Meningkatkan Pemahaman Konsep Luas Bangun Datar Mahasiswa Calon Guru Sekolah Dasar dengan Game Android Pythagorea
Authors
Muhammad Erfan , Muhammad SyazaliDOI:
10.29303/jipp.v7i4b.969Published:
2022-12-07Issue:
Vol. 7 No. 4b (2022): DesemberKeywords:
Android, bangun datar, calon guru, matematika.Articles
Downloads
How to Cite
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman konsep luas bangun datar pada mahasiswa calon guru sekolah dasar menggunakan permainan atau game Android Pythagorea. Penelitian ini merupakan penelitian kuasi eksperimen dengan desain pretest-posttest control group. Sampel pada penelitian ini diambil dengan Teknik cluster random sampling dan diperoleh kelas 5A sebagai kelas eksperimen yaitu kelas yang belajar konsep luas bangun datar dengan menggunakan game Android Pythagorea, dan kelas 5F sebagai kelas kontrol yaitu kelas yang belajar secara konvensional atau dengan ceramah. Data mengenai pemahaman konsep mahasiswa calon guru pada materi luas bangun datar diperoleh dengan tes (pre-test dan post-test) selanjutnya data dianalisis dengan uji-t independent sample dan uji gain ternormalisasi untuk melihat seberapa besar peningkatan pemahaman konsep mahasiswa calon guru. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kelas eksperimen menunjukkan peningkatan pemahaman konsep luas bangun datar yang signifikan dibandingkan dengan kelas kontrol. Sehingga dari penelitian ini, game Android Pythagorea efektif dalam meningkatkan pemahaman konsep mahasiswa calon guru sekolah dasar pada materi luas bangun datar.
References
Afirianto, T., Wardhono, W. S., & Pelealu, B. N. (2018). Pengembangan Game Edukasi Mobile Augmented Reality untuk Membantu Pembelajaran Anak dalam Membaca, Menulis, dan Berhitung. Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi Dan Ilmu Komputer, 3(2), 1492–1499. http://j-ptiik.ub.ac.id/index.php/j-ptiik/article/view/4414
Agustiana, E., & Imami, A. I. (2021). Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Siswa SMP Pada Materi Bangun Ruang Sisi Datar. JPMI: Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif, 4(2), 373–382. https://doi.org/10.22460/jpmi.v4i2.373-382
Algraini, S. (2021). Education for human development: a capability perspective in Saudi public education. Compare: A Journal of Comparative and International Education, 51(3), 416–432. https://doi.org/10.1080/03057925.2019.1629275
Gonzalez-Acevedo, N. (2016). Technology-enhanced-gadgets in the Teaching of English as a Foreign Language to Very Young Learners. Ideas on Implementation. Procedia - Social and Behavioral Sciences, 232, 507–513. https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2016.10.070
Gunanto, S. G. (2017). Penciptaan Permainan Digital Edukatif Berbasis Wawasan Budaya Dan Pendidikan Karakter. Journal of Animation & Games Studies, 2(2), 207. https://doi.org/10.24821/jags.v2i2.1421
Haji, S., Abdullah, M. I., Maizora, S., & Yumiati, Y. (2017). Developing Students’ Ability of Mathematical Connection Through Using Outdoor Mathematics Learning. Infinity Journal, 6(1), 11. https://doi.org/10.22460/infinity.v6i1.234
Herdiansyah, D., & Kurniati, P. S. (2020). Pembangunan Sektor Pendidikan Sebagai Penunjang Indeks Pembangunan Manusia di Kota Bandung. Jurnal Agregasi : Aksi Reformasi Government Dalam Demokrasi, 8(1). https://doi.org/10.34010/agregasi.v8i1.2765
Istiqomah, A., Angin, L. M. P., Iyolanda, S., Anggina, S. B., & Yani, Z. P. (2022). Analisis Kompetensi Guru Dalam Menunjang Keberhasilan Dalam Proses Belajar Mengajar di SMP N 39 Medan. Jurnal Pendidikan Indonesia, 3(4), 417–429. https://doi.org/10.36418/japendi.v3i4.776
Lyons, E. J. (2015). Cultivating Engagement and Enjoyment in Exergames Using Feedback, Challenge, and Rewards. Games for Health Journal, 4(1), 12–18. https://doi.org/10.1089/g4h.2014.0072
Mahmood, A. (2012). Role of education in human development: A study of South Asian countries. Business Review, 7(2), 130–142. https://doi.org/10.54784/1990-6587.1210
Muvid, M. B., & Miftahuuddin, M. (2022). Pendidikan Islam dan Indeks Pembangunan Manusia (Telaah atas Kontribusi dan Peran Pendidikan Islam dalam Pengembangan IPM). AL-ISHLAH: JURNAL PENDIDIKAN ISLAM, 20(1), 31–46.
Poondej, C., & Lerdpornkulrat, T. (2016). The development of gamified learning activities to increase student engagement in learning. Australian Educational Computing, 31(2), 1–16.
Putri, N. L. K., & Tahir, H. (2014). Kompetensi Profesional Guru dalam Menyiapkan Konsep Materi Ajar PKn Pada SMP Negeri 30 Makassar. TOMALEBBI: Jurnal Pemikiran, Penelitian Hukum, Pendidikan Pancasila Dan Kewarganegaraan (PPKn), 1(2), 69–68.
Rasiman, R. (2012). Penelusuran Proses Berpikir Kritis dalam Menyelesaikan Masalah Matematika Bagi Siswa Dengan Kemampuan Matematika Tinggi. AKSIOMA : Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 3(1), 1–12. https://doi.org/10.26877/aks.v3i1/Maret.221
Sriyakul, T., Rodboonsong, S., & Jermsittiparsert, K. (2020). Improving Quality of Education: Role of Human Development, Public Spending on Education and Trained Teachers’ Availability. Journal of Security and Sustainability Issues, 9(4). https://doi.org/10.9770/jssi.2020.9.4(16)
Tang, S., Hanneghan, M., & El Rhalibi, A. (2009). Introduction to Games-Based Learning. In Games-Based Learning Advancements for Multi-Sensory Human Computer Interfaces (pp. 1–17). IGI Global. https://doi.org/10.4018/978-1-60566-360-9.ch001
Taylor, S., Ferguson, C., Peng, F., Schoeneich, M., & Picard, R. W. (2019). Use of In-Game Rewards to Motivate Daily Self-Report Compliance: Randomized Controlled Trial. Journal of Medical Internet Research, 21(1), e11683. https://doi.org/10.2196/11683
Utami, I. H., & Hasanah, A. (2019). Kompetensi Profesional Guru dalam Penerapan Pembelajaran Tematik di SD Negeri Maguwoharjo 1 Yogyakarta. PIONIR: JURNAL PENDIDIKAN, 8(2). https://doi.org/10.22373/pjp.v8i2.6232
Wardoyo, C., Satrio, Y. D., & Ratnasari, D. A. (2020). An analysis of teachers’ pedagogical and professional competencies in the 2013 Curriculum with the 2017-2018 revision in Accounting subject. Research and Evaluation in Education, 6(2), 142–149. https://doi.org/10.21831/reid.v6i2.35207
Yogiantoro, M., Komariah, D., & Irawan, I. (2019). Effects Of Education Funding In Increasing Human Development Index. JEJAK, 12(2), 482–497. https://doi.org/10.15294/jejak.v12i2.23391
Zakirova, R. R. (2016). The Structure of Primary School Teachers’ Professional Competence. International Journal of Environmental & Science Education, 11(6), 1167–1173. https://doi.org/10.12973/ijese.2016.386a
License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.