Optimalisasi Pembelajaran Pada Materi Sistem Pencernaan Manusia Melalui Penggunaan Video Untuk Meningkatkan Minat Belajar Siswa Pada Masa Pandemi Covid-19 di MTs. AL-Istiqomah Telagawaru

Priyo Hartanto, Jami’atul Aulia, Wahyu Bintang Ilahi, Jamaluddin Jamaluddin, Abdul Syukur

Abstract


Video pembelajaran adalah media yang dibutuhkan pada proses belajar khususnya pada masa pandemi Covid-19. Penelitian ini bertujuan untuk menilai optimalisasi pembelajaran pada materi sistem pencernaan manusia berbasis video dalam meningkatkan minat belajar peserta didik. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif dengan Sampling Jenuh sebagai tehnik penentuan sampelnya, yaitu semua anggota populasi digunakan sebagai sampel. Materi sistem pencernaan manusia adalah salah satu materi yang bersifat abstrak sehingga sulit dipahami oleh siswa. Video pembelajaran memiliki keunggulan untuk manampilkan materi yang bersifat abstrak menjadi lebih konkrit, sehingga dibutuhkan pengotimalan pembelajaran pada materi tersebut dengan penggunaan video pembelajaran. Tehnik pengumpulan data menggunakan angket atau kuesioner dalam bentuk skala Likert.Hasil analisis angket minat belajar peserta didik menujukkan bahwa minat belajar peserta didik termasuk dalam kategori sangat baik berdasarkan nilai rata-rata keempat indikator minat belajar yang di ukur, yang terdiri dari perasaan senang (94%), perhatian (98%), ketertarikan (92%) dan keterlibatan peserta didik  (97%). Berdasarkan hasil penelitian disimpulkan bahwa penggunaan video pembelajaran pada materi sistem pencernaan manusia sangat baik terhadap minat belajar peserta didik.


Keywords


Pandemi Covid-19; Media Pembelajaran; Video Pembelajaran; Minat Belajar;

Full Text:

PDF

References


Abidah, A., Hidaayatullaah, H., Simamora, R., Fehabutar, D., & Mutakinati, L. (2020). The Impact of Covid-19 to Indonesian Education and Its Relation to the Philosophy of “Merdeka Belajar.” Studies in Philosophy of Science and Education, 1(1), 38–49.https://doi.org/10.46627/sipose.v1i1.9.

Ahmad, I. F. (2020). Alternative Assessment in Distance Learning in Emergencies Spread of Corona Virus Disease (COVID-19). Jurnal Pedagogik, 07 (01), 195–222. DOI: 10.33650/ pjp.v7i1.1136

Anton Chekhov Taganrog Institute, Russian Federation (2017). Basic Approaches to Media Education in Russia: Sociocultural and Methodological Aspects. International Journal of Media and Information Literacy. 2 (1). DOI: 10.13187/ijmil.2017.1.3.

Arsyad (2011). Media Pembelajaran. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada, Jakarta Indonesia.

Arulselvi, S., Sankari, U., & Priyadharshini, I. (2016). Evaluating the Effectiveness Of “Three Dimensional Videos On The Comprehension Of Anatomy” Among New Students Of Medicine (First Year Mbbs Students). Journal of Evidence Based Medicine and Healthcare, 3(33), 1581-1585.

Bates, A. W. (2019). Teaching in a Digital Age -Second Edition (2 ed.). Tony Bates Associates Ltd.

Berk, RA (2009). Multimedia teaching with video clips: TV, movies, YouTube, and mtvU in the college classroom. International Journal of Technology in Teaching & Learning, 5(1).

Biagi, S. (2012). Media impact: An introduction to mass media. Cengage Belajar.

Bunus, P. (2010). The social network classroom.International Conference on Technology Enhanced Learning, 517–524.

Buzzetto-More, NA (2014). An examination of undergraduate student's perceptions and predilections of the use of YouTube in the teaching and learning process.Interdisciplinary Journal of E Learning and Learning Objects, 10(1), 17–32.

Choi, H. J., & Johnson, S. D. (2010). The effect of context-based video instruction on learning and motivation in outline courses. American Journal of Distance Education, 19(1), 215-227.

DeWitt, A., & Dorothy, N. (2013).The potential of Youtube for teaching and learning in the performing arts.

Edna Bravo, Beatriz Amante, Pep Simo, Mihaela Enache, & Vicenc Fernandez (2014). Video as a new teaching tool to increase student motivation. Conference Paper. DOI: 10.1109/EDUCON.2011.5773205•

Hamdan Husein Batubara & Delila Sari Batubara. (2020). Penggunaan Video Tutorial untuk Mendukung Pembelajaran Daring Di Masa Pandemi Virus Corona. Muallimuna: Jurnal Madrasah Ibtidaiyah, 5 (2), 74-84.

Iqbal, M., Latifah, S., & Irwandani, I. (2019). Pengembangan Video Blog (Vlog) Channel Youtube Dengan Pendekatan Stem Sebagai Media Alternatif Pembelajaran Daring.Inovasi Pembangunan: Jurnal Kelitbangan, 7(2), 135–135.

Ismail, M. E., Irwan M. I., Othman, H., Amiruddin M. H., & Ariffin A. (2017). The use of animation video in teaching to enhance the imagination and visualization of student in engineering drawing. IOP Conference Series: Materials Science and Engineering, 203(1), 1-7.

Iwantara, IW, Sadia, IW, & Suma, K. (2014). Pengaruh penggunaan media video youtube dalam pembelajaran IPA terhadap motivasi belajar dan pemahaman konsep siswa. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran IPA Indonesia, 4(1).

Izqy Yuan Andari Ms. (2019). Pentingnya Media Pembelajaran Berbasis Video Untuk Siswa Jurusan IPS Tingkat SMA Se-Banten.Prosiding Seminar Nasional Pendidikan FKIP, 2(1), 263-275.

Jackman, WM (2019). YouTube usage in the university classroom: An argument for its pedagogical benefits. International journal of emerging technologies in learning (IJET), 14(09), 157–166.

Lei, P.L., Sun, C.T., SJ, Lin., & Huang, T.K. (2016). Influence of Cognitive and Oral-Style Metacognitive Strategies on Biology-Basedd Video Search and Learning Performance: Journal Computers and Education. 87(7): 326-339.

Putra, N. (2013). Research & Development. Jakarta: PT.Raja Grafindo Persada.

Risabethe, A., & Astuti, B. (2017).Learning media development to improve learning motivation and character of nationality of five graders of elementary school. Jurnal Pendidikan Karakter, 8(1), 34-45.

Smaldino, Sharon E., Lowther, Deborah L., Russel, & James D. (2008). Instructional Technology and Media for Learning (Ninth Edition). NJ: Pearson Education Inc.

Sugiyono (2011). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alvabeta.

Sukmadinata, Nana Syaodih (2004). Kurikulum dan Pembelajaran Kompetensi. Bandung: Kesuma Karya.

Sulihin, S., Asbar, A., & Elihami, E. (2020). Developing of Instructional Video Media to Improve Learning Quality and Student Motivation. Edumaspul: Jurnal Pendidikan, 4(2), 51-55.

Sugiyono (2012). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D cetakan Ke-15. Bandung: ALFABETA.

Wilkinson. L. Gene. (1984). Media dalam Pembelajaran: Penelitian Selama 60 Tahun.Terjemahan Oleh: Tim Pustekkom Dikbud. Pustekkom Dikbud dan CV. Rajawali, Jakarta, Indonesia.

Yustina (2011). Peningkatan Motifasi Belajar Siswa pada Pembelajaran IPA dengan Menggunakan Keterempilan Bertanya Guru. Skripsi FKIP-PGSD. Bandung UPI.

Yustinus Budi Hermanto & Veronika Agustini Srimulyani (2021). The Challenges of Online Learning During the Covid-19 Pandemic. Jurnal Pendidikan dan Pengajaran.Volume 54 Nomor 1. pp 46-57. DOI: http://dx.doi.org/10.23887/jpp.v54i1.

Zhang, W., Wang, Y., Yang, L., & Wang, C. (2020). Suspending Classes Without Stopping Learning: China’s Education Emergency Management Policy in the COVID-19 Outbreak. Journal of Risk and FinancialManagement, 13(3), https://doi.org/10.3390/jrfm13030055




DOI: https://doi.org/10.29303/jipp.v6i2.188

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Indexing

JIPP's Visitors

Flag Counter

Statistik

Editor's Office

Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan

FKIP Universitas Mataram, Jln. Majapahit no. 62 Mataram 83125, Lombok, NTB Indonesia

 

Creative Commons Licence
This work is licensed under a
Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.