KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH DALAM MENCIPTAKAN IKLIM SEKOLAH YANG KONDUSIF DI SMK NEGERI 2 MATARAM

Andy Eddy, Syafruddin Syafruddin, Sudirman Sudirman

Abstract

SMK Negeri 2 Mataram merupakan salah satu sekolah rujukan yang memiliki iklim sekolah yang kondusif. Terciptanya iklim sekolah yang kondusif diyakini erat hubungannya dengan kepemimpinan kepala sekolah. Oleh karena itu, penelitian ini difokuskan pada kepemimpinan kepala sekolah dalam menciptakan iklim sekolah yang kondusif di SMK Negeri 2 Mataram, dengan rumusan masalah, yaitu: bagaimana gaya kepemimpinan kepala sekolah dalam menciptakan iklim sekolah yang kondusif di SMK Negeri 2 Mataram ?. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan tentang gaya kepemimpinan kepala sekolah dalam menciptakan iklim sekolah yang kondusif di SMK Negeri 2 Mataram. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode studi kasus. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui wawancara, observasi, dan studi dokumentasi. Subjek penelitian adalah kepala sekolah, dan informan terdiri dari unsur manajerial, unsur pelaksana, dan unsur stakeholder sekolah. Hasil penelitian menemukan bahwa upaya kepala sekolah dalam menciptakan iklim sekolah yang kondusif di SMK Negeri 2 Mataram ialah melakukan perencanaan secara partisipatif, memberikan tugas secara proporsional, membuat raport guru, mengunjungi kelas, membangun kebersamaan, memberi contoh teladan, mendorong studi lanjut, melakukan studi banding, dan memberikanreward.

Full Text:

PDF

References

Armstrong, M. 2009. Armstrong’s Handbook of Management and Leadership: a guide to managing for results (second Ed.). London: Kogan Page Limited.

Bush, T. 2008. Leadership and Management Development in Education. London: Sage Publications Ltd.

Creswell, Jhon. 2015. Riset Pendidikan: Perencanaan, pelaksanaan, dan Evaluasi Riset Kualitatif & Kuantitatif (edisi Kelima). Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Handoko, T.H. 2011. Manajemen (edisi 2). Yogyakarta: BPFE-Yogyakarta.

Tajasom, A., & Ahmad, A. Z. 2011. “Principals' leadership style and school climate: Teachers' perspectives from malaysia”. The International Journal of Leadership in Public Services. 7, (4), 314-333.

Kelley, R. et al. 2005. "Relationships Between Measures of Leadership and School Climate". Jurnal Education, 126(1), 17-25.

Miles, M.B. dan Huberman A.M. 2009. Analisis Data Kualitatif (edisi Bahasa Indonesia). Jakarta: UIPress.

Moleong, Lexy. J. 2013. Metodologi penelitian kualitatif. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya. Mulyasa. 2013. Manajemen dan Kepemimpinan Kepala Sekolah. Jakarta: Bumi Aksara.

Northouse, Peter G. 2013. Kepemimpinan: Teori dan Praktik. Jakarta: Indeks

Pace, R.W. & Faules D.F. 2006. Komunikasi Organisasi: Strategi Meningkatkan Kinerja Perusahaam(edisi Bahasa Indonesia). Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Safaria, Triantoro. 2004. Kepemimpinan. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Siagian, Sondang P. 2010. Teori dan Praktek Kepemimpinan. Jakarta: Rineka Cipta.

Stronge, J. H. et al. 2008. Qualities of Effective Principals. Virginia: ASCD

Stronge, J.H et al. 2013. Kualitas Kepala Sekolah yang Efektif. Jakarta: Indeks

Supardi. 2013. Sekolah Efektif: Konsep Dasar dan Praktiknya. Jakarta: Rajawali Pers.

Terry, George R. 2014. Prinsip-perinsip Manajemen.Jakarta: Bumi Aksara.

Tucker, M. S., & Codding, J. B. 2002. The principal challenge : Leading and Managing Schools in an Era of Accountability. San Francisco: Jossey-Bass.

Usman, Husaini. 2013. Manajemen: Teori, Praktik, dan Riset Pendidikan. Edisi 4. Jakarta: Bumi Aksara

Wirawan, 2013. Kepemimpinan: Teori, Psikologi, Perilaku Organisasi, Aplikasi dan Penelitian. Jakarta: Rajawali Pers

Yin, R. K. 2011. Qualitative Research from Start to Finish. New York: Guilford Press.

-------. 2014. Studi Kasus: Desain dan Metode.Jakarta: Rajawali Pers

Yukl, G. 2010. Kepemimpinan dalam Organisasi (edisi kelima). Jakarta: Indeks.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.