Analisis Pola Manajemen Madrasah dalam Mendukung Mutu Pendidikan di MA Plus Abu Hurairah Mataram

Munawar Munawar, A. Wahab Jufri, Muntari Muntari

Abstract

Abstrak : Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pola manajemen madrasah dalam mendukung mutu pendidikan di MA Plus Abu Hurairah Mataram. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan pendekatan kuantitatif dengan teknik pengumpulan data melalui kuesioner, wawancara, observasi, dan studi dokumentasi. Secara terperinci hasil penelitian dari masing komponen dalam MBS menunjukkan: 1) sebagian besar (84,62%) menyatakan bahwa, manajemen kurukulum  telah dikelola dengan baik dan memberi kontribusi positif dalam meningkatkan mutu pendidikan, 2) sebagian besar (87,56%) menyatakan bahwa, manajemen kesiswaan telah dikelola dengan baik dan memberikan kontribusi positif dalam meningkatkan mutu pendidikan, 3) sebagian besar (79,62%) menyatakan bahwa manajemen sarana dan prasarana telah dikelola dengan baik dan memberikan kontribusi positif dalam meningkatkan mutu pendidikan, dan 4) sebagian besar (80,43%) menyatakan bahwa, manajemen keuangan telah dikelola dengan baik dan memberikan kontribusi positif dalam meningkatkan mutu pendidikan. Dengan demikian secara keseluruhan menunjukkan bahwa, sebagian besar (83,06%) menyatakan bahwa, manajemen madrasah dapat dikelola dengan baik dan telah sesuai dengan prinsip-prinsip penerapan MBS yang disesuaikan dengan Standar Nasional Pendidikan dalam mendukung mutu pendidikan di MA Plus Abu Hurairah Mataram.

Kata kunci : Manajemen Madrasah dan Mutu Pendidikan

Full Text:

PDF

References

Shoraku, 2008, Educational Movement toward School-based Management in East Asia: Cambodia, Indonesia and Thailand, UNESCO, 2009 / ED / EFA / MRT / PI / 15

Gamage, 2005, Decentralisation and School-Based Management In Thailand, University of Newcastle. International Review of Education – Internationale Zeitschrift fu¨r Erziehungswissenschaft – Revue Internationale de l’Education 50: 289–305, 2004.

Fattah, Nurkholis, 2003. Konsep Manajemen Berbasis Sekolah. Bandung Pustaka. Bani Quraisy

Indubri, P. Y. Idrus, M. S., & Salim, U. 2013. Manajemen Pendidikan Sekolah dan Kualitas Pendidikan (Studi pada Kualitas Pendidikan di Provinsi Papua). Jurnal Aplikasi Manajemen, 11(2), 317-330.

Kompri, 2014.Manajemen Sekolah Teori dan Praktek, Bandung, Alfabeta

Mulyasa, E. 2014, Manajemen Berbasis Sekolah: Konsep, Strategi, Dan Implementasi (School-Based Management: Concept, Strategy, and Implementation). PT. Remaja Rosda Karya: Bandung.

Radzi, MM., Gani, MFA, 2013, Financial Decentralization in Malaysian Schools: Strategies for Effective Implementation, The Malaysian Online Journal of Educational Science (MOJES), volume 1, issue 1: 26, 2013

Sallis, E. 2006.Total Quality Manajement In Education. Yogyakarta: IRCiSoD.

Sagala, S. 2013. Kemampuan Profesional Guru dan Tenaga Kependidikan, Bandung, Alfabeta

Waluyo, G. E. (2014). “Pengaruh Penerapan Manajemen Berbasis Sekolah, Pengelolaan Pembelajaran dan Partisipasi Komite Sekolah Terhadap Mutu Pendidikan SD/MI di Kecamatan Limpung Kabupaten Batang (Doctoral dissertation, UNY)”. Jurnal Akutabilitas Manajemen Pendidikan, Volume 2, Nomor 2, 2014

Refbacks

  • There are currently no refbacks.