PENGARUH MODEL DISCOVERY LEARNING TERHADAP PENGUASAAN KONSEP FISIKA PESERTA DIDIK KELAS XI MAN 1 LOMBOK BARAT
Authors
Rosmiati Rosmiati , Hikmawati Hikmawati , Ahmad HarjonoDOI:
10.29303/jipp.v5i1.100Published:
2020-05-09Issue:
Vol. 5 No. 1 (2020): MeiArticles
Downloads
How to Cite
Abstract
Abstrak: Model discovery learning merupakan model yang disarankan pada implementasi Kurikulum 2013, namun masih banyak guru yang belum memiliki gambaran yang jelas dalam penggunaan model discovery learning. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model discovery learning terhadap penguasaan konsep fisika peserta didik kelas XI MAN 1 Lombok Barat. Jenis penelitian yang digunakan yaitu penelitan quasi eksperimen dengan desain penelitian yaitu post-test only control grup design. Populasi dari penelitian ini adalah seluruh peserta didik XI MIA MAN 1 Lombok Barat tahun pelajaran 2019/2020. Pengambilan sampel digunakan teknik cluster random sampling sehingga terpilih kelas XI MIA 1 berjumlah 29 orang sebagai kelas kontrol dan kelas XI MIA 2 berjumlah 30 orang sebagai kelas kontrol. Kelas kontrol diajarkan dengan pembelajaran konvesional sedangkan kelas eksperimen diajarkan dengan model discovery learning. Penguasaan konsep fisika peserta didik diukur menggunakan skor hasil belajar kognitif (C1 sampai C6). Instrumen yang digunakan berupa tes pilihan ganda sebanyak 25 butir soal. Data hasil yang diperoleh menunjukkan bahwa penguasaan konsep fisika peserta didik kelas kontrol dalam kategori cukup dengan nilai rerata 62.6 dan kelas eksperimen dalam kategori baik dengan nilai rerata 77.7. Hipotesis penelitian diuji menggunakan uji-t separated varians dengan taraf signifikan 5%. Analisis data menunjukkan bahwa nilai t_hitung yaitu 4.955 lebih besar dari t_tabel yaitu 1.700 yang artinya H0 ditolak dan Ha diterima, sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh model discovery learning terhadap penguasaan konsep fisika peserta didik kelas XI MAN 1 Lombok Barat.
Kata kunci: discovery learning, penguasaan konsep fisika
Abstract: Discovery learning model is a recommended model for the implementation of 2013 Curriculum, but there are still many teachers who do not have a clear picture in using the discovery learning model. This study aims to determine the effect of discovery learning models on the mastery of physics concepts in class XI MAN 1 West Lombok students. The type of research used is quasi-experimental research with research design that is post-test only control group design. The population of this study were all XI MIA MAN 1 West Lombok students in the 2019/2020 school year. Sampling was used cluster random sampling technique so that selected class XI MIA 1 amounted to 29 people as the control class and class XI MIA 2 totaled 30 people as the control class. The control class was taught using the conventional learning model while the experimental class was taught using the discovery learning model. Mastery of students' physics concepts is measured using scores of cognitive learning outcomes (C1 to C6). The instrument used was a multiple choice test of 25 items. The result data obtained showed that the mastery of the physics concepts of the control class students was in the sufficient category with an average value of 62.6 and the experimental class in the good category with a mean value of 77.7. The research hypothesis was tested using a t-test separated variance with a significance level of 5%. Data analysis shows that the value of tcount is 4.955 which is greater than ttable which is 1.700 which means that H0 is rejected and Ha is accepted, so it can be concluded that there is an influence of discovery learning model on the mastery of physics concepts in class XI MAN 1 Lombok Barat in 2019/2020.
Keywords: discovery learning, mastery of physics concepts
References
Afifi, E. H. N., Wartono. & Diantoro, M. (2016). Pengaruh Penggunaan Think Aloud Protocol Berdasarkan Model Discovery Learning Terhadap Penguasaan Konsep Fisika Peserta didik Kelas X Man 2 Kota Probolinggo. Semina Nasional Pendidikan. 1(1), 137-177. http://jurnal.unej.ac.id/index.php/JPF/article/view/3586/0
Anderson, L. W. & Krathwohl, D. R. (2010). Kerangka Landasan untuk Pembelajaran, Pengajaran dan Asesmen (Revisi Taksonommi Pendidikan Bloom). Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Arikunto, S. (2009). Manajemen Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta.
Arikunto, S. (2012). Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik. Edisi Revisi VI. Jakarta: Rineka Cipta.
Dahar, R. W. (2011). Teori-Teori Belajar & Pembelajaran. Jakarta: Erlangga.
Hasibuan, M. S. P. (2007). Manajemn Sumber Daya Manusia. Jakarta: Bumi Aksara.
Ishak, M., Jekti, D. S. D. & Sridana, N. (2017). Pengaruh Penerapan Pendekatan Saintifik Menggunakan Model Pembelajaran Discovery Dan Kooperatif Tipe STAD Terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Peserta Didik Sdn 13 Ampenan. Jurnal Pijar MIPA. 21(1): 5-10. http://www.jurnalfkip.unram.ac.id/index.php/JPM/article/view/326 DOI: http://dx.doi.org/10.29303/jpm.v12i1.326
Lestari, P., Gunawan & Kosim (2019). Model Pembelajaran Discovery dengan Pendekatan Konflik Kognitif Berorientasi pada Kemanpuan Berpikir Kritis Peserta Didik. Jurnal Pendidikan Fisika dan Teknologi. 5(1):118-123. https://jurnalfkip.unram.ac.id/index.php/JPFT/article/view/1161 DOI: http://dx.doi.org/10.29303/jpft.v5i1.1161
Putri, R. H., Lesmono, A. D. & Aristya, P. D. (2017). Pengaruh Model Discovery Learning Terhadap Motivasi Belajar dan Hasil Belajar Fisika Siswa MAN Bondowoso. Jurnal Pembelajaran Fisika. 6(2), 173-180. https://jurnal.unej.ac.id/index.php/JPF/article/view/5017 DOI: https://doi.org/10.19184/jpf.v6i2.5017
Roestiyah, N. K. (2008). Strategi Belajar Mengajar: Salah Satu Unsur Pelaksanaan Strategi Belajar Mengajar: Teknik Penyajian. Jakarta: Rineka Cipta.
Rusman (2016). Model-model Pembelajaran: Mengembangkan Profesionalisme Guru Edisi Kedua. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.
Sani, R. A. (2014). Pembelajaran Saintifik untuk Implementasi Kurikulum 2013. Jakarta: Bumi Aksara.
Sari, P. I., Gunawan & Harjono, A. (2016). Penggunaan Discovery Learning Berbantuan Laboratorium Virtual pada Penguasaan Konsep Fisika Peserta didik. Jurnal Pendidikan Fisika dan Teknologi. 2(4), 176-182. http://jurnalfkip.unram.ac.id/index.php/JPFT/article/view/310 DOI: http://dx.doi.org/10.29303/jpft.v2i4.310
Setyosari, P. (2016). Metode Penelitian Pendidikan dan Pengembangan. Jakarta: Prenadamedia Group.
Shoimin, A. (2014). 68 Model Pembelajaran Inovatif Dalam Kurikulum 2013. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.
Sugiyono (2010). Statistik untuk Penelitian. Bandung: Alfabeta.
Turrahmah, M., Susilawati & Makhrus, M. (2019). Pengaruh Model Discovery Learning Berbantuan Alat Praktikum Usaha Dan Energi Terhadap Penguasaan Konsep Fisika Peserta Didik. Jurnal Pijar MIPA. 14(3): 118-122. http://jurnalfkip.unram.ac.id/index.php/JPM/article/view/1329 DOI: http://dx.doi.org/10.29303/jpm.v14i3.1329