Pola Kepemimpinan Kepala Sekolah dan Kompetensi Guru dalam Pengelolaan Pembelajaran di Sekolah Menengah

Syarafudin Syarafudin

Abstract

Abstract : Tujuan penelitian ini untuk mengetahui hubungan antara pola kepemimpinan kepala sekolah, kompetensi guru baik secara sendiri-sendiri maupun secara bersama-sama dengan manajemen kelas pada jenjang Sekolah Menengah Pertama Negeri di kota Mataram. Sampel penelitian sebanyak 84 orang ditentukan melalui teknik proporsional random sampling. Variabel bebas dalam penelitian ini adalah pola kepemimpinan kepala sekolah (X1) dan kompetensi guru (X2), sedangkan variabel terikatnya adalah manajemen kelas (Y), Data dikumpulkan menggunakan instrumen angket dengan skala Likert, selanjutnya untuk pengujian hipotesis digunakan teknik analisis regresi dan korelasi. Hasil analisis menunjukkan bahwa terdapat hubungan yang positif dan signifikan yang ditunjukkan dengan persamaan regresi Ŷ = 42,987 + 0,743X1 untuk variabel pola kepemimpinan kepala sekolah, persamaan Ŷ = 13,668 + 0,918X2 untuk variabel kompetensi guru, dan persamaan Ŷ= 3,205 + 0,187X1 + 0,864X2 untuk kedua variabel secara bersama-sama. Kekuatan hubungan variabel ditunjukkan oleh koefosien korelasi (r), untuk variabel pola kepemimpinan kepala sekolah ry1 = 0,4555 dengan kontribusi 20,75%, untuk kompetensi guru ry2= 0,835 dengan kontribusi 69,72%, dan koefisien korelasi untuk kedua variabel Ry.12 =  0,8415 dengan kontribusi 70,81 %. Berdasarkan hasil ini disimpulkan bahwa terdapat korelasi yang positif dan signifikan antara pola kepemimpinan kepala sekolah, kompetensi guru, baik secara sendiri-sendiri maupun secara bersama-sama dengan manajemen kelas pada jenjang Sekolah Menengah Pertama Negeri di Kota Mataram.

Keywords : manajemen kelas, pola kepemimpinan kepala sekolah, kompetensi guru

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.