Meningkatkan Kemampuan Menyusun Soal Ulangan Sumatif Mata Pelajaran Matematika Semester Ganjil Melalui Kegiatan Bimtek pada Guru-Guru SDN 1 Batulayar Kecamatan Batulayar Kabupaten Lombok Barat Tahun Ajaran 2018/2019

Nurhayatun Nurhayatun

Abstract


Abstrak : Pengadaan evaluasi akhir pembelajaran merupakan hal yang wajib dilakukan oleh seorang guru, akan tetapi kemampuan guru dalam menyusun soal ulangan harian tentunya berfariasi. Perbedaan kemampuan ini kemudian memunculkan permasalahan dalam prosess pembelajaran seperti ketidak sesuaian antara materi yang di ajarkan dengan materi yang di ujikan dalam ulangan harian.Oleh karena itu, bimbingan teknis kepada masing-masing guru dirasa perlu untuk dilakukan.Berdasarakan permasalahan ini maka disusunlah rumusan masalah pada penelitian yg ditujukan untuk untuk  mengetahui kemampuan guru-guru di SDN 1 Batulayar tentang kemampuan menyusun dan melaksanakan ulangan harian, mengetahui pelaksanaan Bimtek di SDN 1 Batulayar dan apakah dengan Bimtek dapat meningkatkan kemampuan guru – guru di SDN 1 Batulayar  dalam  menyusun dan  melaksanakan  ulangan  harian. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat peningkatan jumlah guru yang berusaha mengadakan peningkatan perangkat pembelajaran pada masing-masing siklus setelah pelaksanaan Bimtek, yaitu: peningkatan jumlah dari 40% ke 70% pada siklus I dan 70% ke 80% pada siklus II.

Kata Kunci : Kemampuan Menyusun Soal, Ulangan Sumatif, dan Bimtek


Full Text:

PDF

References


Depdiknas. 2006. Standar Kompetensi Kepala Sekolah TK,SD, SMP, SMA, SMK & SLB, Jakarta : BP. Cipta Karya

Lexy J. Moleong. 1990. Metodelogi Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Mc, Daniel. 1956. Pengertian Bimbingan dan Konseling.Bimbingan dan Konseling. Bandung: Rosda Karya Remaja.

Surya, Moh. 1975. Persamaan dan Perbedaan Bimbingan dan Konseling. Bimbingan dan Konseling. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Undang-undang No.14 tahun 2005 tentang Guru Dan Dosen

Walgito, Bimo. 2004. Perbedaan Bimbingan dan Konseling. Bimbingan dan Konseling. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.




DOI: https://doi.org/10.29303/jipp.v4i1.83

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Indexing

JIPP's Visitors

Flag Counter

Statistik

Editor's Office

Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan

FKIP Universitas Mataram, Jln. Majapahit no. 62 Mataram 83125, Lombok, NTB Indonesia

 

Creative Commons Licence
This work is licensed under a
Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.