to High School Teacher Job Satisfaction and Performance”. International Education Studies. 8, (1), 38-45.

Departemen Pendidikan Nasional. 2008. Kamus Besar Bahasa Indonsia . Edisi Keempat. Jakarta : PT. Gramedia.

Echols, J. M dan Shadily, H. 1989. An Indonesian – English Dictionary. Edisi Ketiga. Jakarta : PT Gramedia.

Gunawan, M.A, (2009). Penilaian Kinerja Guru.(Online).Tersediahttp://www.sli deshare.net/guns12380/cara-mudahmenyusun-instrumenpenelitian ( 28 Mei 2016 )

Habibi, B. 2013. Budaya Organisasi, Kompensasi, dan Kompetensi Pedagogik Serta Pengaruhnya terhadap Kinerja Guru. Jurnal pada Program Studi Pendidikan Ekonomi, FKIP-Universitas Pancasakti Tegal. Tidak diterbitkan.

Hendry. 2010. Populasi dan Sampel. (online).Tersediahttps://teorionline.wo rdpress.com/2010/01/24/populasi-dansampel(25Mei 2016)

Keran, K. N. 2012. Pengaruh Motivasi Kerja, Kompetensi, dan Kompensasi Terhadap Kinerja Karyawan di Yayasan Bintang Timur Tangerang. Tesis pada Program Studi Magister Manajemen (MM) Universitas Esa Unggul. Jakarta: Tidak diterbitkan.

Kurniawan, T. 2013. Pengaruh Kompetensi Pedagogik Dan Kompetensi Profesional Guru Terhadap Kinerja Guru di SMK. Tesis pada program Magister Program Studi Pendidikan Teknologi dan Kejuruan Universitas Pendidikan Indonesia Bandung : Tidak diterbitkan.

Lestari, S.P. dan Soedarsono, D.K. 2014. Pengaruh Kompensasi dan Motivasi Terhadap Kinerja Pegawai SekolahMenengah Kejuruan Yayasan Bina Umat Al-Qomariah di Tasikmalaya. ). Tersedia: http: //ejurnal.stiedharmaputra-smg.ac.id (22 Mei2016).

Mulastin. 2013. “Pengaruh Manajemen Pendidik dan Pemberian Kompensasi Terhadap Kinerja Guru”. Lembaran Ilmu Kependidikan.42, (2), 68-75.

Marwansyah, 2014. Manajemen Sumber Daya Manusia. 2. Bandung : Alfabeta.

Mutakin, T. Z. 2015. “Pengaruh Kompetensi, Kompensasi, dan Latar Belakang Terhadap Kinerja Guru”. Jurnal Formatif.3,(2), 145-156. Nasrul, 2012. Pengertian – SMK. [Online]. Tersediahttps:naslurpansa.wordpress.c om( 22 Mei 2016).

Nazir, M. 2014. Metode Penelitian. 9. Bogor: Ghalia Indonesia.

Parwati I.A., Suhandana A., dan Dantes N. 2013. “Kontribusi Efektifitas Kepemimpinan Kepala Sekolah, Kompetensi Pedagogik Guru, dan Motivasi Berprestasi Guru Terhadap Kinerja Guru di SMK Negeri 1 Sukawati ”. e-Journal Program Pascasarjana Universitas Pendidikan Ganesha Program Studi Administrasi Pendidikan.4, 1–12.

Rohimah, S. 2013. Pengaruh Kompetensi, Kompensasi, Disiplin Kerja Terhadap Kinerja dan Kepuasan Kerja Guru SMA Islamic Village Karawaci Tangerang. Tesis pada MM Universitas Esa Unggul. Jakarta.Tidak diterbitkan.

Riduwan. 2014. Metode dan Teknik Menyusun Tesis.Bandung: Alfabeta.

Susanto, H. 2012. “ Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Kinerja Guru”. Jurnal Pendidikan Vokasi.2, 197–212).

Sagala, S. 2013. Administrasi Pendidikan Kontemporer.Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. 2014. Metode Penelitian Pendidikan. Cetakan ke-19. Bandung : Alfabeta.

Sugiyono. 2014. Statistik Untuk penelitian. Cetakan ke-24. Bandung : Alfabeta.

Supardi, 2014. Kinerja Guru. Cetakan Kedua. Jakarta : Rajawali Pers.

Sari. P. I dan Wardi. Y. 2014. Pengaruh Kepemimpinan Kepala Sekolah dan Kompetensi Guru terhadap Kinerja Guru Bidang produktif Jurusan Manajemen Bisnis di SMK Kota Jambi. Program Studi Magister Pendidikan Ekonomi Universitas Negeri Padang. Tidak diterbitkan.

Salim, S. 2015.Upaya Peningkatan Kompetensi Profesional Guru Sekolah Kejuruan. [Online]. Tersedia ejurnal.fip.ung.ac.id/index.php/PDG/ article/download/135/130 (17 Mei 2016 ).

Sesillia, S. 2015. Kumpulan Permendiknas, Undang-Undang dan Peraturan Pemerintah (PP) Tentang Pendidikan Indonesia. [Online]. Tersedia Http://Sisiedukasi.Blogspot.Com/2015/0 5/Kumpulan - Permendiknas - Undang Undang dan. Html (20 Mei 2016 ).

Sudirman. 2015. Hasil UKG NTB 2015 mengecewakan. (online), halaman 1. Tersediahttpwww.radarlombok.co.id/ hasil-ukg-ntb-2015mengecewakan.html. (29 Mei 2016).

Refbacks

  • There are currently no refbacks.