PENGEMBANGAN INSTRUMEN HASIL BELAJAR PSIKOMOTOR PADA MATERI SEL DI SMA YOS SUDARSO METRO TAHUN PELAJARAN 2017/2018

Rasuane Noor, Agus Sujarwanta, Dewi Pribadi

Abstract

Abstrak: Penilaian terhadap hasil belajar psikomotor peserta didik dibuat dengan memberikan nilai pada setiap butir kegiatan keterampilan yang dilakukan oleh peserta didik melalui serangkaian instrumen psikomotor nontes berupa lembar pengamatan. Instrumen yang dibuat harus memiliki nilai akuntabilitas dengan menggunakan validitas dan reliabilitas.Tujuan penelitian untuk mengetahui kelayakan hasil pengembangan instrumen psikomotor pada materi sel. Metode untuk penelitian ini adalah penelitian pengembangan dengan model pengembangan yang digunakan yaitu model Plomp yang terdiri dari 5 (lima) fase. (1) Fase investigasi awal (preliminary investigation), (2) Fase desain (Design), (3) Fase realisasi/konstruksi (realization/construction), (4) Fase tes, evaluasi dan revisi (test, evaluation, and revision), (5) Fase implementasi (implementation). Penelitian pengembangan ini dilakukan di SMA Yos Sudarso Metro kelas XI IPA pada Senin, 08 Januari 2018. Hasil penelitian instrumen hasil belajar psikomotor pada materi sel di SMA Yos Sudarso Metro dianalisis menggunakan aplikasi ANATES uraian versi 4.0.5 untuk menganalisis data uji coba kelompok kecil dapat disimpulkan bahwa hasil analisis data instrumen psikomotor yakni berupa analisis deskripsi signifikansi korelasi butir soal dengan skor total instrumen dari soal psikomotor.Hasil penelitian instrumen psikomotor menunjukkan nilai realibilitas tes 0,70 dengan interprestasi “tinggi”.

Kata kunci : Pengembangan instrumen, psikomotor, hasil belajar, materi sel

Abstract: Assessment of result learning psychomotor the student made with to give value on each item skills activities by student through series instrument psychomotor non test form observation sheet. Instrument created must to value accountability by using validity and reliability. The aims of this study to determine feasibility development of result instrument psychomotor on the cell material. This method of the study is research development with development model to use Plomp Model trough the stages of (1) Phase Preliminary Investigation, (2) Phase Design, (3) Phase Realization/ Construction, (4) Phase Test, Evaluation, and Revision, (5) Phase Implementation. This research and development done in high school Yos Sudarso Metro in the class XI IPA on Monday, 08 January 2018. Research result of instrument psychomotor learning on the cell material in high school Yos Sudarso Metro analyzed using the application ANATES description versi 4.0.5 for data analysis small group trials can be conclude that data analysis result instrument psychomotor of description analysis significance correlation item with total instrument score from psychomotor problem. Result of the study showed the value reliability 0,70 with the interpretation of “high”.

Keywords : Instrument development, psychomotor, result learning, cell material

 

Full Text:

PDF

References

Arikunto, S. (2013). Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan Edisi 2. Jakarta: Bumi Aksara.

Daryanto (2008). Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta.

Hamdayama, J. (2016). Metodologi Pengajaran. Jakarta: Bumi Aksara.

Haviz, M. (2013). Research and Development Penelitian dibidang Kependidikan yang Inovatif, Produktif, dan Bermakna. Ta’dib Juni 2013, 16 (1): 28-43. DOI: http://dx.doi.org/10.31958/jt.v16i1.235 http://ecampus.iainbatusangkar.ac.id/ojs/index.php/takdib/article/view/235

Mudjiono, D. (2009). Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.

Nasikhawati, A. (2015). Pengembangan Alat Evaluasi Biologi berdasarkan Karakteristik Kurikulum 2013. Skripsi tidak diterbitkan. Universitas Muhammadiyah Metro.

Permendikbud. (2013). No. 66 Tentang Standar Penilaian. (http://odisumantri.wordpress.com/2015/09/18).

Pidarta, M. (2005). Perencanaan Pendidikan Partisipasi dengan Pendekatan Sistem. Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Prasetya, T. I. (2012). Meningkatkan Keterampilan Menyusun Instrumen Hasil Belajar Berbasis Modul Interaktif bagi Guru-guru IPA SMP N Kota Magelang. Journal of Education Research and Evaluation, November 2012, 1 (2): 107-112. https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/jere/article/view/873

Sagala, S. (2013). Konsep dan Makna Pembelajaran. Bandung: Alfabeta.

Sudjana, N. (2011). Dasar-dasar Proses Belajar Mengajar. Bandung: Sinar Baru Algensindo.

Sugiyono (2011). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R & D. Bandung: Alfabeta.

Uno, H. B. (2008). Model Pembelajaran Menciptakan Proses Belajar Mengajar yang Kreatif dan Efektif. Jakarta: Bumi Aksara.

Yaumi, M. (2012). Pembelajaran Berbasis Multiple Intelligences. Jakarta: Dian Rakyat.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.