Meningkatkan Ketrampilan Sosial dalam Pembelajaran IPS
Authors
Badrus Sholeh , Soffi Soffiatun , Fiqoh AfrilianiDOI:
10.29303/jipp.v8i2.1609Published:
2023-05-30Issue:
Vol. 8 No. 2 (2023): MeiKeywords:
Ilmu Pengetahuan Sosial, Ketrampilan Sosial, PembelajaranArticles
Downloads
How to Cite
Abstract
Pembelajaran abad 21 menenkan agar peserta didik mampu dan memiliki ketrampilan yang dibutuhkan dalam abad 21. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui model pembelajaran untuk meningkatkan ketrampilan sosial dalam pembelajaran IPS. Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif menggunakan penelitian kepustakaan. Sumber data penelitian menggunakan artikel ilmiah. Teknik pengumpulan data menggunakan data sekunder. Analisis data menggunakan model Milles and Huberman yakni reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan.Hasil penelitian menunjukkan peningkatan ketrampilan sosial dalam pembelajaran IPS dapat dilakukan dengan penerapan model 1) Problem-based learning, 2) Make A Match, 3) Two Stay Two Stray, 4) Teams Games Tournament, 5) Sosio Drama, 6) Round Table dan carousel feedback, 7)Traveller Game Learning. Penerapan pembelajaran IPS guru dapat menggunakan model-model pembelajaran yang dapat meningkatkan ketrampilan sosial.
References
Aslamiah, A., Abbas, E. W., & Mutiani, M. (2021). 21st-Century Skills and Social Studies Education. The Innovation of Social Studies Journal, 2(2), 82–92.
Aulya, Y. N. (2020). Implementasi metode sosiodrama untuk meningkatkan keterampilan sosial dalam pembelajaran IPS pada peserta didik kelas V sekolah dasar. Didaktika Dwija Indria, 8(6).
Damayanti, M. (2017). Meningkatkan Keterampilan Sosial Melalui Metode Sosiodrama Pada Siswa Kelas VIII Di Smp Negeri 4 Yogyakarta. Jurnal Riset Mahasiswa Bimbingan dan Konseling, 3(3), 337–345.
Endayani, H. (2018). Sejarah dan Konsep Pendidikan IPS. Ittihad, 2(2).
Firdausi, M., & Taufina, T. (2020). Penggunaan Model Kooperatif Teams Game Turnament untuk Meningkatkan Keterampilan Sosial Anak Pada Pembelajaran IPS di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 4(4), 794–800.
Fitriani, F., Wahjoedi, W., & Towaf, S. M. (2018). Penerapan model kooperatif tipe make a match berbantuan kartu bergambar untuk meningkatkan keterampilan sosial dan hasil belajar ips. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, Dan Pengembangan, 2(12), 1577–1584.
Gunawan, P. A., & Indrayani, L. (2021). Meningkatkan Keterampilan Sosial Siswa dengan Menerapkan Model Pembelajaran Berbasis Masalah. Jurnal Pendidikan Ekonomi Undiksha, 13(1), 44–49.
Handayani, S., Poerwanti, J. I. S., & Wahyuningsih, S. (2020). Peningkatan keterampilan sosial pada pembelajaran IPS melalui model teams games tournament (TGT) peserta didik kelas IV sekolah dasar. Didaktika Dwija Indria, 8(5).
Hati, S. T. (2021). Social Studies Education Responding to the Challenges of the 21st Century: A Critique of Learning Practices in Elementary Education. Jurnal Basicedu, 5(6), 5573–5582.
Hilman, I. (2017). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Two Stay Two Stray pada Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan UNIGA, 11(2), 144–152.
Hilmi, M. Z. (2017). Implementasi Pendidikan IPS Dalam Pembelajaran IPS Di Sekolah. Jurnal Ilmiah Mandala Education, 3(2), 164–172.
Istianti, T. (2018). Pengembangan Keterampilan Sosial Untuk Membentuk Prilaku Sosial Anak Usia Dini. Cakrawala Dini: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(1).
Latifah, N. (2018). Peningkatan Keterampilan Sosial melalui Permainan Tradisional dalam Pembelajaran Tematik. BASIC EDUCATION, 7(38), 3–800.
Lestari, E. F., Zainuddin, M., & Soetjipto, B. E. (2019). Peningkatan keterampilan sosial dan hasil belajar menggunakan model pembelajaran kooperatif roundtable dan carousel feedback. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan, 4(10), 1304–1308.
Lisdiana, A. (2019). Memantik Ketrampilan Sosial Siswa Melalui Model Pembelajaran Two Stay-Two Stray (TS-TS). Tarbawiyah: Jurnal Ilmiah Pendidikan, 3(2), 162–183.
Maharani, L., Masya, H., & Janah, M. (2018). Peningkatan keterampilan sosial peserta didik SMA menggunakan layanan bimbingan kelompok dengan teknik diskusi. KONSELI: Jurnal Bimbingan dan Konseling (E-Journal), 5(1), 65–72.
Miles, M. B., & Huberman, A. M. (1994). Qualitative data analysis: An expanded sourcebook. sage.
Nasution, N. F. H. (2018). Peningkatan Keterampilan Sosial Pada Pelajaran IPS Melalui Implementasi Model Pembelajaran Problem Based Learning Pada Siswa Di Kelas IV SD Negeri 085119 Sibolga TP 2016/2017. Jurnal Biolokus: Jurnal Penelitian Pendidikan Biologi dan Biologi, 1(1), 36–45.
Oluwagbohunmi, M. F., & Alonge, R. A. (2023). 21st Century Skills and Its Applicability to Social Studies. Asian Journal of Education and Social Studies, 41(3), 37–43.
Pandeeka, P., & Maneekul, J. (2019). Instructional models of social studies teachers to development of critical thinking skills for living in the 21st century. Humanities, Arts and Social Sciences Studies (Former Name Silpakorn University Journal Of Social Sciences, Humanities, And Arts), 314–339.
Prastini, M., & Retnowati, T. H. (2014). Peningkatan keterampilan sosial dan hasil belajar IPS melalui model kooperatif TGT di SMPN 1 Secang. Harmoni Sosial: Jurnal Pendidikan IPS, 1(2).
Pringgar, R. F., & Sujatmiko, B. (2020). Penelitian Kepustakaan (Library Research) Modul Pembelajaran Berbasis Augmented Reality Pada Pembelajaran Siswa. IT-Edu: Jurnal Information Technology and Education, 5(01), 317–329.
Rachman, S. P. D., & Cahyani, I. (2019). Perkembangan keterampilan sosial anak usia dini. JAPRA (Jurnal Pendidikan Raudhatul Athfal), 2(1), 52–65.
Ruskandi, K., Hikmawan, R., & Suwangsih, E. (2019). Project-based learning: Does it really effective to improve social’s skills of elementary school students? Journal of Physics: Conference Series, 1318(1), 012119.
Sa’diyah, H., Ramadani, A. S., & Ningsih, Y. (2022). Studi Kepustakaan Tentang Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Teams Games Tournaments (Tgt) Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Matematikasiswa. Serunai: Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 8(1), 109–115.
Saputra, H. (2021). Pembelajaran berbasis masalah (problem based learning). Jurnal Pendidikan Inovatif, 5(3).
Sari, M., & Asmendri, A. (2020). Penelitian kepustakaan (library research) dalam penelitian pendidikan IPA. Natural Science, 6(1), 41–53.
Silalahi, W., & Adrina, A. (2018). Meningkatkan Keterampilan Sosial Pada Pelajaran Ips Menggunakan Model Problem Based Learning Siswa Kelas Iv Sd Swasta Rgm Besitang Tahun Pelajaran 2017/2018. JGK (Jurnal Guru Kita), 2(3), 8–13.
Supianto, K., & Suryono, Y. (2020). Social studies teachers’ difficulties in assessing social skills. Universal Journal of Educational Research, 8(5), 2175–2183.
Suriyanti, Y., & Thoharudin, M. (2019). Pemanfaatan Media Pembelajaran IPS Untuk Meningkatkan Keterampilan Guru IPS Terpadu. JPPM (Jurnal Pengabdian dan Pemberdayaan Masyarakat), 3(1), 117–121.
Suryani, N., Sutimin, L. A., Abidin, N. F., & Akmal, A. (2021). The Effect of Digital Learning Material on Students’ Social Skills in Social Studies Learning. International Journal of Instruction, 14(3), 417–432.
Ulum, C. (2018). Keterampilan sosial peserta didik dalam pembelajaran tematik di kelas v mi muhammadiyah selo kulon progo. Al-Bidayah: Jurnal Pendidikan Dasar Islam, 10(2), 229–254.
Wahyuni, A., & Sari, N. F. (2022). Peningkatan Keterampilan Sosial melalui Metode Bermain Kooperatif Tipe Make A Match pada Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(6), 6961–6969.
Yusmanto, H., Soetjipto, B. E., & Djatmika, E. T. (2017). The Application of Carousel Feedback and Round Table Cooperative Learning Models to Improve Student’s Higher Order Thinking Skills (HOTS) and Social Studies Learning Outcomes. International Education Studies, 10(10), 39–49.
License
Copyright (c) 2023 Badrus Sholeh, Soffi Soffiatun, Fiqoh Afriliani
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.