Peningkatan Hasil Belajar Peserta Didik Melalui Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Masalah Pada Siswa SMK Negeri 1 Sakra Untuk Materi Program Linier

Wakqoatil Wakiah

Abstract


Penelitian tindakan kelas ini bertujuan menigkatkan hasil belajar siswa melalui penerapan model pembelajaran berbasis masalah pada kelas X SMK Negeri 1 Sakra, Lombok Timur, Nusa Tenggara Barat. Penelitian Tindakan Kelas yang dilaksanakan pada tahun ajaran 2017/2018 dimana penelitian ini menggunakan tiga siklus yang menggunakan sampel peserta didik sebanyak 30 orang. Indikator keberhasilan penelitian ini adalah jumlah peserta didik yang tuntas minimal 75% dengan KKM sebesar 75. Tahapan setiap siklus peneltian ini adalah pertama kegiatan awal, guru menyampaikan tujuan pembelajaran. Kemudian dilanjutkan pembagian kelompok belajar siswa dalam mengerjakan Lembar Kerja pada kegiatan inti. Guru menginformasikan bahwa akan ada penghargaan diakhir pembelajaran bagi siswa yang aktif selama proses pembelajaran. Kemudian siswa diberikan apersepsi. Kedua, guru memberikan masalah yang berkaitan dengan kehidupan nyata dan mengaitkan dengan materi yang akan dipelajari untuk memancing pesreta didik untuk berpikir. Ketiga, kegiatan penutup yang berisi refleksi pembelajaran dengan proses tanya jawab dan guru dapat menunjuk peserta jika tidak ada yang angkat tangan. Selanjutnya guru memberikan kesimpulan dan memberikan kuis serta memberikan informasi tentang kegiatan pembelajaran yang dilakukan pada pertemuan berikutnya. Hasil belajar peserta didik dapat dilihat pada siklus I mencapai nilai rata-rata 60,50. Pada siklus II nilai peserta didik mencapai nilai rata-rata 73,90. Dan pada siklus III nilai peserta didik mencapai nilai rata-rata 85,60. Berdasarkan hasil ini dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran berbasis masalah pada materi program linier efektif dilakukan guna meningkatkan hasil belajar peserta didik.


Keywords


Model Pembelajaran Berbasis Masalah, Pemahaman Peserta Didik, PTK.

Full Text:

PDF

References


Husna, H. (2017). Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Dengan Penerapan Model Problem Based Learning Pada Materi Program Linier Siswa. Jurnal Serambi Ilmu, 18(2).

Rahman, T. (2018). Aplikasi model-model pembelajaran dalam penelitian tindakan kelas. CV. Pilar Nusantara.

Santyasa, I. W. (2007). Model-model pembelajaran inovatif. Universitas Pendidikan Ganesha.

Shadiq, F. (2009). Model-model pembelajaran matematika SMP. Yogyakarta: P4TK Matematika Depdiknas.

Sumartini, T. S. (2016). Peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa melalui pembelajaran berbasis masalah. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 5(2), 148-158.

Bandi, N. T. L. (2015). Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Masalah Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VIII SMP Negeri 12 Kendari. Jurnal Penelitian Pendidikan Matematika, 3(3), 69-82.

Sumartini, T. S. (2016). Peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa melalui pembelajaran berbasis masalah. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 5(2), 148-158.




DOI: https://doi.org/10.29303/jipp.v4i2.84

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Indexing

JIPP's Visitors

Flag Counter

Statistik

Editor's Office

Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan

FKIP Universitas Mataram

Jln. Majapahit no. 62 Mataram 83125

Lombok, NTB Indonesia

 

Creative Commons Licence
This work is licensed under a
Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.