Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis dalam Menyelesaikan Soal Cerita Ditinjau dari Kemampuan Berpikir Kritis Siswa
Authors
Alvi Suciarti Rizqiani , Nyoman Sridana , Junaidi Junaidi , Nani KurniatiDOI:
10.29303/jipp.v8i1.1138Published:
2023-02-07Issue:
Vol. 8 No. 1 (2023): FebruariKeywords:
Kemampuan Berpikir Kritis, Kemampuan Pemecahan Masalah, Soal Cerita.Articles
Downloads
How to Cite
Abstract
Kemampuan pemecahan masalah matematis adalah kemampuan yang sangat penting dalam proses pembelajaran matematika, dalam memecahkan suatu masalah diperlukan proses terorganisasi salah satunya yaitu kemampuan berpikir kritis. Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan kemampuan pemecahan masalah matematis dalam menyelesaikan soal cerita siswa ditinjau dari kemampuan berpikir kritis. Jenis penelitian ini adalah desktiptif kualitatif. Dimana instrumen yang digunakan adalah tes tulis berupa tiga butir soal materi Sistem Persamaan Linear Dua Variabel. Berdasarkan hasil hasil tes tertulis kemampuan berpikir kritis siswa dengan kategori tinggi, sedang, dan rendah berturut-turut adalah 8, 6, 18 siswa. Kemudian dipilih 2 siswa pada tiap kategori untuk mengerjakan soal tes kemampuan pemecahan masalah dan wawancara. Siswa dengan kemampuan berpikir kritis tinggi memperoleh kemampuan pemecahan masalah sebanyak 45,75%, siswa dengan kemampuan berpikir kritis sedang memperoleh kemampuan pemecahan masalah sebanyak 34,35%, siswa dengan kemampuan berpikir kritis rendah memperoleh kemampuan pemecahan masalah sebesar 18,75%. Dimana dapat disimpulkan bahwa siswa kelas VIII C SMP Negeri 13 Mataram yang memiliki kemampuan berpikir kritis tinggi sangat baik dalam memahami masalah dan merencanakan penyelesaian dan baik dalam tahap melaksanakan rencana penyelesaian dan memeriksa kembali. Siswa dengan kemampuan berpikir kritis sedang baik dalam memahami masalah dan merencanakan penyelesaian, dan cukup dalam melaksanakan rencana penyelesaian dan memeriksa kembali. Sedangkan untuk siswa dengan kemampuan berpikir kritis rendah cukup dalam memahami masalah sedangkan masih kurang dalam merencanakan penyelesaian, melaksanakan rencana penyelesaian, dan sangat kurang pada tahap memeriksa kembali.
References
Arikunto, S. (2010). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.
Asrori, & Rusman. 2020. Classroom Action Research Pengembangan Kompetensi Guru.Purwokerto: CV. Pena Persada.
Astutiani, R., Isnarto, & Hidayah, I. (2019). Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika dalam Menyelesaikan Soal Cerita Berdasarkan Langkah Polya. SEMINAR NASIONAL PASCASARJANA UNNES. 297-303.
Inastuti, I.A.A, Subarinah, S., Kurniawan, E., & Amrullah (2020). Analisis kemampuan pemecahan masalah pola bilangan ditinjau dari gaya belajar. Griya Journal of Mathematics Education and Application, 1(1), 66-80.
Indah, N., Prayitno, S., Amrullah, & Baidowi. (2021). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika pada Materi Pola Bilangan ditinjau Dari Gara Kognitif Reflektif-impulsif. Griya Jurnal of Mathematica Education and Application 1(2):106-114.
Mawardi, K., Arjudin, Turmuzi, M., & Azmi, S. (2022). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika pada Siswa SMP dalam Menyelesaikan Soal Cerita Ditinjau dari Tahapan Polya. Griya Journal of Mathematics Education and Application. 2(4): 1031-1048.
National Council of Teacher of Mathemathics (NCTM), (2000). Princples and Standars for School Mathematics. Reston, VA:NCTM.
Neolaka, A. (2019). Isu-Isu Kritis Pendidikan. Jakarta: Prenadamedia Grup.
Nugrahani, F. (2014). Metode Penelitian Kualitatif dalam Penelitian Pendidikan Bahasa. Solo: Cakra Books.
Perkins, C., & Murphy, E. (2006). Indentyfying And Measuring Individual Engangement In Critical Thingking In Online Discussion: An Exploratory Study. Educational techbology & society. 9 (1) : 298-307.
Ramdani, R.R., Sridana, N., Baidowi., & Hayati, L. (2021). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika ditinjau Dari Tingkat Self-confidance Peserta Didik Kelas VIII. Griya Journal of Mathematics Education and Application. 1(2): 212-223.
Siangian, M. D. (2016). Kemampuan Koneksi Matematik dalam Pembelejaran Matematika. Journal Of Matematics Education and Science. 2(1): 60-61.
Sugiyono (2013). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Turmuzi, M. (2016). Evaluasi Proses dan Hasil Belajar Matematika. Mataram: Unram Press.
Ziarati, I., Hayati, L., Salsabila, N. H., & Turmuzi, M. (2022). Deskripsi Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Dalam Pemecahan Masalah Bentuk Aljabar Di Kelas VII Mts Al-Aziziyah Putra Tahun Ajaran 2021/2022. Griya Journal of Mathematics Education and Application 2(4): 1099-1116.
License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.