KONTRIBUSI PARTISIPASI ORANGTUA DAN KOMPETENSI SOSIAL GURU TERHADAP MUTU PENDIDIKAN DI SEKOLAH DASAR GUGUS 01 KECAMATAN AMPENAN KOTA MATARAM

Dian Yanuartri, A. Wahab Jufri, Muhammad Zulfikar Syuaib

Abstract

ABSTRAK: Mutu pendidikan dipengaruhi oleh berbagai faktor termasuk partisipasi orangtua dan kompetensi sosial guru. Sekolah dan masyarakat merupakan dua kelompok yang tidak dapat dipisahkan dan saling melengkapi satu sama lainnya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) Untuk mengetahui seberapa besar kontribusi partisipasi orangtua dan kompetensi sosial guru dengan mutu pendidikan di Sekolah Dasar Gugus 01 Kecamatan Ampenan. (2) Untuk mengetahui seberapa besar kontribusi partisipasi orangtua dengan mutu pendidikan di Sekolah Dasar Gugus 01 Kecamatan Ampenan. (3) Untuk mengetahui seberapa besar kontribusi kompetensi sosial guru dengan mutu pendidikan di Sekolah Dasar Gugus 01 Kecamatan Ampenan. Metode yang digunakan adalah kuantitatif asosiatif. Hasil temuan penelitian menunjukkan bahwa: (1) Ada kontribusi positif partisipasi orangtua dengan mutu pendidikan di Sekolah Dasar Gugus 01 Kecamatan Ampenan yakni sebesar 86,5%. (2) Ada kontribusi positif kompetensi sosial guru dengan mutu pendidikan di Sekolah Dasar Gugus 01 Kecamatan Ampenan yakni sebesar 30,5%. (3) Ada kontribusi positif partisipasi orangtua dan kompetensi sosial guru dengan mutu pendidikan di Sekolah Dasar Gugus 01 Kecamatan Ampenan yakni sebesar 86,5%. Dengan terbukti adanya hubungan yang positif partisipasi orangtua dan kompetensi sosial guru dengan mutu pendidikan memberikan masukan bahwa kerja sama orangtua dan sekolah sangatlah penting demi mencapai mutu pendidikan yang sesuai dengan harapan.

 

Kata kunci: partisipasi orangtua, kompetensi sosial guru, mutu pendidikan

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.