Model Problem Based Learning Berbantuan Booklet Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Biologi Kelas X MA Darul Ihsan Lelong
Authors
Mazlin Mazlin , Agil Al Idrus , Mohammad Liwa Ilhamdi , A. Wahab JufriDOI:
10.29303/jipp.v8i3.1564Published:
2023-08-30Issue:
Vol. 8 No. 3 (2023): AgustusKeywords:
Booklet, Hasil Belajar, Model Problem Based Learning.Articles
Downloads
How to Cite
References
Apriyeni, Olda (2021). Urgensi Pengembangan Booklet Tentang Materi Bakteri Untuk Siswa Kelas X SMA. Jurnal Of Biology Education. 4(1). 24-29.
Arikunto, Suharsimi (2013). Manajemen Penelitian. Jakarta : PT Rineka Cipta
Azizah, Nurul & Alberida Heffi (2021). Seperti Apa Permasalahan Pembelajaran Biologi Pada Siswa SMA. Journal For Lesson and Learning Studies. 4(3), 388-395.
Daryanto (2010). MediaPembelajaran. Yogyakarta : Gava Media
Djollong, F.A., (2014).Tekhnik Pelaksanaan Penelitian Kuantitaif. Jurnal Istiqra. 2(1), 86-100
Fauziyah, Zam Zam (2017). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Booklet Pada Mata Pelajaran Biologi Untuk Siswa Kelas XI MIA I Madrasah Aliyah Alauddin Pao-Pao dan MAN 1 Makassar. Jurusan Pendidikan Biologi. Fakultas Tarbiyah Dan Keguruan UIN Alauddin Makassar.
Ghozali, Imam (2012). Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program IBM SPSS. Yogyakarta : Universitas Diponegoro.
Herdani, T.P., Sartono, N., & Evriyani, D. (2015). Pengembangan Permainan Monopoli Termodifikasi Sebagai Media Pembelajaran Pada Materi Sistem Hormon (Penelitian dan Pengembangan Di SMAN 1 Jakarta). Jurnal Biosfer, 8(1), 20-28.
Hermansyah, Heru (2020). Perbedaan Hasil Belajar Menggunakan Model Problem Based Learning dengan Model Pembelajaran Solving di SMPN 3 Labuapi Tahun Pelajaran 2019/2020. Jurusan Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Mataram.
Hotimah, Husnul (2020). Penerapan Metode Pembelajaran Problem Based Learning Dalam Meningkatkan Kemampuan Bercerita Pada Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Edukasi. 7(3), 5-11.
Intika, Tiurida (2018). Pengembangan Media Booklet Science For Kids Sebagai Sumber Belajar Di Sekolah Dasar. Jurnal Riset Pendidikan Dasar. 1(1), 10-17.
Khoirunnisa, Nining (2018). Pengaruh Penggunaan Media Booklet Terhadap Hasil Belajar Biologi Siswa Kelas X Pada Sub Konsep Spermatophyta. Jurusan Ilmu Pendidikan dan Pengetahuan Alam. Fakultas Ilmu Tarbiyah Dan Keguruan. Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta.
Kirom, Askhabul (2017). Peran Guru dan Peserta Didik Dalam Proses Pembelajaran Berbasis Multikultural. Jurnal Pendidikan Agama Islam. Volume 3 Nomor 1. 69-80.
Kristanto, Andi (2016). Media Pembelajaran. Surabaya : Bintang Surabaya
Lutfiah, Wirka., Anisa dan Hambali, Hilmi. 2021. Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning Terhadap Hasil Belajar Biologi. Jurnal Ilmu Pendidikan. Volume 3 Nomor 4. 2092-2098.
Magdalena, R., & Kristanti, A. (2019). Analisis Penyebab dan Solusi Rekonsiliasi Finished Goods Menggunakan Hipotesis Statistik dengan Metode Pengujian Independent Sample T-Test. Jurnal Tekno. 16(2), 35-48.
Masholekhatin, N. S., Handoyo, B., & Sumarmi (2012). Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning terhadap Hasil Belajar Geografi. Jurnal Pendidikan Jurusan Geografi, 1-13.
Masrinah, Noni Enok et al. (2019). Problem Based Learning (PBL) Untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis. Seminar Nasional Pendidikan, FKIP UNMA 2019.
Nazir, Moh. (2011). Metode Penelitian. Bogor : Ghalia Indonesia
Nomleni, Th Fransina (2022). Pengaruh Media Booklet Terhadap Motivasi Belajar Siswa di SMP Negri 3 Kupang Tahun Ajaran 2019/2020. Jurnal Pendidikan dan Sains Biologi. Volume 5 Nomor 2. 78-83.
Nurkholis (2013). Pendidikan Dalam Upaya Memajukan Tekhnologi. Jurnal Kependidikan. Volume 1 Nomor 1. 24-43.
Pralisaputri, Ratnadewi Kurnia., Soegiyanto, Heribertus., & Muryani, Chatarina (2016). Pengembangan Media Booklet Berbasis SETS Pada Materi Pokok Mitigasi dan Adaptasi Bencana Alam untuk kelas X SMA. Jurnal GeoEco. Volume 2 Nomor 2. 147-154.
Purwanto (2018). Tekhnik Penyusunan Instrumen Uji Validitas dan Reliabilitas Penelitian Ekonomi Syariah. Magelang : StaiaPress
Putri, Meilia Nirmalasari (2020). Pengembangan Booklet Sebagai Media Pembelajaran Pada Mata Pelajaran Pengelolaan Bisnis Ritel Materi Perlindungan Konsumen Kelas XI BDP Di SMKN MOJOAGUNG. Jurnal Pendidikan Tata Niaga. Volume 8 Nomor 3. 925-930.
Rehusisma, L.A., et al. (2017). Pengembangan Media Pembelajaran Booklet dan Video Sebagai Penguatan Karakter Hidup Bersih dan Sehat, Jurnal Pendidikan. Volume 2 Nomor 9.
Rukmana, Indah Hartarti (2018). Kelayakan Media Booklet SubMateri Keanekaragaman Hayati Kelas X SMA. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Khatulistiwa. Volume 7 Nomor 2. 1-11.
Samsinar (2019). Urgensi Learning Resources (Sumber Belajar) Dalam Meningkatkan Kualitas Pembelajaran. Jurnal Kependidikan. Volume 13 Nomor 2. 194-205.
Sanjaya, Wina (2014). Media Komunikasi Pembelajaran. Jakarta : Kencana
Sofiyan, Herminarto (2017). Problem Based Learning dalam kurikulum 2013. Yogyakarta : Universitas Negri Yogyakarta Press
Sugiyono (2014). Metode Penelitian Kombinasi. Bandung : Alfabeta
Sugiyono (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta
Suhirman (2018). Pengelolaan Sumber Belajar Dalam Meningkatkan Pemahaman Peserta Didik. Journal Of Early Childhood Islamic Education. Volume 2 Nomor 159-173.
Sulistina, Anina Berti (2016). Pengembangan Media Booklet Digital Sebagai Media PembelajaranPada Materi Keanekaragaman Hayati Pada Tumbuhan Kelas VII MTS/SMP. Skripsi. Jurusan Pendidikan Biologi. Fakultas Tarbiyah Dan Kependidikan Institut Agama Islam Negeri Raden Intan Lampung.
Sundari, Hanna (2015). Model-Model Pembelajaran Dan Pemerolehan Bahasa Kedua/Asing. Jurnal Pujangga. 1(2), 106-116.
Supiandi, Iyus Markus & Julung Hendrikus (2016). Pengaruh Model Problem Based Learning (PBL) Terhadap Kemampuan Memecahkan Masalah Dan Hasil Belajar Kognitif Siswa Biologi SMA. Jurnal Pendidikan Sains. 4(2), 60-64.
Syamsidah & Suryani, Hamidah (2018). Model Problem Based Learning. Yogyakarta : Deepublish
Tafonao, Tarlizaro (2018). Peranan Media Pembelajaran Dalam Meningkatkan Minat Belajar Siswa. Jurnal Komunikasi Pendidikan. 2(2), 103-113.
Warsono & Hariyanto (2013). Pembelajaran Aktif. Bandung : Remaja Rosdakarya
Yarshal, Dinda (2015). Penerapan Model Problem Based Learning (PBL) Dalam Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar PPKN Pada Siswa Kelas IV MIN Medan Tahun 2014/2015. Jurnal Tematik. 5(1), 1-12.
Yusuf, Muri (2014). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan Penelitian Gabungan. Jakarta : Prenadamedia Group
Zaduqisti, Esti (2010). Problem Based Learning Konsep Ideal Model Pembelajaran Untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Dan Motivasi Berprestasi. Forum Tarbiyah. 8(2), 182-190
License
Copyright (c) 2023 Mazlin Mazlin, Agil Al Idrus, Mohammad Liwa Ilhamdi, A. Wahab Jufri
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.