Pengaruh Model Pembelajaran Penemuan Terbimbing (Guided Discovery) Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis dan Hasil Belajar Kimia Siswa Kelas X SMAN 4 Mataram

Muntari, Mukhtar Haris, Sukib, Eli Yanti

Abstract

Abstrak : Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran penemuan terbimbing (guided discovery) terhadap kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar kimia siswa kelas X SMAN 4 Mataram. Jenis penelitian ini merupakan quasi experimentdengan rancangan pretest-posttest non-equivalent control group. Sampel dipilih menggunakan teknik purposive sampling, diperoleh kelas XMIA 2 sebagai kelas kontrol dengan model pembelajaran konvensional dan kelas X MIA 4 sebagai kelas eksperimen dengan model pembelajaran penemuan terbimbing (guided discovery). Nilai kemampuan berpikir kritis kelaseksperimen dan kelas kontrol (pretest-posttest) dianalisis menggunakan uji N-gainuntuk mengetahui peningkatan kemampuan berpikir kritis siswa, diperoleh N-gain kelas eksperimen berkategori sedang (50%) dan kelas kontrol berkategori rendah (15%). Data hasil belajar kimia dianalisis menggunakan uji N-gain untuk mengetahui peningkatan hasil belajar kimia siswa, diperoleh N-gain kelas eksperimen berkategori tinggi (72%) dan kelas kontrol berkategori sedang (32%). Hasil uji hipotesis pada kemampuan berpikir kritis menggunakan uji gain-t, diperoleh thitung lebih besar dari pada ttabel (3,5> 1,67) pada taraf signifikan 5%,yang artinya terdapat pengaruh positif model pembelajaran penemuan terbimbing (guided discovery) terhadap kemampuan berpikir kritis siswa. Hasil uji hipotesis pada hasil belajar kimia menggunakan uji gain-t, diperoleh thitung lebih besar dari pada ttabel (3,3> 1,67) pada taraf signifikan 5%,yang artinya terdapat pengaruh positif model pembelajaran penemuan terbimbing (guided discovery) terhadap hasil belajar kimia siswa. Berdasarkan hasil tersebut disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran penemuan terbimbing (guided discovery) berpengaruh positif terhadap kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar kimia siswa kelas X SMAN 4 Mataram.

Kata kunci : penemuan terbimbing (guided discovery), kemampuan berpikir kritis, hasil belajar kimia

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.