Integrasi Media Audio-Visual dan Teknik Kerja Kelompok dalam Pembelajaran Bahasa Inggris di SMPN 15 Mataram

Lalu Thohir, Dewi Tutini Yulianti

Abstract

Abstract : Menciptakan pembelajaran yang menyenangkan adalah keharusan bagi para guru. Pemanfaatan media pembelajaran adalah salah satu cara yang bisa dilakukan oleh para guru untuk menciptakan pembelajaran yang tidak hanya menyenangkan tetapi juga dapat mempermudah proses pemahaman siswa terhadap bahan ajar yang disampaikan. Tulisan ini bertujuan untuk mendeskripsikan pemanfaatan media audio-visual yang diintegrasikan dengan teknik kerja kelompok dalam pembelajaran bahasa Inggris di kelas IXD SMPN 15 Mataram.yang melibatkan 34 siswa. Tes dan angket digunakan untuk mengumpulkan data terkait prestasi belajar dan persepsi siswa tentang media audio-visual dalam pembelajaran bahasa Inggris selama 6 kali pertemuan. Data yang terkumpul dan dianalisis secara kualitatif menunjukkan bahwa nilai rata-rata hasil belajar siswa adalah 80,49 dengan rentang skor 57 – 100. Sedangkan hasil angket menunjukkan bahwa sebagian besar (88%) siswa sangat setuju dengan perlunya penggunaan media audio-visual dan dengan penggunaan media audio-visual yang menjadikan pelajaran bahasa Inggris pelajaran yang menyenangkan, 61,76% siswa menyatakan sangat setuju jika media audio-visual tidak hanya melatih tetapi juga menghibur, dan 52,94% siswa menyatakn setuju jika penggunaan media-audio visual dapat memotivasi dan mempermudah mereka dalam memahamai bahan ajar. Berdasarkan hasil penelitian ini dan manfaat dari media audio-visual dan teknik kerja kelompok maka para guru disarankan untuk memanfaatkan media audio-visual dengan mengintegrasikannya dengan teknik kerja kelompok untuk menjadikan pembelajaran bahasa Inggris pembelajaran yang menyenangakan.

Keywords : media audio-visual, teknik kerja kelompok, pembelajaran bahas Inggris

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.