Pengaruh Model Pembelajaran Quantum Teaching Berbantuan Flashcard Terhadap Hasil Belajar Sosiologi Siswa
Authors
Hidayatul Mardianti , Sukardi Sukardi , Hairil WadiDOI:
10.29303/jipp.v8i4.1624Published:
2023-11-09Issue:
Vol. 8 No. 4 (2023): NovemberArticles
Downloads
How to Cite
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui terdapat tidaknya pengaruh model pembelajaran quantum teaching berbantuan flashcard terhadap hasil belajar siswa. Populasi dalam riset ini ialah siswa kelas XI IPS SMAN 1 Aikmel, yang sampelnya diambil secara random setelah penyepadanan kelas. Pendekatan yang digunakan ialah kuantitatif dengan tipe quasy experiment dengan rancangan posttest only with non equivalent control group design. Adapun pengumpulan informasi memakai uji berupa opsi ganda yang telah terpenuhi ketentuan pengujian instrumen. Analisis informasi memakai statistik deskriptif. Ada pula uji persyaratan informasi diuji cobakan dengan memakai uji normalitas serta uji homogenitas. Hasil riset ini menampilkan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran quantum teaching berbantuan flashcard terhadap hasil belajar dengan nilai signifikansi 0.000 < 0.05 (5%). Hal ini membuktikan kelas eksperimen mempunyai nilai yang lebih besar dibandingkan kelas kontrol yang diukur dengan aspek kognitif C1, C2, C3, C4. Implikasi secara teoritis bahwa temuan ini mengkonfirmasi penguatan teori yang menjadi basis model pembelajaran quantum teaching khususnya pada teori konstruktivistik.
References
Amaliyah, D. C., AD Yahya., & Ardian, A. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Quantum Teaching Tipe Tandur Terhadap Hasil Belajar. Indoneian Journal of Science and Mathematics Education, 2 (3), 372-379
Arfiany, Vivi. (2021). Pengaruh Penerapan Model Quantum Learning dan Jigsaw Terhadap Hasil Belajar Matematika di Sekolah Dasar. Research & Learning in Elementary Education, 5(5), 4198-4205
Astrini, Dyah W., Khusnul K. & Putri S. Cholifah. (2021). Penerapan Model Pembelajaran Quantum Teaching untuk Meningkatkan Keaktifan dan Hasil Belajar Siswa Kelas IV SD. Jurnal Pembelajaran, Bimbingan, Dan Pengelolaan Pendidikan 1 (8), 665-675.
Bafadal R., Sukardi, & Nursaptini. (2022). Pengaruh Model Pembelajaran Reciprocal Teaching Berbantuan Resitasi Terhadap Hasil Belajar. Jurnal Dedikasi Pendidikan, 7(3), 425-460.
Dewi, S. G. M., & Gunawan, H. (2019). Pengaruh Metode Pembelajaran Kelompok Kecil Mengunakan Media Flashcard Terhadap Hasil Belajar Siswa di SMK Muhammadiyah 2 Palembang. Jurnal Neraca: Jurnal Pendidikan dan Ilmu Ekonomi Akuntansi, 3 (2), 202-214.
Fitri, Ridha A., Adnan Fachri., Irdamurni, I. (2021). Pengaruh Model Quantum Teaching Terhadap Minat dan Hasil Belajar Siswa di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5 (1). 88-101.
Ghozali, Imam. (2011). Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program SPSS. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro
Hadi J., Sukardi, & Nursaptini. (2023). Pengaruh Model AIR (Auditory Intellectually Repetition) Berbantuan Poster Terhadap Hasil Belajar Sosiologi. Jurnal Teknologi Pendidikan: Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pembelajaran, 8(3).
Hidayanti, Havivi. (2010). Penerapan Model Pembelajaran Cooperatif Integred Reading and Composition (CIRC) untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar Pkn siswa kelas VII SMP Negri 7 Malang. Universitas Negri Malang.,
Jayantika, T., & Yuliawati, N, P, E. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran Quantum Teaching Terhadap Aktivitas Belajar dan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Peserta Didik. Transformasi: Jurnal Pendidikan Matematika dan Matematika, 4 (2), 283-295.
Karwati, S., Sukardi, S., & Syafruddin, S. (2019). The Study of Quality Service of Education in Public Vocational Schools in Using ServQual Model. Asian Education Symposium (AES 2018), 385-387.
Khairna, V. P., Sukardi, S., & Handayani N. (2022). Aplikasi Model Project Based Learning Berbantuan Media Vlog Terhadap High Order Thinking Skill Pada Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Teknologi Pendidikan: Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pembelajaran, 7(2), 157-167.
Kirti, I. G. A. S., Sukardi, S., & Ismail, I. (2018). Pengaruh Penerapan Discovery Learning Berbantuan Media Slide Program Macromedia Flash Terhadap Hasil Belajar PPKn. Jurnal Pendidikan Sosial Keberagaman, 5 (2).
Lestari P., & Hudaya A. (2018). Penerapan Model Quantum Teaching Sebagai Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Ips Kelas Viii SMP PGRI 3 Jakarta. Research and Development Journal of Education. 5(1). 45-60.
Ningrum, D. J., Mahardika, I. K., & Gani, A. A. (2015). Pengaruh Model Quantum Teaching dengan Metode Praktikum Terhadap Kemampuan Multirepresentasi Siswa Pada Mata Pelajaran Fisika kelas X di SMA plus Darul Hikmah. Jurnal Pembelajaran Fisika, 4 (2).
Nubhan, A., Sukardi, & Nursaptini. (2022). Pengaruh Model Pembelajaran Connecting, Organizing, Reflecting, Extending, (CORE) Berbantuan Edmodo Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis. Jurnal Teknologi Pendidikan (JTP), 7(2), 147-156.
Setiawati, N. L. M., Dantes N., & Made, I & Komp M. (2015). Pengaruh Penggunaan Media Gambar Flash Card Terhadap Minat dan Hasil Belajar IPA Peserta Didik Kelas VI SDLBB Negeri Tabanan. Jurnal Penelitian dan Evaluasi Pendidikan Indonesia, 5 (1).
Sista, Satwika S. W., Astutik, S., Mujib M, A., Apriyanto, B., (2023). Pengaruh Model Pembelajaran Quantum Teaching Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa SMA. Majalah Pembelajaran Geografi, 6 (1), 10-21.
Sukardi, Ismail, M., & Suryanti, N. M. N. (2014). Model Pendidikan Kewirausahaan Berbasis Keterampilan Lokal Bagi Anak Putus Sekolah Pada Masyarakat Marginal. Jurnal Cakrawala Pendidikan, 33 (3), 402-412.
Sukarmin, S., Wijayanti F. W., & Wiyono E. (2015). Penerapan Model Pembelajaran Group Investigation (GI) dengan Menggunakan Media Flashcard untuk Meningkatkan Aktivitas Belajar dan Kemampuan Kognitif Siswa. PROSIDING: Seminar Nasional Fisika dan Pendidikan Fisika, 6(4), 2302-7827.
Supramono, A. (2016). Pengaruh Model Pembelajaran Quantum (Quantum Teaching) Terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Kelas III SD YPS Lawewu Kecamatan Nuha Kabupaten Luwu Timur. Jurnal Nalar Pendidikan, 4(2), 78-86.
License
Copyright (c) 2023 Hidayatul Mardianti, Sukardi, Hairil Wadi
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.