Peningkatan Hasil Belajar Peserta Didik Melalui Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Masalah pada Materi Perbandingan Trigonometri di SMK Negeri 1 Sakra

Wakqoatil Wakiah

Abstract


Penelitian tindakan kelas ini bertujuan meningkatkan hasil belajar siswa melalui penerapan model pembelajaran berbasis masalah pada kelas XMM SMK Negeri 1 Sakra, Lombok Timur, Nusa Tenggara Barat. Penelitian Tindakan Kelas yang dilaksanakan dimana penelitian ini menggunakan tiga siklus dengan sampel peserta didik sebanyak 30 orang. Tahapan setiap siklus peneltian ini adalah pertama kegiatan awal, guru menyampaikan tujuan pembelajaran. Kemudian dilanjutkan pembagian kelompok belajar siswa dalam mengerjakan Lembar Kerja pada kegiatan inti. Kedua, guru memberikan masalah yang berkaitan dengan kehidupan nyata dan mengaitkan dengan materi yang akan dipelajari untuk memancing pesreta didik untuk berpikir. Ketiga, kegiatan penutup yang berisi refleksi pembelajaran dengan proses tanya jawab dan guru dapat menunjuk peserta jika tidak ada yang angkat tangan. Selanjutnya guru memberikan kesimpulan dan memberikan kuis serta memberikan informasi tentang kegiatan pembelajaran yang dilakukan pada pertemuan berikutnya. Hasil belajar peserta didik dapat dilihat pada siklus I mencapai nilai rata-rata 70,50. Pada siklus II nilai peserta didik mencapai nilai rata-rata 74,50. Dan pada siklus III nilai peserta didik mencapai nilai rata-rata 84,60. Berdasarkan hasil ini dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran berbasis masalah pada materi perbandingan trigonometri efektif dilakukan guna meningkatkan hasil belajar peserta didik pada tahun ajaran 2018/2019.


Keywords


PTK, Model Pembelajaran Berbasis Masalah, Pemahaman Peserta Didik.

Full Text:

PDF

References


Husna, H. (2017). Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Dengan Penerapan Model Problem Based Learning Pada Materi Perbandingan trigonometri Siswa. Jurnal Serambi Ilmu, 18(2).

Rahman, T. (2018). Aplikasi model-model pembelajaran dalam penelitian tindakan kelas. CV. Pilar Nusantara.

Santyasa, I. W. (2007). Model-model pembelajaran inovatif. Universitas Pendidikan Ganesha.

Shadiq, F. (2009). Model-model pembelajaran matematika SMP. Yogyakarta: P4TK Matematika Depdiknas.

Sumartini, T. S. (2016). Peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa melalui pembelajaran berbasis masalah. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 5(2), 148-158.

Bandi, N. T. L. (2015). Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Masalah Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VIII SMP Negeri 12 Kendari. Jurnal Penelitian Pendidikan Matematika, 3(3), 69-82.

Sumartini, T. S. (2016). Peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa melalui pembelajaran berbasis masalah. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 5(2), 148-158.




DOI: https://doi.org/10.29303/jipp.v5i2.85

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Indexing

JIPP's Visitors

Flag Counter

Statistik

Editor's Office

Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan

FKIP Universitas Mataram

Jln. Majapahit no. 62 Mataram 83125

Lombok, NTB Indonesia

 

Creative Commons Licence
This work is licensed under a
Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.