Pengaruh Implementasi E-learning Berbasis Quizizz terhadap Hasil Belajar PPKn
Authors
Susi Astika , Edy Herianto , Sawaludin Sawaludin , Lalu SumardiDOI:
10.29303/jipp.v8i1.1114Published:
2023-02-01Issue:
Vol. 8 No. 1 (2023): FebruariKeywords:
E-learning, Hasil Belajar, Quizizz.Articles
Downloads
How to Cite
Abstract
Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui: Apakah terdapat akibat dari implementasi e-learning berbasis quizizz terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran PPKn di SMAN 1 Sambelia. Pendekatan yang diaplikasikan adalah kuantitatif yang jenisnya quasi eksperimen dengan desain time series desain. Populasinya adalah seluruh siswa kelas XI di SMAN 1 Sambelia yang terdiri dari 4 kelas dan sampel yang diambil 1 kelas yang telah memenuhi kriteria yang telah ditentukan yaitu kelas XI MIPA (I), dengan teknik purposive sampling. Data diolah menggunakan tes. Teknik tes yang digunakan yaitu pre-test dan post-test. Analisis data menggunakan uji prasarat yaitu uji normalitas (Kolmogorov-Smirnov) dan uji homogenitas (leven’s statistic), dan uji hipotesis yang menggunakan uji-t (one sample t-test). Pelaksanaan pembelajaran dilakukan sebanyak empat (4) kali pertemuan. Terdapat adanya pengaruh implementasi e-learning berbasis quizizz terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran PPKn. Dibuktikan dengan diproleh sig. (2-tailed) ≤ 0.05 = (0.000 ≤ 0.05)
References
Abraham, I., & Supriyati, Y. (2022). Desain Kuasi Eksperimen dalam Pendidikan: Literatur Review. Ilmiah Mandala Education (JIME), 8(3), 2442–9511.
Aghni, R. I. (2018). Fungsi dan Jenis Media Pembelajaran Dalam Pembelajaran Akuntansi. Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia, 16(1).
Ananto, P. (2018). Implementasi Pembelajaran Pendidikan Pancasila Pada Kurikulum 2013 Melalui pendekatan Pendidikan Kecakapan Hidup.
Fadjarajani, S., Rosali, E. S., Patimah, S., Liriwati, F. Y., Nasrullah, Sriekaningsih, A., Daengs, A., Pinem, R. J., Harini, H., Sudirman, A., Ramlan, Falimu, Safriadi, Nurdiyani, N., Lamangida, T., Butarbutar, M., Wati, N. M. N., Rahmat, A., Citriadin, Y., … & Nugraha, M. S. (2020). Metodologi Penelitian Pendekatan Multidisipliner. In A. Rahmat (Ed.), Metodologi Penelitian Pendekatan Multidisipliner (1st ed.). Ideas Publishing.
Ferdiansyah;, Ambiyar;, Zagoto, M. M., & Putra, I. E. D. P. (2020). Pemanfaatan Media Pembelajaran Berbasis E Learning dalam Meningkatkan Hasil Belajar pada Matakuliah Media Pembelajaran Musik. Jurnal Pendidikan, Bahasa Dan Seni, 21(1), 1–11.
Fikri, H., & Madona, A. S. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Multimedia Interaktif (Hendrizal, Ed.; 1st ed., Issue December). Penerbit Samudra Biru.
Firmadani, F. (2020). Media Pembelajaran Berbasis Teknologi Sebagai Inovasi Pembelajaran Era Revolusi Industri 4.0. Prosiding Konferensi Pendidikan Nasional, 2(1), 93–97.
Herianto, E. (2013). E-Learning, Implementasi Teknologi di Era Belajar: Kajian Pada Mata Kuliah Kurikulum PKN Di Jurusan PIPS FKIP Universitas Mataram. Pendidikan Dan Pembelajaran Universitas Negeri Malang, 20(1), 1–8.
Herianto, E., Alqadri, B., M, Zubair., Ismiati, & Y. Herly (2022). Pelaksanaan Pembelajaran E-Learning Berbasis Web Pada Mata Pelajaran PPKn Di SMK Negeri 3 Mataram. Studi Keislaman dan Ilmu Pendidikan, 10(2) : 293.
Herianto, E., Fauzan, A., Ismail, M., & Furqan, I. (2022). Pengaruh Pengajaran Bauran Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran PPKn Di SMPN 8 Mataram. Studi Keislaman dan Ilmu Pendidikan, 10(2) : 218
Herianto, E., Ismail, M., Dahlan., Mustari, M., & Sawaludin. (2022). Pengembangan Model Pembelajaran Portofolio Berbasis HOTS Di Sekolah Menengah Pertama. Jurnal Masyarakat Mandiri, 6(5) : 3427
Hilir, A. (2021a). pengembangan teknologi pendidikan. In hamda kharisma Putra (Ed.), Clinical Nephrology (1st ed., Vol. 17, Issue 4). penerbit lakeisha.
Hilir, A. (2021b). Teknologi pendidikan di abad digital (S. Subiyantoro, Ed.; 1st ed.). penerbit lakeisha.
Isnawan, M. G. (2020). KUASI-EKSPERIMEN (Sudirman, Ed.; 1st ed., Issue January). Nashir Al-Kutub Indonesia.
Jayanegara, I. N., & Setiawan, I. N. A. Fajaraditya. (2020). Kapita Selekta Citraleka Desain 2020 (I. N. Jayanegara & I. N. A. Fajaraditya. Setiawan, Eds.; 1st ed.). LIPI Press.
Maswan, & Muslimin, K. (2017). Teknologi Pendidikan. In Pustaka Pelajar (pp. 10–27). Pustaka Pelajar.
Nurrita, T. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. MISYKAT: Jurnal Ilmu-Ilmu Al-Quran, Hadist, Syari’ah Dan Tarbiyah, 3(1), 171.
Prasistayanti, N. wayan N., Santyasa, I. wayan, & Warpala, I. wayan sukra. (2019). Pengaruh Desain E-Learning Terhadap hasil belajar dan keterampilan berfikir kreatif siswa dalam mata pelajaran pemrograman pada siswa smk. Jurnal Teknologi Pendidikan, 07(02), 138–155.
Purwanto (2016). Evaluasi Hasil Belajar. Pustaka Pelajar.
Riyani, R., Maizora, S., & Hanifah (2017). Uji Validitas Pengembangan Tes untuk Mengukur Kemampuan Pemahaman Rasional Pada Materi Persamaan Kuadrat Siswa Kelas VIII SMP. In Jurnal Penelitian Pembelajaran Matematika Sekolah (JP2MS) (Vol. 1, Issue 1).
Sawaludin (2016). Pendidikan Kewarganegaraan Sebagai Sarana Pembinaan Nasionalisme Pada Masyarakat Multikultural. Ilmiah Mandala Education (JME), 2(1).
Siyoto, S., & Sodik, A. (2015). Dasar Metodologi Penelitian. In Ayup (Ed.), literasi media publishing (1st ed., Vol. 1999, Issue December). Literasi Media Publishing.
Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif (p. 193). Alfabeta.
Tafonao, T. (2018). Peranan Media Pembelajaran Dalam Meningkatkan Minat Belajar Mahasiswa. Jurnal Komunikasi Pendidikan, 2(2), 103.
Winarni, D. S., Naimah, J., & Widiyawati, Y. (2020). Pengembangan Game Edukasi Science Adventure Untuk Meningkatkan Keterampilan pemecahan Masalah Siswa. Jurnal Pendidikan Sains Indonesia, 7(2), 91–100.
Yuniastuti, Miftakhuddin, & Khoiron, M. (2021). Media pembelajaran untuk generasi milenial. In Yuniastuti, Miftakhuddin, & M. Khoiron (Eds.), Laboratorium Penelitian dan Pengembangan FARMAKA TROPIS Fakultas Farmasi Universitas Mualawarman, Samarinda, Kalimantan Timur (1st ed., Issue April). scopindo media pustaka.
License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.