Efektivitas Model Blended Learning dan Kemandirian Belajar Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa
Authors
Fitria Fitria , Sukardi Sukardi , Nurlaili HandayaniDOI:
10.29303/jipp.v8i1.1159Published:
2023-01-31Issue:
Vol. 8 No. 1 (2023): FebruariKeywords:
berpikir kritis, blended learning, kemandirian belajar.Articles
Downloads
How to Cite
Abstract
Rendahnya kemampuan berfikir kritis masih permasalahan pembelajaran, sehingga diperlukan model intervensi yang tepat. Salah satunya adalah Blended Learning, sehingga tujuan kajian ini adalah untuk mengetahui secara langsung keefektifan model blended learning terhadap berpikir kritis maupun melalui interaksi dengan kemandirian belajar. Penelitian ini merupakan pendekatan kuantitatif untuk jenis penelitian eksperimen dengan bentuk quasi eksperimen. Rancangan penelitian yang digunakan yaitu nonequivalent control group design dan populasi dalam penelitian yaitu menggunakan dua kelas secara simple random sampling. Instrumen pengumpulan data melalui angket kemandirian belajar dan tes kemampuan berpikir kritis yang telah memenuhi uji validitas dan reabilitas. Pengujian hipotesis dan seluruh data hasil penelitian dianalisis secara uji komparatif. Hasil kajian menyatakan terdapat pengaruh model blended learning terhadap kemampuan berpikir kritis, terdapat pengaruh model blended learning terhadap kemandirian belajar, terdapat pengaruh interaksi model dan kemandirian belajar terhadap kemampuan berpikir kritis. Implikasi teoritis bahwa temuan ini mengkonfirmasi penguatan teori yang menjadi basis model pembelajaran blended learning dan memperluas hasil kajian.
References
Adekantari, P. Su’ud, & Sukardi (2020). The influence of instagram-assisted project based learning model on critical thinking skills. Journal of Educational and Social Research, 10(6), 315-315. https://doi.org/10.36941/jesr-2020-0129
Adnyani, I. W., Pujani, N. M., & Juniartina, P. P. (2018). Pengaruh Model Learning Cycle 7E Terhadap Keterampilan Berpikir Kritis Siswa. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Sains Indonesia (JPPSI), 1(2), 56-67. https://doi.org/10.23887/jppsi.v1i2.17172
Alfi, C., Sumarmi, S., & Amirudin, A. (2016). Pengaruh pembelajaran geografi berbasis masalah de1ngan blended learning terhadap kemampuan berpikir kritis siswa SMA. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan, 1(4), 597-602. http://dx.doi.org/10.17977/jp.v1i4.6203
Anggraeni, A., Supriana, E., & Hidayat, A. (2019). Pengaruh Blended Learning terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa SMA pada Materi Suhu dan Kalor. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan, 4(6), 758-763. http://dx.doi.org/10.17977/jptpp.v4i6.12505
Ansori, Y., & Herdiman, I. (2019). Pengaruh kemandirian belajar terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis siswa SMP. Journal of Medives: Journal of Mathematics Education IKIP Veteran Semarang, 3(1), 11-19. https://doi.org/10.31331/medivesveteran.v3i1.646
Antasari, N. K., Sukardi, S., & Rispawati, R. (2018). Pengaruh Medel Pembelajaran Kooperatif Tipe Cooperative Script Berbantuan LKPD Terhadap Hasil Belajar Kognitif Siswa. Jurnal Pendidikan Sosial Keberagaman, 5(1). https://doi.org/10.29303/juridiksiam.v5i1.70
Astikawati, N. W., Tegeh, I. M., & Warpala, I. W. S. (2020). Pengaruh Model Problem Based Learning (PBL) Terhadap Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi IPA Terpadu dan Kemandirian Belajar Siswa. Jurnal Teknologi Pembelajaran Indonesia, 10(2), 76-85. https://doi.org/10.23887/jtpi.v10i2.3351
Astuti, A., Oktaviana, D., & Firdaus, M. (2022). Pengaruh media pembelajaran quizizz terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis dan kemandirian belajar pada siswa SMP. Media Pendidikan Matematika, 10(1), 1-12. https://doi.org/10.33394/mpm.v10i1.5039
Astuti, F. S., Bintang, T. B., Utami, R. V., & Akbar, P. (2020). Pengaruh Kemandirian Belajar Matematik Siswa Terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Siswa SMP. Journal On Education, 2(3), 297-305. https://doi.org/10.31004/joe.v2i3.434
Bungsu, T. K., Vilardi, M., Akbar, P., & Bernard, M. (2019). Pengaruh Kemandirian Belajar Terhadap Hasil Belajar Matematika Di Smkn 1 Cihampelas. Journal on Education, 1(2), 382-389. https://doi.org/10.31004/joe.v1i2.78
Cahya, I. M., Effendi, K. N. S., & Roesdiana, L. (2021). Pengaruh Kemandirian Belajar terhadap Kemampuan Penalaran Matematis Siswa SMP. ANARGYA: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 4(1), 62-70. https://doi.org/10.24176/anargya.v4i1.6080
Darma, I. K., Karma, I. G. M., & Santiana, I. M. A. (2020). Blended Learning, Inovasi Strategi Pembelajaran Matematika di Era Revolusi Industri 4.0 Bagi Pendidikan Tinggi. In PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika (Vol. 3, pp. 527-539). https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/prisma/article/view/37580
Dores, S. P., Jiran, O., Wibowo, D. C., & Susanti, S. (2020). Analisis kemampuan berpikir kritis siswa pada mata pelajaran matematika. J-PiMat, 2(2), 242-254. https://doi.org/10.31932/j-pimat.v2i2.889
Ellyandhani, L. A. (2020). Pengaruh model Blended Learning berbantu google classroom terhadap kemampuan berpikir kreatif dan kemandirian belajar peserta didik kelas xi mata pelajaran biologi di Sma Al-Azhar 3 bandar lampung (Doctoral dissertation, UIN Raden Intan Lampung).
Habibah, F. N., Setiadi, D., Bahri, S., & Jamaluddin, J. (2022). Pengaruh Model Problem Based Learning berbasis Blended Learning terhadap Keterampilan Berpikir Kritis Peserta Didik Kelas XI di SMAN 2 Mataram. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 7(2b), 686-692. https://doi.org/10.29303/jipp.v7i2b.603
Hafifa, S. N., Nurfitriyanti, M., & Nursa’adah, F. P. (2021). Pengaruh Kemandirian Belajar Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Di Masa Pandemi Covid 19. Diskusi Panel Nasional Pendidikan Matematika, 7(1). http://proceeding.unindra.ac.id/index.php/DPNPMunindra/article/view/5518
Haka, N. B., Anggita, L., Anggoro, B. S., & Hamid, A. (2020). Pengaruh Blended Learning Berbantukan Google Classroom terhadap Keterampilan Berpikir Kreatif dan Kemandirian Belajar Peserta Didik. Edu Sains: Jurnal Pendidikan Sains dan Matematika, 8(1), 1-12. https://doi.org/10.23971/eds.v8i1.1806
Huda, M. N., Mulyono, M., & Rosyida, I. (2020). Pengaruh Kemandirian Belajar Terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Pada Pembelajaran Creative Problem Solving Berbantuan Mobile Learning. Jurnal Ilmiah Pendidikan TRISALA, 1(16), 45-59.
Indriani, D. (2019). Pengaruh Model Blended Learning Terhadap Motivasi dan Prestasi Belajar Siswa Sekolah Dasar.
Istinggofaroh, N. (2021). Pengaruh Kemandirian Dalam Mengerjakan Tugas Dan Keaktifan Terhadap Hasil Belajar Siswa di SMAN 1 Batang Cenaku. PEKA, 9(1).
Izzati, M., & Kuswanto, H. (2019). Pengaruh model pembelajaran blanded learning berbantuan kahoot terhadap motivasi dan kemandirian siswa. EDUMATIC: Jurnal Pendidikan Informatika, 3(2), 68-75. https://doi.org/10.29408/edumatic.v3i2.1656
Kirti, I. G. A. S., Sukardi, S., & Ismail, I. (2018). Pengaruh Penerapan Discovery Learning Berbantuan Media Slide Program Macromedia Flash Terhadap Hasil Belajar PPKn. Jurnal Pendidikan Sosial Keberagaman, 5(2). https://doi.org/10.29303/juridiksiam.v5i2.60
Luthfiandari, A. (2021). Pengaruh Model Pembelajaran Blended Learning Menggunakan Google Clasroom Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Materi Kaidah Pencacahan Kelas XI TKJ SMK Negeri 1 Badegan Ponorogo.
Maria, A., & Fauziah, N. M. (2022). Pengaruh Model Pembelajaran Blended Learning Terhadap Prestasi Belajar Siswa Pada Materi Akidah Akhlak Kelas XI MIA 3 Di MAN 2 Garut. Jurnal MASAGI, 1(1), 147-156. https://journal.stai-musaddadiyah.ac.id/index.php/jm/article/view/181
Muncarno, M., & Astuti, N. (2021). Pengaruh Model Pembelajaran Blended Learning Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Matematika Sekolah Dasar. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 10(4), 2784-2790. http://dx.doi.org/10.24127/ajpm.v10i4.4346
Nasution, N., Jalinus, N., & Syahril, S. (2019). Buku Model Blended Laerning. Riau: Anugrah Jaya.
Ningsih, S. C., & Sunanti, T. (2021). Pengaruh Blended Learning Sebagai Iovasi Pembelajaran Selama Masa Pendemi Covid-19 terhadap Kemandirian Belajar Mahasiswa. JMPM: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika, 6(2), 102-112. https://doi.org/10.26594/jmpm.v6i2.2232
Ningsih, W. S. A., Suana, W., & Maharta, N. (2018). Pengaruh Penerapan Blended Learning Berbasis Schoology terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa. Konstan-Jurnal Fisika Dan Pendidikan Fisika, 3(2), 85-93. https://doi.org/10.20414/konstan.v3i2.16
Nugraha, D. G. A. P., Astawa, I. W. P., & Ardana, I. M. (2019). Pengaruh model pembelajaran blended learning terhadap pemahaman konsep dan kelancaran prosedur matematis. Jurnal Riset Pendidikan Matematika, 6(1), 75-86. https://doi.org/10.21831/jrpm.v6i1.20074
Pratama, N. N. A. I., Sukardi, S., & Ismail, I. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran ARIAS (Assurance Relevance, Interest, Assessment, dan Satisfaction terhadap Motivasi Berprestasi dan Hasil Belajar PPKn. Jurnal Pendidikan Sosial Keberagaman, 5(2). https://doi.org/10.29303/juridiksiam.v5i2.66
Pratiwi, I. (2022). Analisis Penguunaan Media Animasi untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa. In Seminar Nasional Pendidikan Sultan Agung, 3(1).
Putri, F. U. (2022). Pengaruh Model Pembelajaran Blended Learning Berbantuan Media Schoology Terhadap Peningkatan Kemampuan Berpikir Kritis Dan Pemecahan Masalah Matematis (Doctoral dissertation, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI RADEN INTAN LAMPUNG).
Purwaningsih, A. Y., & Herwin, H. (2020). Pengaruh regulasi diri dan kedisiplinan terhadap kemandirian belajar siswa di sekolah dasar. Jurnal Penelitian Ilmu Pendidikan, 13(1), 22-30. https://doi.org/10.21831/jpipfip.v13i1.29662
Radiah, R. (2022). Pengaruh Pembelajaran Blended Learning Model Flipped Classroom Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa SMA dalam Belajar Biologi. Jurnal Evaluasi Pendidikan, 13(1), 14-18. https://doi.org/10.21009/jep.v13i1.23930
Ramadhani, D., & Fadilla, N. (2022, May). Pengaruh Penggunaan Edmodo Pada Pembelajaran IPA Terhadap Kemandirian Dan Hasil Belajar Siswa SMP. In Prosiding Seminar Nasional Inovasi Pendidikan.
Rosyida, S., Ismail, M., & Sukardi, S. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Circuit Learning (CL) Berbantuan Media Kartu Soal Terhadap Hasil Belajar PKn. Jurnal Pendidikan Sosial Keberagaman, 5(2). https://doi.org/10.29303/juridiksiam.v5i2.59
Sancita, I. P., Sudiarta, D. P. I. G. P., & Suweken, D. G. (2017). Studi Kuantitatif dan Kualitatif Tentang Pengaruh Blended Learning Berbasis Video Pembelajaran Terhadap Prestasi Belajar Matematika Ditinjau Dari Kemandirian Belajar Siswa Kelas VIII SMP Negeri 1 Denpasar. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Matematika Indonesia, 6(1). https://doi.org/10.23887/jppm.v6i1.2260
Sari, S. P., Mapuah, S., & Sunaryo, I. (2021). Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam Berbasis Etnosains untuk Mengembangkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Sekolah Dasar. EduBase: Journal of Basic Education, 2(1), 9-18. https://doi.org/10.47453/edubase.v2i1.284
Siagian, H., Pangaribuan, J. J., & Silaban, P. J. (2020). Pengaruh kemandirian belajar terhadap hasil belajar Matematika siswa di sekolah dasar. Jurnal Basicedu, 4(4), 1363-1369. https://doi.org/10.31004/basicedu.v4i4.528
Sugiyono. (2016) Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif,Kualitatif, dan R&D. Bandung : Alfabeta.
Sulistiani, E., & Masrukan, M. (2017). Pentingnya berpikir kritis dalam pembelajaran matematika untuk menghadapi tantangan MEA. In PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika (pp. 605-612). https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/prisma/article/view/21554
Supriyantoko, I., & Sastrawijaya, Y. (2022). Pengaruh Model Pembelajaran Dan Kemandirian Belajar Terhadap Hasil Belajar Administrasi Sistem Jaringan Siswa SMKN 7 Jakarta. Journal of Vocational and Technical Education (JVTE), 4(1), 8-17. https://doi.org/10.26740/jvte.v4n1.p8-17
Surdinata, M., Sukardi, S., & Rispawati, R. (2018). Pengaruh Model Problem Solving dan Problem Posing Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis dan Hasil Belajar PPKn. Jurnal Pendidikan Sosial Keberagaman, 5(2). https://doi.org/10.29303/juridiksiam.v5i2.54
Susilowati, E., & Dewantara, D. (2021). Pengaruh blended learning terhadap keterampilan berpikir kritis dan ketrampilan berpikir kreatif. In Prosiding Seminar Nasional Lingkungan Lahan Basah (Vol. 6, No. 1).
Susmariani, N. K., Widana, I. W., & Adi, I. N. R. (2022). Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Berbasis Blended Learning Dan Kemandirian Belajar Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah Pendidikan Citra Bakti, 9(1), 230-239. https://jurnalilmiahcitrabakti.ac.id/jil/index.php/jil/article/view/688
Taufik, A., & Harjanty, R. (2021). Pengaruh Kemandirian Dan Gaya Belajar Siswa Terhadap Keaktifan Belajar Siswa Pada Pelajaran Matematika. NUSRA: Jurnal Penelitian dan Ilmu Pendidikan, 67-72. https://doi.org/10.55681/nusra.v2i1.68
Tsaniyah, S. F., Ayu, H. D., & Pratiwi, H. Y. (2019). Pengaruh metode blended learning menggunakan schoology terhadap prestasi belajar ditinjau dari kemandirian belajar siswa. RAINSTEK: Jurnal Terapan Sains & Teknologi, 1(1), 71-77. https://doi.org/10.21067/jtst.v1i1.3236
Tsanaiyah, W. D. (2022). Penerapan model pembelajaran learning cycle 5E berbasis lesson study untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa kelas XI IPS MA Al-Mawaddah 2 Blitar. SKRIPSI Mahasiswa UM.
Utaminingtyas, S., & Evitasari, A. D. (2022). Pendampingan Belajar Blended Learning dengan Model Flipped Classroom Dimasa Pandemi Untuk Siswa Sekolah Dasar. DEDIKASI: Community Service Reports, 4(1). https://doi.org/10.20961/dedikasi.v4i1.55632
Wati, L., Taufik, M., Kosim, K., & Rokhmat, J. (2022). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Berbasis Masalah Berbantuan Multimedia untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Peserta Didik. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 7(3), 1032-1042. https://doi.org/10.29303/jipp.v7i3.704
Wijaya, I. M. K., Suweken, G., & Mertasari, N. M. S. (2017). Pengaruh penerapan model pembelajaran blended learning terhadap motivasi berprestasi dan prestasi belajar matematika siswa SMA Negeri 1 Singaraja. Wahana Matematika dan Sains: Jurnal Matematika, Sains, dan Pembelajarannya, 10(2), 36-47. https://doi.org/10.23887/wms.v10i2.12662
Zulvikor, R. (2021). Pengaruh Pembelajaran Blended Learning Terhadap Higher Order Thinking Skills (HOTS) Dan Kemandirian Siswa (Doctoral dissertation, Universitas Pendidikan Indonesia).
License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.