Problematika dan Solusi Program Literasi Baca-Tulis Siswa Kelas Rendah di SD Negeri Butuh

Rahma Aulia Nurcholis, Galih Istiningsih

Abstract


Rendahnya literasi baca-tulis merupakan salah satu problematika perkembangan pada siswa dengan potensi keterampilan edukasi. Faktor-faktor perilaku siswa terhadap rendahnya literasi baca-tulis, melalui proses pembelajaran yang tidak sesuai dengan tujuan pembelajaran yang ditentukan serta kerjasama antara keluarga dan guru. Faktor mengenai rendahnya literasi baca dan tulis di SD Negeri Butuh Temanggung juga dialami oleh sebagian besar siswa kelas rendah korban broken home, hal ini menarik untuk ditelaah karena mengakibatkan perilaku siswa yang sulit mengimplementasikan pembelajaran guru dalam membaca dan menulis, sehingga siswa memiliki sifat menentang, malas sekolah atau bolos sekolah, malas belajar, kurang semangat belajar, bicara kasar, dan suka mengganggu teman dan guru. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisa dan mengidentifikasi kemampuan literasi baca-tulis siswa kelas rendah berdasarkan capaian tujuan pembelajaran yang ada. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik triangulasi, dimana data yang telah terkumpul dirangkum dan direduksi kemudian diperiksa keabsahannya. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data dengan cara wawancara dan observasi. (1) visi dan misi sekolah dalam kegiatan sehari-hari; (2) Analisa data guru dalam kegiatan belajar mengajar; (3) penetapan tata tertib sekolah dan tata tertib kelas; (4) menerapkan nilai-nilai agama dan etika; (5) memantau perilaku disiplin siswa di rumah melalui catatan aktivitas harian; (6) melibatkan keluarga dan keluarga dalam proses pembelajaran selama pandemi COVID-19; dan (7) peran keluarga siswa terhadap kegiatan pembelajaran daring.


Keywords


Problematika; Solusi; Literasi Baca-Tulis; Covid-19

Full Text:

PDF

References


Adi, N. N., & Oka, D. N. (2021). Dampak Positif dan Negatif Pembelajaran Jarak Jauh di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Ilmiah Pendidikan dan Pembelajaran, 43-48.

Amalia, R., & Pahrul, Y. (2019). Intervensi Konselor Sekolah untuk meningkatkan Self Esteem Bagi Anak Keluarga Broken Home. Jurnal Pendidikan Tambusai , 3 (2) 632-640.

Driyakarya. (2014). Membaca Pemikiran Driyakarya tenang Pendidikan di Zaman Sekarang. Dokumen Global, 3.

Harras, K. (2018). Hkikat dan Proses Membaca. Modul 1, 1.7.

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, J. (2017). Materi Pendukung Literasi Baca Tulis. Gerakan Literasi Nasional, 2.

Kusmawati, N. F. (2019). Manfaat Pendidikan Sekolah Dasar. Perawang: SDS Marsudirni.

Lubis, S. C. (2020). Peran Keluarga di Masa Pandemi Covid-19. 1-9.

Purwanto, A. (2020). Studi Eksploratif Dampak Pandemi COVID-19 Terhadap Proses Pembelajaran Online di Sekolah Dasae. Journal Education, Psycology, Counceling, 2(1).

Rohim, A. N., & Kurniawati, E. (2021). Strategi Pendidikan Karakter Siswa SD N Butuh Temanggung Korban Broken Home dengan Memaksimalkan Peran Keluarga dan Guru. Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar, 1-12.

Savitri, I. D., Degeng, I. N., & Akbar, S. (2016). Peran Keluarga dan guru dalam membangun karakter dan konsep diri siswa Broken Home di Usia Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan , 861-864.

Sheykhjan, T., Jabari, K., & Rajeswari. (2014). Harga Diri dan Prestasi Akademik Siswa SMA. Jurnal Multidisiplin Internasional Wacana Kognitif 2 (2), 38-41.




DOI: https://doi.org/10.29303/jipp.v6i2.206

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Indexing

JIPP's Visitors

Flag Counter

Statistik

Editor's Office

Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan

FKIP Universitas Mataram, Jln. Majapahit no. 62 Mataram 83125, Lombok, NTB Indonesia

 

Creative Commons Licence
This work is licensed under a
Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.